Gubernur Lemhannas RI Jadi Keynote Speaker di DataGovAI 2022 Paparkan Soal Disrupsi Informasi

0
149
Dok. ABDI

“Untuk Indonesia ini harus kita waspadai karena kita akan masuk ke tahun politik, di mana konsolidasi demokrasi kita akan diuji terutama dalam proses tahapan pelaksanaan PEMILU tahun 2024,”

Jakarta, Komite.id Acara DataGovAI 2022 kembali menghadirkan banyak pembicara dari Institusi Pemerintah, Technology Provider, Akademisi dan para pemangku kepentingan. Dalam hal ini, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Andi Widjajanto menjadi salah satu Ministerial Keynote Speech di hari ke-1, Selasa (22/11) dengan membahas isu “Tantangan Era Disrupsi Informasi”.

Pasalnya tren digitalisasi dalam berbagai aktivitas manusia membuat ketergantungan terhadap ruang siber yang terus meningkat. Sehingga, kondisi ini menciptakan kerawanan spesifik yang harus diantisipasi para pihak. “Berdasarkan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh banyak negara menunjukkan bahwa 80% dari disinformasi ini memang akhirnya memiliki efek yang negatif terhadap proses konsolidasi demokrasi, dan untuk Indonesia ini harus kita waspadai karena kita akan masuk ke tahun politik, di mana konsolidasi demokrasi kita akan diuji terutama dalam proses tahapan pelaksanaan PEMILU tahun 2024,” tutur Andi Widjajanto.

Sebelumnya, Gubernur Lemhannas RI juga berpartisipasi dalam kegiatan ABDI di DataSecureAI 2022 pada bulan Maret lalu. Dan pada DataGovAI 2021, Lemhannas RI juga ikut berpartisipasi di acara ABDI yang mana pada saat itu Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo sebagai Gubernur Lemhannas RI. Partisipasi ini dapat terus terjalin karena Ketua Umum ABDI Rudi Rusdiah merupakan alumni Program Pendidikan Regular (PPRA) 42 (2008) di mana pendidikan ini diberikan Lemhannas RI selama 8 bulan.

Sebagai informasi, ABDI turut mengundang sejumlah partisipasi dari berbagai kalangan Instansi Pemerintah, Perusahaan dan Akademisi, mulai dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Johnny G. Plate; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto; Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko; Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo; Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian, Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Angela Herliani Tanoesoedibjo, Minister of Communication and Information Singapore Mrs Josephine Teo.

 

Selanjutnya, Direktur Jenderal Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh; Dirjen APTIKA Kominfo Semuel A. Pangerapan; Rektor Universitas Pertahanan (UNHAN) Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian; Dr. Sonali Agarwal, Associate Professor in the Information Technology Department of Indian Institute of Information Technology Allahabad, India; Associate Professor of Information Tech Law/Data Privacy Law UNPAD, Dr Sinta Dewi Rosadi; Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono; CEO and Co-Founder NewOak Capital Ron D’Vari; CEO & Co-Founder Blibli Kusumo Martanto; Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana; Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan Kemenkes, Setiaji dan masih banyak lagi para pembicara lainnya.

Di era transformasi digital ini, pemanfaatan Big Data dan AI menjadi penting bagi pemerintah dan pemangku kepentingan. Terlebih, dalam mengadopsi teknologi hal ini perlu peran seluruh pihak bersama-sama berdiskusi untuk berkolaborasi dan memberikan solusi. Sebagai mana terpilihnya Indonesia sebagai Presidensi G20 maka hal ini menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk bersaing di kancah global.

Dok. ABDI

DataGovAI 2022 menjadi ajang peluncuran buku ABDI yang ke-5 sekaligus memberikan apresiasi Anugerah Penghargaan kepada instansi/perusahaan, data scientist, AI Expert in the Data, AI Technology Supply Chain Industry, Markets and Government Officials serta para penulis buku. ABDI meluncurkan buku dengan judul “The Future, Benefit Singularity & Governance of Technology” yang melibatkan banyak penulis dari berbagai kalangan baik di Indonesia maupun luar negeri dengan memberikan pandangan maupun solusi terhadap pengembangan teknologi di era industri 4.0.

Adapun beberapa perusahaan yang ikut mendukung kegiatan DataGovAi 2022 antara lain; AMD, Bank BCA, Blibli.com, PT Pos Indonesia, NewOak Finance, Data Academy, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Rosebay, Fin+tech, BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek), PT Media Telekomunikasi Mandiri, Great Eastern, Dell Technologies, ADAKOM, WIR, Informatica, Kayreach System, PT Micronics Internusa dan perusahaan-perusahaan lainnya serta acara ini dapat terlaksana karena didukung oleh Media Group Network, Metro TV, Media Indonesia, Medcom.id, Eljohn TV, Kayreach System Harian DISWAY dan Komite.id sebagai Media Partner. Perhelatan DataGovAI 2022 ini diharapkan dapat diikuti lebih dari 10.000 peserta dari berbagai kalangan masyarakat secara virtual. Untuk itu, ABDI mengajak semua masyarakat untuk dapat berpartisipasi dan menyaksikan gelaran Websummit DataGovAI 2022 melalui laman berikut https://bit.ly/datagovai-2022.

 

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.