HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest 2023 : Sinergi untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Digital

0
610

Jakarta, Komite.Id – Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan MDI Ventures mengadakan HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest 2023 di Bali. Temukan bagaimana sinergi startup dan mitra bisnis mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama MDI Ventures telah sukses menyelenggarakan acara tahunan HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest di Bali pada tanggal 13 hingga 14 September 2023.

Acara ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital melalui sinergi dan kolaborasi antara startup dan mitra bisnis dari berbagai sektor. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi detail acara tersebut dan bagaimana hal ini mempengaruhi ekosistem startup di Indonesia.

Acara ini mengusung tema “Fostering Synergy Networks for Stronger Digital Economic Growth,” yang menyoroti pentingnya kerjasama antara berbagai pihak untuk menguatkan pertumbuhan ekonomi digital.

Menurut Wamenkominfo Nezar Patria, ekosistem startup digital menjadi salah satu lokomotif penggerak untuk memajukan ekonomi digital. Hal itu ditandai dengan kelahiran ribuan startup sebagai inovasi anak bangsa.

“Setidaknya ada 2.511 perusahaan rintisan digital di Indonesia dan dengan angka itu kita menduduki peringkat keenam negara-negara dengan startup terbanyak di dunia berdasarkan Startup Ranking yang dikeluarkan pada tahun 2023,” jelasnya.

Acara ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Nezar Patria (Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika), Semuel Abrijani Pangerapan (Direktur Jenderal Aplikasi Informatika), I Nyoman Adhiarna (Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo), Tedi Bharata (Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN), serta sejumlah direktur BUMN dan korporasi swasta.

Wamen Nezar Patria menjelaskan kegiatan yang mempertemukan pelaku startup dan investor itu merupakan kolaborasi Kementerian Kominfo dengan Kementerian BUMN melalui Telkom Group dan MDI Ventures. Tahun ini HUB.ID bersinergi dengan Next Billion Ecosystem Fest 2023 (Nex-BE Fest).

“Startup perlu membangun jejaring yang kuat dengan mitra strategis, seperti yang dibahas dalam acara HUB.ID Partner Day x Nex-Be Fest 2023,” ungkapnya di Nusa Dua Bali, Rabu 13 September 2023.

Selama dua hari berjalan, acara ini mencakup startup exhibition dengan booth untuk 25 startup binaan HUB.ID Accelerator, diskusi panel oleh panelis profesional, dan kegiatan utama berupa Business Matchmaking yang mempertemukan 80 startup binaan HUB.ID Accelerator dengan 80 mitra bisnis selama 2 hari berlangsung.

Pelaku startup digital yang terlibat dalam kegiatan tersebut sangat bervariasi, antara lain yang bergerak di bidang healthcare, financial technology, education technology, logistik, agryculture, SMI enabler, enterpraise. Termasuk lembaga pemerintah pusat dan daerah, BUMN, korporasi, swasta, serta institusi pendidikan.

“Jadi dari sudut partisipan yang ikut cukup variatif dan ini menjadi satu bentuk hasil sinergi lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan,” tandas Wamen Nezar Patria.

Wamenkominfo menegaskan kolaborasi lintas sektor tersebut akan terus diperkuat guna mendorong laju pertumbuhan ekonomi melalui ekosistem startup digital.

“Kita yakin kalau ekosistemnya kita perkuat mulai sekarang dan melalui momentum yang baik bagi Indonesia di tengah pertumbuhan ekonomi yang juga terjaga stabil. Kita berharap di tahun 2030 kita bisa mencapai target yang disebutkan oleh banyak pelaku bisnis digital di dunia (proyeksi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia),” tandasnya.

Sejak berjalan dari tahun 2021, HUB.ID telah berhasil memfasilitasi 43 startup digital yang mengikuti seluruh aktivitas agar skala bisnisnya meningkat. Pada tahun 2022, HUB.ID Accelerator 2022 telah berhasil terselenggara dengan memfasilitasi 24 startup digital pada 5 (lima) sector yaitu Financial Services, B2B/Enterprise Solution/Govtech, Logistics, SME Enabler, Agriculture & Aquaculture. 

Sementara itu, event tahunan ‘Next Billion Ecosystem Festival’ (Nex-BE Fest) memfasilitasi pertemuan bisnis antara perusahaan BUMN dan startup. Selain ajang one-on-one juga diisi dengan penandatanganan perjanjian kerja sama serta malam penganugerahan bagi sinergi terbaik yang berhasil terjalin.

Semuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan bahwa pemerintah, khususnya Kominfo, telah menjadi fasilitator dan akselerator dalam pertumbuhan startup digital di Indonesia. Mereka berupaya mengangkat ide-ide inovatif, mendukung pengembangan SDM berstandar kompetensi global, dan menciptakan sinergi dengan korporasi.

Acara HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest 2023 diharapkan dapat menciptakan solusi-solusi baru yang bermanfaat untuk seluruh Business Partner yang terlibat, tidak hanya bagi startup tetapi juga bagi semua pihak yang terlibat dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia.

Indonesia saat ini memiliki lebih dari 2511 perusahaan rintisan digital, menjadikannya salah satu dari enam negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia pada tahun 2023, berdasarkan data dari stapac ranking.

Dengan demikian, acara HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest 2023 telah menjadi wadah penting bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui sinergi, kolaborasi, dan inovasi. Event ini memberikan harapan bagi masa depan cerah bagi para startup dan mitra bisnis di tanah air.