Jakarta, Komite.id – Revolusi Industri 4.0 merupakan upaya pemerintah untuk mempersiapkan Indonesia agar dapat bersaing di dunia internasional. Sebagai upaya transformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di berbagai bidang industri, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) turut mendukung pemerintah Indonesia dalam mengahadapi Industi 4.0 dengan berkomitmen akan mewujudkan transformasi digital dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia melalui Leap-Telkom Digital.

Logo Leap Main Version. (Foto: Dok. Telkom)

Telkom memandang pentingnya kehadiran sebuah brand yang dapat memayungi setiap program dan produk transformatif yang dimiliki perusahaan. Leap menjadi bukti nyata konsistensi Telkom dalam membantu pemerintah mengakselerasi ekosistem digital yang merata di berbagai sektor di Indonesia.

Tak hanya ke masyarakat Indonesia, produk-produk Leap dari Telkom ini juga diperkenalkan dalam berbagai kesempatan di event internasional, seperti Dubai Expo, London Tech Week dan yang belum lama ini di Hannover Messe 2023 yang merupakan ajang pameran industri terbesar di Eropa.

Pada ajang pameran Hannover Messe 2023 di Jerman bulan April lalu, Muhamad Fajrin Rasyid selaku Direktur Business Telkom juga menyampaikan hal serupa bahwa Telkom sebagai BUMN berkomitmen untuk menjadi penggerak utama terciptanya kedaulatan digital di Indonesia melalui berbagai potensi yang dimiliki Telkom, termasuk infrastruktur jaringan dan layanan digital terbaik di berbagai sektor.

Melalui keterangan tertulisnya pada Jumat (5/5/2023), Fajrin menyampaikan bahwa “Semua produk dan layanan digital yang ada di Telkom berada di bawah payung Leap-Telkom Digital. Leap menjadi cara Telkom untuk melompat menjadi perusahaan digital telco yang bermanfaat bagi negara dan masyarakat.

Leap adalah core engine untuk transformasi demi mewujudkan kedaulatan digital Indonesia. Melalui berbagai inovasi yang dimiliki Leap, ke depannya akan ada lebih banyak lagi solusi digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Kehadiran Leap akan membawa dampak besar bagi Indonesia untuk bersaing dan melakukan leapfrog agar sejajar dengan negara-negara maju lain di dunia dalam waktu singkat,” kata Fajrin, Rabu (19/1/2022).

Leap memberikan solusi inovatif demi menyelesaikan tantangan sosial dan ekonomi melalui berbagai produk dan layanan bersifat inklusif, yang dapat mempercepat digitalisasi Indonesia. Sebagai core engine digitalisasi, Leap akan memberikan berbagai solusi untuk meningkatkan standar penghidupan masyarakat di era digital,” tambahnya.

Setiap huruf pada nama Leap memiliki arti dan makna sendiri yang melambangkan komitmen transformasi digital. Leap merupakan gabungan dari kata Look for progress, Exploring new ideas to innovate, Always giving good impact, dan Providing solution. Leap sebagai brand yang selalu memandang ke depan, terbuka dengan ide dan inovasi, serta memberikan berbagai solusi untuk membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

“Semua industri termasuk manufaktur, logistik, dan rantai pasokan, dapat menggunakan Antares untuk mengoptimalkan produktivitas operasionalnya. Selain itu, Leap juga menyasar sektor-sektor lain agar masyarakat Indonesia bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi di era Industri 4.0,” tutup Fajrin.

Dengan adanya penerapan teknologi digital melalui Leap ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing di era Industri 4.0. Dengan demikian kedaulatan digital di Indonesia akan tercipta melalui peningkatan konektivitas digital, keterampilan dan literasi digital, serta tata kelola data digital.

Produk dan layanan digital yang ada di Leap dapat dilihat melalui https://leap.digitalbisa.id/.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.