Pemilihan Koko Cici Indonesia 2022, Jadi Penerus generasi Muda Lestarikan budaya Tionghoa

0
243
Potret Para Pemenang Koko Cici Indonesia 2022 bersama Wakil Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo dan Ketum PSMTI Wilianto Tanta, WKU Korwil Jabar - Banten - DKI Jakarta bersama pengurus acara pemilihan Koko Cici Indonesia 2022, Jumat (11/11/22).

Sabtu, Komite.id – Pada Jumat (11/11/22) menjadi malam penutupan kegiatan pemilihan Koko Cici Indonesia 2022 yang bertema “Semangat Nusantara, Indonesia Bangkit!” di Nafiri Baywalk, Pluit, Jakarta Utara.

Acara dibuka dengan penampilan Barongsai oleh Kong Ha Hong, dilanjutkan dengan parade national costume dari 9 provinsi yang diwakilkan oleh 30 finalis, lalu disambut dengan mars Koko Cici Indonesia membuat malam ini menjadi meriah untuk penentuan 8 pasang pemenang Koko Cici Indonesia 2022.

Potret peresmian acara Malam Final Pemilihan Koko Cici Indonesia 2022

Diketahui, pemilihan Koko Cici Indonesia diselenggarakan oleh Ikatan Koko Cici Indonesia, yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI).

Sebagai pendukung kegiatan Pemilihan Koko Cici Indonesia 2022, Ketua Umum (Ketum) PSMTI Wilianto Tanta turut hadir bersama Nyonya Ketum PSMTI Linjte Thomas, yang didampingi jajaran delegasi PSMTI Pusat di antaranya WKU Dept. Kaderisasi Johnny Situwanda, WKU Korwil PSMTI Jabar – Banten – DKI Jakarta Henry Husada; WKU Dept. Pemuda Olahraga Effendy Gunardi, WKU Dept. Humas dan Media Rudi Rusdiah, WKU Dept. Pemuda Erwin Tjioe, Wakil Sekretaris Umum (Wasekum) Saiman Sutanto, Wasekum Sudiono Chung, beserta jajaran pengurus dan anggota lainnya.

Ketum PSMTI Wilianto Tanta mengungkapkan rasa bangga terhadap anak-anak bangsa yang memiliki semangat dalam melestarikan budaya Tionghoa di Indonesia.

Ketum PSMTI Wilianto Tanta saat menyampaikan sambutannya dalam acara malam Pemilihan Koko Cici Indonesia 2022

“Ini luar biasa suatu kebanggaan untuk kita semua, dimana kehadiran Koko Cici ini sudah positif dimata Pemerintahan, Perbankan dan lainnya. Untuk itu saya berharap anak-anak generasi muda ini bisa terus semangat dalan melestarikan budaya Indonesia,” tutur Wilianto Tanta.

Pada kesempatan yang sama, Hendrik Wijaya Ketua Pemilihan Koko Cici Indonesia 2022 menjelaskan bahwa, “Pemilihan Koko Cici Indonesia 2022 dengan mengusung tema “Semangat Nusantara, Indonesia Bangkit!” bukan hanya karena kata-katanya yang indah, melainkan mengandung wujud nyata semangat pemuda nusantara yang akan membangkitkan kembali Indonesia menjadi macan Asia di mata dunia,” ucap Hendrik Wijaya Ketua Pemilihan Koko Cici Indonesia 2022.

Potret dewan juri dalam acara Pemilihan Koko Cici Indonesia 2022

Diketahui, peserta finalis dihadapkan dewan juri dengan berbagai latar belakang, antara lain, Ketua Umum Ikatan Koko Cici Indonesia; dr. Ellen Theodora, MBBS; Budaya Tionghoa; Eveny Meida Wijaya. S.Hum.,MTCSOL. (Dosen Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia);
Psikologi; Mutiara Mirah Yunita, S.Psi., M.Psi. (Dosen Psikologi Universitas Bunda Mulia); Public figure; Natasha Mannuela (2nd RU Miss World 2016, Miss World Asia 2016, Miss Indonesia 2016); Public speaking Muhammad Iqbal Darmawan S.Pd, M.Ikom (Dosen Ilmu Komunikasi, ASEAN Youth Ambassador for Indonesia & The New L-Men of The Year 2020 Grand Finalist); Juri kehormatan PSMTI, Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta; Bukopin, Zico Hernawan (Consumer Product Division Head); PSMTI WKU Korwil PSMTI Jabar – Banten – DKI Jakarta Henry Husada dan Bidang Pariwisata Dessy Ruhati (Kepala Biro Umum dan Hukum Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata).

Foto bersama Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo, Ketum PSMTI Wilianto Tanta dan Ketum Ikatan Koko Cici Indonesia dr Ellen Theodora, didampingi jajaran pengurus PSMTI dan pengurus Ikatan Koko Cici Indonesia.

