Ana Gandeng Himbara, Telkom Consumer Service Picu Kepuasan Pelanggan

0
212
Siti Choiriana, Direktur Consumer Service PT Telkom, Tbk.

Jakarta, KOMITE.ID – Karier Siti Choiriana kian menanjak, seiring kapabilitasnya. Loyalitasnya tak perlu diragukan. Bekerja di perusahan plat merah kinerjanya dinilai maksimal, sehingga diangkat ke posisi puncak. Namanya menjadi satu-satunya wanita yang menduduki dewan direksi, yakni direktur consumer service.

Wanita yang akrab disapa Ana ini kinerjanya termasuk bersinar di antara dominasi kaum pria. Dia dinilai berhasil jadi perempuan yang memiliki etos kerja tinggi, berjiwa kepemimpinan dan berprestasi memajukan perusahaan. Selalu berupaya menjalankan perusahaan dengan kinerja tinggi, efisien, dan efektif sehingga dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

Selama 19 tahun bekerja sebagai bagian dari Telkom, rekam jejaknya baik. Ana pernah menjadi account manager tahun 1999, manager marketing pada 2004, general manager enterprise service finance dan management service hingga menjadi executive general manager dari tahun 2013.

Selain itu, beberapa prestasi pernah disabetnya antara lain karyawan teladan pada tahun 1999, Best Manager tahun 2006 ataupun memperoleh reward dari Telkom atas keberhasilan tugasnya sebagai Satgas penyediaan layanan ICT pada ajang internasional APEC.

Mengintegrasikan penyelenggaraan pengelolaan fungsi delivery channel dan layanan customer pada segmen ritel maupun konsumer, yang dikelola dalam satu manajemen secara fokus dan terintegrasi adalah tugasnya.

Tidak heran, jika pendapatan perseroan naik 10,2% menjadi Rp 128,3 triliun. Sementara laba bersihnya naik lebih tinggi, mencapai 14,4% menjadi Rp22,1 triliun. Pertumbuhan pendapatan ini didukung oleh segmen data, internet dan IT Service yang tumbuh 28,7%.

Indihome yang berada di bawah Telkom sebagai salah satu media license Piala Dunia 2018 lalu, menyiarkan rangkaian program secara langsung pertandingan piala dunia sepak bola.

Telkom pun senantiasa terbuka menjalin sinergi dengan berbagai industri dan sektor. Salah satunya industri media sebagai saluran informasi berisi konten edukatif.

Lulusan teknik elektro Institut Teknolosi Sepuluh November (ITS), yang hobi gowes ini dalam keseharian gayanya amat sederhana tak neko-neko termasuk dalam berpakaian, ia bergaya santai.

Baginya, bekerja itu harus dalam suasana fun. Sebab suasana kerja yang penuh antusias mencerminkan integritas dalam setiap prosesnya. Jika ketiga hal tersebut dijalankan maka akan mendapatkan hasil yang fantastis. Ana berharap dapat selalu menginspirasi, seperti kutipannya di media sosial miliknya, “To be inspired is great, but to inspire is incredible.”

Peduli Peempuan
Di sela-sela kesibukannya sebagai Direktur Consumer Service, Ana ternyata menaruh peduli terhadap pemberdayaan perempuan, khususnya di ranah digital. Ana aktif mendorong seluruh perempuan agar melek ekonomi digital. Menurutnya melek digital penting untuk meningkatkan peran perempuan dalam menyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Untuk mendorong peran perempuan sebagai motor penggerak perekonomian Indonesia, di era saat ini kita perlu memastikan mereka melek ekonomi digital,” kata Siti Choiriana. Ana menyebut hingga saat ini 63% dari 5 juta pelaku ekonomi di Indonesia didominasi oleh kaum perempuan. Namun demikian, dari seluruh pelaku usaha perempuan yang tersebar di seluruh daerah, masih banyak yang menggunakan cara-cara konvensional untuk menjual produknya.

“Padahal kalau menggunakan sistem digital, akses pasar mereka bisa lebih besar dan mereka bisa mendapatkan informasi lebih luas,” ungkap Ana. Perhatiannya ini tak lepas dari sosok idolanya, yakni Ibu Kartini. Pahlawan Nasional dari Jepara ini menjadi sumber inspirasinya.

