Qualcomm dan Apple Akan Memasok Chip 5G hingga 2026, Berdasarkan Kesepakatan Baru

0
549

Jakarta, Komite.id – Qualcomm dan Apple telah menandatangani kesepakatan untuk memasok chip 5G hingga setidaknya tahun 2026. Ini dilakukan pada saat pembuat iPhone ini menghadapi tantangan yang meningkat di China dan berupaya memperkuat rantai pasokannya di tempat lain.

Analis Wall Street dan pejabat Qualcomm sebelumnya mengatakan mereka memperkirakan Apple akan menggunakan modem 5G yang dikembangkan secara internal mulai tahun 2024.

Kesepakatan itu memperpanjang hubungan bernilai miliaran dolar dengan Qualcomm setidaknya tiga tahun melampaui ekspektasi dan menunjukkan bahwa Apple tidak terburu-buru memproduksi modemnya sendiri, meskipun Apple telah mengalihkan semua komputernya ke pemrosesan chip sesuai dengan desainnya sendiri.

Penjualan yang berkelanjutan ke Apple akan meningkatkan bisnis seluler Qualcomm, yang melaporkan pendapatan $5,26 miliar pada kuartal yang berakhir Juni, dan dapat mengurangi dampak hilangnya pelanggan barang-barang besar. Menurut perkiraan UBS, sekitar 21% pendapatan fiskal Qualcomm pada tahun 2022, setara dengan $44,2 miliar, berasal dari Apple.

Qualcomm saat ini memasok Apple dengan modem 5G untuk iPhone-nya, tetapi Apple telah berupaya membangun modemnya sendiri untuk beralih dari chip Qualcomm. Itu membeli Intel divisi modem ponsel pintar pada tahun 2019 akan membangun modemnya sendiri. Namun, para analis berpendapat bahwa akan sulit bagi Apple untuk beralih dari chip Qualcomm karena kompleksitasnya.

Saham Qualcomm naik 4% pada perdagangan sore. Perusahaan ini adalah perancang chip modem terkemuka yang menghubungkan ponsel ke jaringan data seluler. Saham Apple naik 0,5%. Qualcomm, yang berkantor pusat di San Diego, California, sebelumnya menandatangani perjanjian pasokan chip dengan Apple pada tahun 2019, setelah kedua perusahaan  menyelesaikan perselisihan hukum yang sudah berlangsung lama.

 

Markas Qualcomm di San Diego California (Foto : Qoualcomm) Dok. Komite.id

Perusahaan yang berbasis di San Diego, California, Qualcomm, sebelumnya telah menandatangani kesepakatan pasokan chip dengan Apple pada tahun 2019, setelah kedua perusahaan menyelesaikan pertikaian hukum yang panjang.

Kesepakatan pasokan itu berakhir tahun ini, yang berarti bahwa iPhone yang diharapkan akan diumumkan oleh Apple pada Selasa 12 September akan menjadi peluncuran ponsel terakhir di bawah kesepakatan tersebut.

Dalam perjanjian yang diumumkan pada Senin, 11 September, Qualcomm mengatakan akan memasok Apple dengan chip untuk ponsel yang akan diluncurkan setiap tahun hingga tahun 2026. Qualcomm tidak mengungkapkan nilai kesepakatan tersebut, hanya mengatakan bahwa syarat-syaratnya “serupa” dengan kesepakatan sebelumnya.

Apple tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Dalam catatan penelitian tanggal 3 Agustus, analis UBS memperkirakan bahwa Qualcomm menjual chip senilai $7,26 miliar ke Apple pada tahun 2022.

Qualcomm juga mengatakan bahwa perjanjian lisensi paten yang ditandatangani dengan Apple pada tahun 2019 masih berlaku. Kesepakatan tersebut akan berakhir pada tahun 2025, namun perusahaan memiliki opsi untuk memperpanjangnya selama dua tahun lagi.

Qualcomm memperkirakan hanya akan memasok 20% dari modem yang dibutuhkan untuk peluncuran ponsel pintar Apple pada tahun 2026, menunjukkan bahwa mereka  masih memperkirakan bisnis Apple pada akhirnya akan menurun. Seorang pejabat Qualcomm mengatakan perusahaannya belum memperbarui perkiraannya untuk memperhitungkan pendapatan Apple.

Apple diperkirakan akan mengumumkan iPhone baru pada hari Selasa, kemungkinan besar disebut iPhone 15, yang akan menggunakan modem Qualcomm. “Saat Apple menghadapi tantangan yang semakin besar di Tiongkok, memperkuat rantai pasokannya di negara lain adalah prioritas utama, dan perusahaan tersebut tampaknya akan mundur atau setidaknya menundanya,” ujar Susanna.

Apple sedang mengerjakan teknologi modemnya sendiri dan menghabiskan $1 miliar untuk membeli unit modem Intel (INTC.O) pada tahun 2019. Apple belum mengatakan seberapa cepat pihaknya berencana untuk meningkatkan penggunaan chipnya sendiri.

Pada hari Senin, Qualcomm mengatakan  proyeksi keuangannya menunjukkan bahwa hanya seperlima iPhone Apple yang akan menggunakan chipnya pada tahun 2026. Namun Qualcomm juga memberikan perkiraan serupa untuk bisnisnya dengan Apple pada tahun 2021.

Tahun lalu, Chief Financial Officer Qualcomm Akash Palkhiwala memperbarui perkiraannya untuk jumlah iPhone 2023 yang akan datang minggu ini, dengan mengatakan bahwa dia memperkirakan “sebagian besar” dari iPhone tersebut akan memiliki modem Qualcomm.

“Pada saat Apple menghadapi tantangan yang meningkat di China, memperkuat rantai pasokannya di tempat lain adalah prioritas, dan tampaknya perusahaan ini mengurangi atau setidaknya menunda rencananya untuk memproduksi chipnya sendiri di lebih banyak area,” kata Susannah Streeter, kepala bagian uang dan pasar di Hargreaves Lansdown.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.