Selanjutnya, Ketua Umum Ikatan Koko Cici Indonesia sekaligus Ketua Dewan Juri Pemilihan Koko Cici Indonesia 2022, dr Ellen Theodora mengungkapkan bahwa bertambahnya jumlah anggota Koko Cici di provinsi Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jogja, NTT, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatra Selatan, Riau, Lampung membuat dirinya sadar pentingnya peran generasi muda dalam memajukan sebuah bangsa.

“Di bawah naungan Ikatan Koko Cici Indonesia yang juga merupakan sayap dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia, saya percaya bahwa kegiatan positif ini dapat terus berkembang dengan Koko Cici yang tidak hanya memiliki Behavior, Brain, Beauty dan Talent yang baik tapi juga berperan aktif dan memberikan dampak positif lingkungan sekitar,” kata Ellen Theodora.

Pemilihan Koko Cici Indonesia 2022 diikuti oleh 9 Provinsi dengan 15 pasang Finalis. Setelah menjawab pertanyaan dari dewan juri, Alfincent Aprilino dan Nathania telah terpilih menjadi pemenang dalam Pemilihan Koko Cici Indonesia 2022 yang mewakili Provinsi Yogyakarta dan DKI Jakarta.

“Besar Harapan saya kepada pemenang Koko Cici Indonesia 2022 dapat mengemban tugas dengan baik sebagai duta Pariwisata, Sosial, dan budaya Tionghoa. Tentunya dapat menjadi panutan bagi provinsi masing-masing dan berkomitmen penuh dalam menjalankan tugas. Congratulation all of you! Proud to be Koko Cici Indonesia,” kata koko Steven Tanuwijaya Tjhin BoC, M.iKom pemenang Koko Indonesia 2018.

Foto bersama Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo bersama Ketum PSMTI Wilianto Tanta (kanan), PSMTI WKU Dept. Humas dan Media Rudi Rusdiah (kiri) serta PSMTI WKU Dept. Kaderisasi Johnny Situwanda.

Lebih lanjut, WKU PSMTi Dept. Humas dan Media Rudi Rusdiah menyampaikan bahwa, “Koko Cici Indonesia 2022 diharapkan dapat membangun generasi muda Indonesia yang cinta akan Tanah airnya; memiliki wawasan Nusantara dan 4 Pilar Kebangsaan; dan Profesional serta Berdaya saing ketika Indonesia harus mendorong Pemulihan ekonomi Nasional dan menjadi Ketua Presidensi G20 tahun 2022 menghadapi 4 Tantangan Global yaitu Crisis (energi & pangan); Covid 19 Pandemi; Conflict (Ukraina & Perang Dagang China AS); Cimate Change,” ujar Rudi Rusdiah WKU Humas PSMTI Pusat dan alumni IKAL PPRA 42 tahun 2028.

Sebagai informasi, seluruh finalis telah mendapatkan pembekalan dari karantina online, karantina offline, talent show, kunjungan dan audiensi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta deep interview. Adapun nama-nama Pemenang Koko Cici Indonesia 2022 sebagai berikut:

Pemenang 1 : Koko Alfincent Aprilino Provinsi DI. Yogyakarta & Cici Nathania Provinsi DKI Jakarta

Pemenang 2 : Koko Adriel Geraldo Elim Provinsi Nusa Tenggara Timur & Cici Natania Kezia Setiawan Provinsi Jawa Timur

Pemenang 3 :Koko Simplisius Leandro Okhotan Provinsi Jawa Barat & Cici Novera Angellina Sunaidi Provinsi DI. Yogyakarta

Pemenang 4 : Koko Videryko Lie Provinsi Sumatera Selatan & Cici Nathasya Danniella Djapri Provinsi DKI Jakarta

Pemenang 5 : Koko Vincent Giovanni Provinsi DKI Jakarta & Cici Stephanie Bernadeth Reski Rudy Wijaya Provinsi Sulawesi Selatan

Pemenang Best Talent : Koko Muh Kusdianto  Provinsi Sulawesi Selatan & Cici Pauline Octarina Tan Provinsi Riau

Pemenang Best Traditional Costume: Koko Michael Santoso Provinsi Jawa Timur & Cici Lauw, Vanessa Irene Natalie Provinsi DI Yogyakarta

Pemenang People Choice : Koko Patricius Jasson Provinsi Jawa Timur & Cici Sharron Pamella  Provinsi Jawa Barat

Penting untuk diketahui, SMTI Pusat bersama MPR RI akan mengadakan Sosialisasi 4 Pilar tanggal 30 November 2022 di Gedung MPR, yang diharapkan dapat diikuti oleh Generasi muda Indonesia.

Foto WKU Dept Humas dan Media Rudi Rusdiah bersama Kadep Humed PSMTI Annie Wong, saat acara berlangsung

Annie Wong, Kepala Departemen Humas PSMTI Pusat, yang juga pimpinan Harian Disway pemegang lisensi Koko Cici untuk Jawa Timur ikut mengantar tim 4 anggota Koko Cici Jawa Timur yang dibina oleh Disway untuk mengikuti acara Pemilihan Koko Cici Indonesia 2022

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.