Sukses, Mattel Kembangkan Industri Mainan Barbie & Hot Wheels di Indonesia

0
188
Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian memberikan sambutan dalam perayaan ulang tahun Mattel (2/10/18) (Gbr. Ist)

Jakarta, KomITe.ID –  Merayakan ulang tahunnya yang ke 25 tanggal 2 Oktober 2018 lalu, PT. Mattel Indonesia mengundang Menteri Perindustrian Bapak Airlangga Hartarto dan pejabat lainnya. Dalam sambutannya, Airlangga menyampaikan bahwa Pemerintah saat ini sangat mendorong industri yang produknya berorientasi ekspor.

“Kita jangan hanya fokus pada pasar domestik saja”, himbau Airlangga. Pada kesempatan itu, Menteri Perindustrian memberikan apresiasi kepada PT. Mattel Indonesia dalam usaha pengembangan industri mainan di Indonesia.

PT Mattel Indonesia merupakan produsen boneka merek Barbie terbesar di dunia yang memiliki lini produksi di Cikarang, Jawa Barat dan telah memasok sekitar 60 persen ke pasar internasional sehingga mengungguli produksi dari negara lain seperti seperti Tiongkok, Malaysia, Thailand dan Meksiko. Untuk kemasan, Mattel Indonesia menggunakan 100 persen material lokal yang berasal dari 650 UKM lokal. Sedangkan 50 persen bahan baku di pusat produksi Barbie juga berasal dari lokal.

PT Mattel Indonesia, PMA AS juga memiliki pabrik mobil mainan (Hot Wheels) dengan kapasitas produksi yang cukup besar hingga mencapai 50 juta unit per tahun dan sudah mengaplikasikan standard sistem kerja Industry 4.0.

Sejak mulai beroperasi pada tahun 1992, Mattel telah menyerap tenaga kerja sebanyak 10.000 orang dengan nilai ekspor dalam kurun lima tahun terakhir rata-rata di atas 150 juta dollar AS per tahun. Hal ini menunjukkan kepercayaan Mattel terhadap iklim investasi di Indonesia.

Ibu Nyoman Widiastuti, Direktur Finance & IT yang mewakili PT. Mattel Indonesia menerima Awards Best IT & DT Governance (17/10/18)

Mengapresiasi keberhasilan Mattel Indoensia, Asosiasi Big Data & AI (ABDI) yang menyelenggarakan Award Best IT & DT Governence di Balai Kartni Jakarta menganugerahi penghargaan dalam kategori Best IT & DT Governence Perdagangan dan Industri  US FDI Manufacture di Indonesia.

Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Bapak Dr. Jumain Appe, M.Si, mewakili ABDI menyerahkan penghargaan tersebut kepada Ibu Nyoman Widiastuti, Direktur Finance & IT yang mewakili PT. Mattel Indonesia, dan juga turut hadir Bapak Zamrud Kurnia, IT Manager Mattel yang mengikuti keseluruhan acara tersebut. **

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.