IEC Telecom & Blue C Mobile Hadirkan Solusi Komunikasi Satelit Maritim untuk Wilayah Asia Pasifik

0
653
Dok. KVB Asia

Kerja sama antara IEC Telecom dengan Blue C Mobile bertujuan untuk memungkinkan pemberian akses tanpa batas ke berbagai jenis penerapan bisnis dan kesejahteraan untuk segala jenis kapal,”

Jakarta, Komite.id – Pertumbuhan, perkembangan dan kebutuhan digitalisasi yang besar di seluruh sektor perdagangan di Asia Pasifik, terutama industri maritim yang menerapkan pembangunan berkelanjutan serta kepatuhan, mendorong IEC Telecom dengan solusi back-up yang canggih dan layanan VSAT Blue C Mobile yang kuat untuk memberikan manfaat digitalisasi ke semua sektor pasar di Asia Pasifik.

Didorong oleh perkembangan Asia Pasifik, IEC Telecom Group, penyedia layanan komunikasi internasional, bersama Blue C Mobile, penyedia layanan satelit yang berbasis di Singapura, berkolaborasi untuk menghadirkan alat-alat digital yang terjangkau dan terukur untuk semua jenis kapal di kawasan Asia Pasifik di Inamarine 2022.

Sebagai informasi, Inamarine 2022 merupakan pameran internasional terbesar untuk industri maritim dan offshore yang mendapat dukungan kuat dari Pemerintah Indonesia serta asosiasi-asosiasi dagang utama di kawasan Asia Pasifik, yang berlangsung dari tanggal 19 – 21 Oktober 2022 di JIExpo Kemayoran Jakarta dan diproyeksikan dihadiri oleh 25.000 pengunjung lebih dari 15 negara.

Melihat perkembangan industri maritim modern yang mempertimbangkan pembangunan berkelanjutan serta kepatuhan, solusi berkelanjutan dari IEC Telecom dan layanan VSAT Blue C Mobile yang kuat memberikan manfaat digitalisasi ke semua sektor pasar.

Nabil Ben Soussia, Group CCO dan Presiden IEC Telecom Group untuk kawasan Asia, Timur Tengah, dan Persemakmuran Negara-negara Merdeka (PNM), Dok. KVB Asia

“Permintaan digitalisasi di kawasan Asia Pasifik semakin meningkat, terutama untuk kapal berukuran kecil dan sedang. Kerja sama antara IEC Telecom dengan Blue C Mobile bertujuan untuk memungkinkan pemberian akses tanpa batas ke berbagai jenis penerapan bisnis dan kesejahteraan untuk segala jenis kapal. Solusi ini didesain khusus untuk antena Ku-Band berukuran 60 cm bersamaan dengan jaringan L-band yang sudah dioptimalkan,” jelas Nabil Ben Soussia Group CCO dan Presiden IEC Telecom Group untuk kawasan Asia, Timur Tengah, dan Persemakmuran Negara-negara Merdeka (PNM), di Inamarine 2022, dalam keterangan resmi yang diterima Komite.id, Jumat (21/10).

Industri satelit maritim untuk Asia Pasifik diproyeksikan tumbuh (CAGR) sebesar 11% pada periode 2021 hingga 2026. Pertumbuhan ini didorong oleh beberapa faktor seperti peningkatan lalu lintas kapal di kawasan Asia Pasifik, perkembangan kebijakan keamanan maritim, serta penekanan keselamatan awak kapal serta aset yang tersebar di lintas laut. Selain itu, terdapat permintaan untuk sistem keamanan yang canggih dan konektivitas kapal yang lancar di Cina, Jepang, Indonesia, dan India. Terlebih, permintaan terhadap data dan analisis maritim diperkirakan akan mendorong pertumbuhan pasar hingga 370 juta dolar AS di tahun 2028.

“Teknologi digital saat ini telah menjadi sebuah keharusan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif bagi para perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari perusahaan-perusahaan di kawasan Asia Pasifik yang mulai merangkul kehadiran digitalisasi guna meningkatkan penanganan kargo, rute kapal, operasi pelabuhan, penempatan kru, dan banyak lagi lainnya,” kata Wesley Tham selaku CEO Blue C Mobile.

“Dengan bekerja sama dengan IEC Telecom, kami berjanji untuk memenuhi kebutuhan dan menjamin kelangsungan bisnis para perusahaan tersebut, terutama bagi para pemilik dan operator kapal kecil. Digitalisasi saat ini dapat mengakses lebih dari 300% data perbulan dan penghematan 20% dari komunikasi satelit mereka saat ini,” lanjutnya.

Kehadiran digitalisasi memungkinkan penyediaan data secara real-time yang mendorong pengambilan keputusan yang efektif demi meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan proses keselamatan, hingga mengurangi konsumsi bahan bakar. Selain itu, konektivitas khusus di kapal menjamin peningkatan keselamatan bagi awak kapal, koordinasi pekerjaan yang lebih tepat, serta kondisi kerja yang lebih baik di atas kapal. Efek kumulatif dari digitalisasi sendiri mengarah pada pengurangan biaya yang signifikan, bahkan bisa mencapai 30% dari biaya operasional.

Pengunjung Inamarine 2022 dapat mengenal lebih lanjut solusi VSAT dari Blue C Mobile sekaligus mengenal solusi sistem satelit dan layanan nilai tambah (VAS) milik IEC Telecom. Solusi VSAT yang ditawarkan Blue C Mobile sendiri didukung oleh antena VSAT berukuran 60 cm dengan biaya yang terjangkau dan ringan.

Solusi ini dirancang khusus untuk kebutuhan kapal kecil dan sedang dan yang tidak mempunyai anggaran besar untuk biaya pemasangan antena. Sistem manajemen antena yang terintegrasi dengan koneksi kabel tunggal memungkinkan pengurangan biaya pengiriman dan pemasangan untuk kapal pesiar, kapal penangkap ikan, dan kapal lepas pantai yang membuat layanan VSAT jauh lebih terjangkau dan mudah untuk diakses.

IEC Telecom juga didukung oleh sistem manajemen jaringan yaitu dengan perangkat OneGate yang memungkinkan peralihan tanpa batas antara VSAT dan L-band. Terminal pintar yang dioperasikan melalui dashboard digital yang dapat diakses 24/7 bagi para profesional dibidang teknologi dan informasi di darat. Selain itu, sistem OneGate juga menawarkan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk komunikasi di laut, seperti video conference, pemeliharaan jarak jauh (tele-maintenance), pembelajaran elektronik, Internet of Things (IoT) dan pengawasan aset.

“Digitalisasi bukan lagi barang mewah, tetapi menjadi kebutuhan operasional. Selama bertahun-tahun, digitalisasi dipandang sebagai kelebihan yang hanya dimiliki oleh beberapa sektor tertentu. Bersama dengan Blue C Mobile, kami bekerja sama untuk menghilangkan pandangan tersebut dengan membuktikan bahwa akses digitalisasi dapat terjangkau untuk semua jenis kapal, baik kapal komersial besar maupun kapal penangkap ikan kecil,” kata Ben Soussia.

Inamarine 2022 merupakan peluang sempurna bagi para pengambil keputusan di industri lepas pantai (offshore), galangan kapal, logistik, keamanan pelabuhan, dan perlindungan lingkungan untuk menjawab permintaan digitalisasi dalam industri maritim global tersebut.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.