Menurut Ana, Telkom telah memberikan dukungan percepatan pertumbuhan ekonomi digital dengan memperluas persebaran akses internet hingga daerah pelosok. Ia mengklaim tidak kurang dari 99 persen wilayah Indonesia telah terjangkau akses internet.

“Bahkan hingga daerah pelosok sudah mencapai 99 persen terhubung internet, tidak ada lagi daerah yang tidak terjangkau. Seharusnya tidak ada alasan mereka tidak mengenal ekonomi digital,” kata Ana berharap.

Untuk membantu pemberdayaan perempuan melalui ekonomi digital, Telkom bersama BUMN lainnya tengah membentuk Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang tersebar di 514 kabupaten, serta program pembinaan startup Indigo Creative Nation di 18 kota.

Oleh sebab itu, menurut Ana, gelaran Sidang Umum ke-35 International Council of Women (ICW) serta Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Yogyakarta, diharapkan menjadi momentum untuk kembali menggencarkan pemberdayaan perempuan melalui ekonomi digital.

Menyinggung sosok pahlawan nasioanl RA Kartini, dan perjuangan perempuan pada saat sekarang, ia menyebutkan, bahwa perjuangan perempuan saat ini untuk mensejajarkan peran perempuan cukup berat, apalagi pada masa zaman perjuangan Kartini dahulu.

Bagi Ana, Kartini tidak hanya sebagai sosok pejuang emansipasi tetapi juga seseorang yang inovatif, peduli terhadap sesama dan seorang visioner.

“Seorang Kartini telah berhasil membuka mata setiap perempuan, bahwa apa yang dikerjakan oleh kaum laki-laki dapat juga dilakukan oleh perempuan. Teladan yang diberikan oleh Ibu Kartini saya yakin menjadi insipirasi banyak kaum perempuan saat ini untuk memperjuangkan cita-citanya masing-masing,” ungkapnya. Ia bersyukur peringatan hari kepahlawanan R.A Kartini selalu diperingati di lingkungan Telkom.

Sebagai seorang perempuan, Ana merasa bangga kepada para kaum perempuan yang dipercaya untuk menduduki posisi-posisi strategis di pemerintahan, institusi, dan perusahaan. Ia meyakini jika diberikan kepercayaan, kaum perempuan jug dapat berkontribusi dalam berbagai bidang pembangunan.

Program Kerjasama
Siti Choiriana bersama Telkom membuat sebuah program, yakni kerjasama Telkom dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Kerjasama tersebut meliputi program diskon pembayaran biaya tagihan Indihome hingga 20 persen bagi pelanggan baru maupun pelanggan lama.

Bersama Himbara, PT Telkom Indonesia (Persero) juga berupaya menggaet tujuh juta pelanggan baru Indihome di seluruh Indonesia pada 2019.

Choiriana mengatakan kerja sama Telkom dengan Himbara melibatkan Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Tabungan Negara (BTN). Kerja sama itu berupa program diskon pembayaran Indihome menggunakan auto payment kartu kredit dan kartu debit.

Diskon pembayaran biaya tagihan Indihome itu, menurut Siti Choiriana, diberikan hingga 12 bulan melalui autopayment kartu kredit dan kartu debit Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN.

“Hal itu untuk memberikan kemudahan dan manfaat kepada pelanggan dalam melakukan pembayaran biaya berlangganan Indihome,” tambah Choiriana.

Lebih lanjut Ia mengatakan, semangat sinergi BUMN mewarnai terjalinnya sinergi antara Telkom dan Himbara. Fokus kerja sama itu adalah memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada pelanggan baik pelanggan Indihome maupun nasabah Himbara.

“Pelanggan akan mendapatkan keuntungan diskon pembayaran tagihan Indihome jika transaksi pembayarannya dilakukan melalui kartu kredit atau kartu debit Himbara,” katanya.

Menurut dia, kerja sama itu merupakan salah satu perwujudan sinergi antarperusahaan BUMN dalam rangka menciptakan masyarakat digital Indonesia.

“Hal itu sebagai upaya mengakselerasi kemajuan ekonomi digital Indonesia. Upaya itu sejalan dengan cita-cita pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” pungkas Choiriana. (*)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.