Jakarta, Komite.id – Dalam rangka mendukung perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia. Dengan tema “Adaptasi Digitalisasi sebagai Fondasi Indonesia Emas 2045, Mastel mengundang Chairman ABDI ( Asosiasi Big Data & AI) untuk menghadiri Munas Mastel ke-11 yang diselenggarakan di Hotel Bidakara Lantai 2 ( 15/05/2024).

Selain ABDI, sejumlah asosiasi industri TIK Indonesia terkemuka dan para ilmuwan dari beberapa universitas ternama juga turut hadir di antaranya ; Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Sarwoto Atmosutarno, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri PPN/Kepala BAPPENAS Suharso Monoarfa, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Wamenkominfo Nezar Patria, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hary Budiarto, Staf Khusus Menteri Widodo Muktiyo.

Agenda utama tersebut mencakup laporan pertanggungjawaban kepengurusan dan pengawasan selama periode 2021-2024, penetapan Garis Besar Program Kerja 2024-2027, dan Pemilihan Ketua Umum serta Dewan Pengawas Mastel untuk periode 2024-2027. Pembukaan Munas ke-11 juga akan menjadi ajang bagi para pemangku kepentingan TIK, dengan undangan khusus kepada Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri PPN/Kepala BAPPENAS Suharso Monoarfa, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk memberikan Keynote Speech.

Mastel, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1993, bertujuan menjadi wadah bagi para profesional dan pelaku industri di sektor TIK di Indonesia. Dengan visi untuk mendorong perkembangan TIK melalui kolaborasi antara pemerintah, industri, akademisi, dan masyarakat, Mastel berkomitmen dalam meningkatkan peran strategis TIK dalam pembangunan nasional, peningkatan daya saing bangsa, serta peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Saat ini, Ketua Umum Mastel untuk periode 2021-2024 adalah Sarwoto Atmosutarno, yang telah resmi menjadi Calon Ketua Umum periode 2024-2027 pasca penyerahan berkas pendaftaran kepada Panitia Munas ke-11 pada hari Jumat, 3 Mei 2024 lalu. Untuk pencalonannya dalam periode kedua, Sarwoto telah mendapatkan dukungan pencalonan dari para anggota Asosiasi, Perusahaan, dan Individu.

Di bawah kepemimpinan Sarwoto, Mastel semakin memperkuat perannya dalam mendorong kebijakan dan regulasi di bidang SDM, Bisnis, dan Teknologi kepada pemangku kepentingan strategis dalam perkembangan sektor Infokom Nasional.