Menkominfo Menantang Indosat Mengembangkan Bisnis Baru Lewat Broadband

0
371
Peluncuran Future Digital Economy Labs Indosat Ooredoo. (Ist)

Jakarta, Komite.id – Menteri Kominfo mendorong pelaku industri untuk mengubah cara berpikir dalam memanfaatkan teknologi digital.  “Memasuki suatu ekosistem baru untuk ke depan perlu mengubah cara pikir dari product based menjadi knowledge based,” ungkapnya dalam Peluncuran Future Digital Economy Labs Indosat Ooredoo di Jakarta, Senin (18/03/2019).

Menkominfo Rudiantara menyontohkan bagaimana perubahan layanan perbankan yang sudah meninggalkan orientasi kepada produk menjadi berorientasi kepada pengalaman. “Jadi perbankan 4.0 saat ini tidak sekadar menyatakan saldo anda berkurang sekian, tapi mulai menunjukkan dimana anda bertransaksi bahkan juga merekomendasikan saran tertentu misalnya diet atau yang lainnya,” ungkap Rudiantara mengutip buku berjudul Bank 4.0

Sementara itu, peluang operator seluler untuk masuk ke layanan berbasis pengalaman pengguna sangat besar. Menurut Rudiantara industri telekomunikasi merupakan tambang emas bagi teknologi digital.

“Seluler itu golden mine, data base pelanggan ada, kemudian profil dan kebiasaan penggunaan kuota juga ada. Bahkan dengan registrasi prabayar semua operator bisa memiliki profil pelanggan. Itu semua bisa diolah dengan salah satu teknologi digital, artificial intelegence atau machine learning,” paparnya.

Rudiantara mengapresiasi Indosat yang telah memasuki ekosistem baru dengan mengembangkan Innovation Labs. “Saya mengapresiasi karena sudah menerapkan dan menemukan cara baru dengan Innovaton Labs ini untuk memasuki ekosistem dunia yang berubah banyak,” jelas Rudiantara.

Bahkan Rudiantara menantang Indosat untuk mengembangkan bisnis baru. “Saya tidak akan mengajari Indosat. Tapi saya mengharapkan bisa membuat bisnis baru dengan keberadaan broadband,” ungkapya.

Future Digital Economy Lab merupakan wadah pengembangan inovasi, penguatan sumber daya, serta menghasilkan beragam use case berbasis IoT yang dapat diproduksi di dalam negeri. Lab itu ditargetkan mampu menghasilkan ide inovasi, referensi desain produk, dan solusi untuk menjawab kasus-kasus IoT yang dapat dikembangkan dalam skala industri untuk beragam kebutuhan. (WS)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.