Peringati Hut ke- 7, PYC Tampilkan Nuansa Kebhinekaan Budaya Indonesia  

0
760
Dok. RRI

Jakarta, Komite.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7, Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) menggelar syukuran dengan tema “Harmony in Diversity: 7 Years with PYC”, di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan, (16/06/23).

Dikemas dalam nuansa kebhinekaan budaya Indonesia, tampak seluruh staf PYC mengenakan dresscode pakaian adat Indonesia yang mewakili setiap provinsi di Indonesia. Hadir dalam acara yakni Dewan Pembina dan Pengawas Purnomo Yusgiantoro Center Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D., IPU, Ketua Dewan Pengurus Ibu Filda C. Yusgiantoro, S.T., M.B.M., M.B.A., Ph.D., jajaran pengurus PYC, staf PYC dan Undangan umum lainnya. Acara ini juga menampilkan musik tradisional Indonesia Kolintang.

Ketua Dewan Pengurus PYC, Filda C. Yusgiantoro menyampaikan, berkiprah selama tujuh tahun, Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) merupakan organisasi nirlaba, yang konsisten pada penelitian independen dan mendalam, guna memberikan solusi kebijakan dan/atau rekomendasi di bidang penelitian energi dalam skala nasional, regional dan internasional. Di samping itu PYC juga melakukan penelitian independen dalam bidang Pertahanan Negara dan Keamanan Nasional.

“PYC fokus pada solusi akan penyelesaian masalah dan tantangan yang memiliki dampak signifikan pada pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Untuk mencapai tujuan ini, PYC memberikan solusi melalui berbagai proyek penelitian independen, seminar, lokakarya (workshop), konferensi, dan kerja sama dengan institusi pemerintah dan/atau swasta dalam berbagai studi/penelitian terkait energi serta Pertahanan Negara dan Keamanan Nasional,” tegas Filda C. Yusgiantoro, dalam acara HUT-7 PYC, Jakarta, (16/06/2023).

Selain melakukan penelitian, PYC juga berkontribusi dalam program inisiasi sosial. Inisiasi sosial sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dalam bidang kebudayaan, kesehatan dan pendidikan. PYC juga terlibat aktif mempromosikan warisan kebudayaan lokal dan regional untuk melestarikan budaya tradisional Indonesia.

Pada momen HUT ke-7 tahun ini PYC melakukan soft launching buku “Rekam Jejak Satu Periode Sektor Pertahanan Negara 2009-2014”, karya Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D., IPU. Buku tersebut berisi tulisan perjalanan karir mengabdi selama 5 tahun di Kementerian Pertahanan, dokumentasi kegiatan, dan kliping selama menjadi Menteri Pertahanan.

Selain itu, HUT PYC ke tujuh dirayakan dengan memberikan apresiasi kepada stakeholders yang berkontribusi cukup besar dalam berbagai bentuk bagi pertumbuhan PYC, melalui Penganugerahan PYC Awards 2023. Penerima PYC awards tahun 2023 adalah: Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc., Ph.D. (Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia), Dr. Ir. Dadan Kusdiana, M.Sc. (Direktur Jenderal EBTKE, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral), Dr. -Ing. Evita H. Legowo (Dosen Swiss German University). Ketiga tokoh tersebut di atas telah memberikan insight yang cukup signifikan bagi perkembangan PYC selama ini.

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.