5 Manfaat Menggunakan Jasa Influencer Untuk Marketing

0
100
Dok. Media Top

 

Jakarta, Komite.id – Era digitalisasi nyatanya menuntut untuk melakukan berbagai aktivitas secara online. Salah satunya dalam kegiatan marketing, dimana saat ini menjadi hal yang harus dilakukan bagi suatu brand. Terlebih, masyarakat kini semakin mudah untuk mengakses dunia digital, dan melakukan promosi secara online menjadi keharusan jika ingin produk kita semakin dikenal masyarakat.

Salah satu strategi untuk marketing online adalah dengan influencer. Berbagai bisnis dan perusahaan dari berbagai ukuran telah banyak menggunakan influencer untuk memasarkan produknya. Dari mulai usaha rumahan, industri kosmetik, distributor pakaian, hingga situs tertentu seperti bk8 login. Berikut telah kami rangkum beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang influencer dan manfaat influencer untuk bisnis Anda.

Apa Itu Influencer ?

Pasti Anda telah sering mendengar istilah influencer. Namun apa sebenarnya influencer itu? Influencer adalah seseorang atau komunitas yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui sosial media.

Influencer umumnya memiliki follower yang banyak di sosial media, sehingga dapat membuat followernya tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang dipromosikan di akun sosial medianya. Influencer memasarkan produk dengan mengunggah konten yang menarik untuk para followernya.

Manfaat Influencer untuk Marketing Online

Menggunakan influencer untuk memasarkan produk memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah berikut ini:

  1. Marketing yang tepat sasaran

Masing-masing influencer umumnya memiliki bidangnya sendiri. Misalnya influencer makeup, biasanya mengkhususkan untuk mempromosikan produk makeup dan produk sejenis. Maka follower dari influencer ini juga umumnya para enthusiast di bidang produk makeup. Jadi, dengan memasarkan produk menggunakan influencer, suatu brand dapat lebih efektif dalam memasarkan produknya, karena lebih tepat sasaran.

  1. Penjualan dapat meningkat dalam waktu singkat

Influencer umumnya memiliki follower yang tertarik untuk mengikuti gerak-gerik follower tersebut. Saat seorang influencer mempromosikan suatu produk, akan banyak para followernya yang ingin mengikuti ikut mencoba produk tersebut. Hal ini tentunya akan membuat penjualan produk meningkat dengan cepat.

  1. Brand awareness bagi produk baru

Menggunakan influencer akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness, terutama bagi produk yang baru atau produk yang belum begitu terkenal. Saat seorang influencer memposting tentang suatu brand, maka para followernya akan mengetahui tentang brand tersebut. Informasi tentang produk tersebut akan menjangkau target konsumen yang lebih luas jika dibandingkan dengan kegiatan marketing biasa.

  1. Membangun kepercayaan konsumen

Selain brand yang baru atau yang masih jarang didengar oleh masyarakat, brand lama pun bisa mendapatkan manfaat dengan memakai influencer. Saat mengupload konten, umumnya influencer akan memberikan informasi dan review positif tentang produk yang dipromosikannya. Hal ini akan membuat para follower yakin akan manfaat produk tersebut, dan tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang dipromosikan oleh influencer tersebut.

  1. Budget yang fleksibel

Biaya yang diperlukan untuk menggunakan influencer bisa fleksibel sesuai dengan budget yang dimiliki perusahaan. Untuk menggunakan influencer, biaya satu influencer dapat berbeda dengan lainnya. Tentunya semakin terkenal atau semakin banyak follower yang dimiliki, biaya untuk menggunakan jasa influencer tersebut akan semakin tinggi. Karena itu, suatu brand atau perusahaan dapat dengan bebas memilih influencer yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Ide Aktivitas Marketing dengan Influencer

Beberapa contoh kegiatan marketing dengan influencer di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Konten video unboxing.
  • Konten kreatif yang menarik dan menyebutkan produk yang dipromosikan.
  • Program giveaway.
  • Review produk.
  • Membagikan kupon diskon atau cashback dengan kode unik.
  • Kolaborasi untuk membuat produk bersama dengan influencer.
  • Konten video tutorial.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.