Kominfo Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045

0
381

Jakarta, Komite.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah merilis Visi Indonesia Digital (VID) 2045 pada akhir tahun lalu. Program ini menjadi alternatif peta jalan kebijakan di sektor digital demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan VID mengedepankan infrastuktur sebagai pondasi dalam mewujudkan pemerintahan digital yang responsif, ekonomi digital yang inovatif, serta inklusi digital bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Harapan kami, VID 2045 menjadi sumbangsih buah pemikiran Kementerian Kominfo untuk mendukung upaya Indonesia keluar dari middle income trap (perangkap pendapatan menengah),” kata dia dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2024 di Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Budi Arie mengatakan pemerintah memiliki cita-cita besar untuk membawa Indonesia masuk dalam jejeran 10 negara dengan pendapatan domestik bruto (PDB) terbesar di dunia.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Kementerian Kominfo mendukung kolaborasi semua pihak, termasuk para pelaku industri, untuk menyelaraskan rencana dengan agenda transformasi digital nasional.

“Saya rasa tidak ada cara lain untuk mencapai kesejahteraan bangsa, selain bergandengan tangan, bahu membahu, bekerja bersama dalam harmoni dan persatuan nasional,” kata dia.

Lebih lanjut, Budi Arie mengatakan secara nasional valuasi sektor digital diprediksi mencapai US$ 109 miliar pada 2024. Di kawasan regional, ekonomi digital di negara ASEAN diramal akan bernilai US$ 1 triliun pada 2030 mendatang.

Di tengah ancaman resesi yang melanda berbagai negara di belahan dunia, Budi Arie menegaskan peran ekonomi digital menjadi krusial. Sektor tersebut membawa optimisme karena peluangnya yang besar.

“Sektor ini diproyeksikan akan tumbuh secara eksponensial. Sebagai contoh, pasar artificial intelegent (AI) di level global diproyeksikan akan terus melesat dengan nilai mencapai US$ 207 miliar pada tahun 2030,” ia menjelaskan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.