Mengenal Bluesky, Saingan Twitter Garapan Jack Dorsey

0
821
Tangkapan layar dari Bluesky Social/Dok. Komite.id/One Chrisdianto

Author: One_Chrisdianto

Bluesky bertujuan untuk membangun bentuk media sosial baru yang “terbuka dan terdesentralisasi”

Jakarta, Komite.id – Bluesky menjadi aplikasi baru yang saat ini sedang ramai diberbagai kalangan, khususnya pengguna media sosial. Bluesky digadang-gadang akan menjadi rival kuat Twitter bahkan mengunggulinya karena pengalaman yang diberikan kepada penggunanya mirip seperti Twitter, sehingga kedua media sosial ini hampir sulit untuk dibedakan. Mulai dari tampilan profil, timelines, hingga kedua warnanya pun identik.

Aplikasi yang dikembangkan oleh mantan CEO Twitter, Jack Dorsey ini dibentuk pada tahun 2019 saat Dorsey masih menjabat sebagai CEO dan didanai oleh perusahaan hingga menjadi organisasi independen pada Februari 2022. Dan tahun ini Bluesky akan memulai uji coba pertamanya pada pengguna terpilih dengan versi beta.

Dilansir dari CNN Bussines, Jumat (28/04/2023), Aplikasi yang diluncurkan dalam versi beta tertutup di iOS pada bulan Februari dan di Android bulan April lalu, berjalan pada jaringan terdesentralisasi yang memberi pengguna lebih banyak kontrol atas bagaimana layanan dijalankan, data disimpan, dan konten dimoderasi.

Apa itu Bluesky?

Aplikasi Bluesky social ini menjadikan warga biru langit dan awan sebagai ikonnya. Bluesky menyebut dirinya sebagai “jejaring sosial media baru untuk microblogging.” Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memposting dan mengikuti pembaruan singkat di timeline, seperti yang mereka lakukan di Twitter, meskipun dengan beberapa perbedaan. Saat ini tidak ada tagar – fitur utama di Twitter – dan tidak ada pesan langsung.

Perbedaan Bluesky dan Twitter

Meskipun secara visual terlihat mirip, Bluesky memberikan perbedaan yang sangat jelas, salah satunya adalah teknologi yang digunakan. Bluesky sendiri menggunakan sistem terdesentralisasi yang berjalan dibeberapa server dengan jaringan yang sederhana, cepat, dan terbuka.

Pada awal Mei, BlueSky memperkenalkan protokol Authenticated Data Experiment atau ADX sebagai protocol kerja pertamanya. ADX adalah “Protokol Transfer yang Diautentikasi” atau lebih sederhananya disebut “Protokol AT”.

Protokol akan memberi pengguna empat fitur unik: portabilitas akun, pilihan algoritmik, interoperasi, dan kinerja. Portabilitas akun akan memungkinkan pengguna untuk memindahkan akun mereka dari satu penyedia ke penyedia lainnya tanpa kehilangan data atau grafik sosial mereka. Singkatnya, sistem dari Protokol AT ini dirancang untuk membuat privasi dan data pengguna tetap terjaga, serta lebih fleksibel memindahkan akun tanpa terbatas server.

Tujuan Bluesky

Bluesky bertujuan untuk membangun bentuk media sosial baru yang “terbuka dan terdesentralisasi”. Setelah dikembangkan sepenuhnya, aplikasi ini akan memungkinkan jaringan media sosial yang terpisah untuk berinteraksi satu sama lain melalui standar terbuka, meskipun setiap jaringan memiliki sistem kurasi dan moderasi sendiri.

Dengan kata lain Bluesky membuat protokol terdesentralisasi untuk media sosial sehingga memungkinkan perusahaan dan individu untuk membangun aplikasi, layanan atau algotitme rekomendasi pada jaringan dan data dasar yang sama.

Seperti cara kerja email, pengguna dapat mengirim email ke seseorang yang menggunakan layanan email berbeda, misalnya (gmail – yahoo – gmail) pasti pesan maupun lampiran yang kamu kirim akan terkirim. Ini memungkinkan karena email dibangun dengan aturan teknis seperti HTTP dan TCP/IP, yang memberikan standar umum tentang bagaimana komputer harus berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan.

“Protokol” seperti ini adalah open source, yang memungkinkan siapa saja untuk menggunakan atau membuat produk di atasnya. Nah, Protokol seperti inilah yang direncanakan Bluesky untuk dikembangkan.

Lalu, bagaimana cara membuat akun Bluesky

Kamu dapat mengunduh aplikasi Bluesky di Appstore dan Playstore, Laman awal akan menampilkan Bluesky see what’s next, dengan dua pilihan, membuat akun baru atau masuk.

Dikarenakan saat ini Bluesky masih dalam pengujian, sehingga hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah memiliki kode undangan khusus. Tapi, bagi kamu yang tertarik dan tidak sabar, dapat mencoba dengan mendaftarkan email di situs web resmi Bluesky di https://bsky.app/ untuk masuk dalam daftar tunggu.

Beberapa Selebriti dan tokoh yang beralih ke Bluesky

Beberapa nama besar yang telah bergabung dengan Bluesky dalam beberapa hari terakhir seperti Rep. New York Alexandria Ocasio Cortez, Chrissy Teigen, legenda komedi Twitter Dril, dan jurnalis terkemuka dari publikasi seperti New York Times dan CNN.

tangkapan layar dari akun Twitter Ben Collins/Dok. Komite.id

“DM saya penuh dengan orang yang meminta undangan kepada saya sekarang,” kata reporter NBC News Ben Collins, yang mulai menggunakan aplikasi tersebut pada hari Kamis (27/04/2023).

Collins menambahkan dia siap merangkul alternatif untuk Twitter, yang baginya “telah dibuat hampir tidak dapat digunakan untuk mendapatkan informasi saat ini,”

Musk baru-baru ini membuat beberapa perubahan kontroversial pada Twitter, seperti mengubah sistem verifikasi dan memprioritaskan akun berbayar di feed orang-orang, yang mempersulit banyak orang untuk menemukan sumber berita yang kredibel dengan cepat. Tutupnya, seperti mengutip Vox.com, Minggu (29/04/2023).

Bluesky bukanlah satu-satunya platform yang berlomba menjadi alternatif Twitter. Pesaing seperti Mastodon, Post News, dan Artifact semuanya mendapat perhatian dalam beberapa bulan setelah pengambilalihan Musk, tetapi Bluesky berhasil membedakan dirinya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.