Erajaya Bertransformasi ke 4 Lini Bisnis, Ini Strateginya

0
230
Dok. Erajaya

Erajaya Group melakukan transformasi bisnis dengan mendirikan 4 lini bisnis vertikal utama, di antaranya Erajaya Digital, Erajaya Active Lifestyle, Erajaya Beauty and Wellness, dan Erajaya Food and Nourishment.

Jakarta, Komite.id – Menjadi salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia, Erajaya Group (PT Erajaya Swasembada Tbk) terus berinovasi dan bertransformasi bisnis dengan melakukan ekspansi di empat lini bisnis vertikal utama. Dalam hal ini, Inovasi dan agility merupakan bekal utama dan sudah menjadi bagian dari corporate value Erajaya Group.

Wakil Direktur Utama Erajaya Group, Hasan Aula, menjelaskan bahwa, Erajaya Group menerapkan strategi omni channel di antaranya dengan Mobile Selling, program Click and Pick-up, Era Express (layanan pengantaran pesanan dalam 3 jam), kegiatan exhibition online seperti iBoxing Week dan Samsung Galaxy Land.

“Sebagai bagian dari strategi utama kami, fokus kami adalah kepada pelanggan kami dan apa yang mereka harapkan dari sisi produk serta pengalaman berbelanja (customer experiences). Kami memastikan customer journey yang terbaik, sehingga menjadi channel terpilih untuk membeli product handphone, computer, gadget dan produk lifestyle lainnya,” ujar Hasan Aula, kepada Komite.id, Jumat (02/09).

Perlu diketahui, kemampuan untuk beradaptasi seiring dengan dinamisme permintaan dari pelanggan tentu sangatlah penting. Di samping memperkuat lini offline, lanjut Hasan Aula, kapabilitas online Erajaya Group juga diperkuat. “Kami memanfaatkan perkembangan digital dan teknologi terbaru untuk memastikan touch point dengan pelanggan kami tetap ter-update. Erajaya juga memberikan tambahan value kepada customer, lewat Eraclub, yaitu program CRM yang memberikan reward atas kesetiaan pelanggan berbelanja di jaringan toko kami,” tambahnya.

Berdiri sejak 08 Oktober 1996, Erajaya Group melakukan transformasi ke bisnis lain seperti active lifestyle, sportswear, F&B, beauty wellness dengan mendirikan 4 vertikal bisnis utama, di antaranya Erajaya Digital, Erajaya Active Lifestyle, Erajaya Beauty and Wellness, dan Erajaya Food and Nourishment, untuk dapat memperluas customer engagement.

Di samping pertumbuhan pesat di channel online, pelanggan Erajaya Group nyatanya juga menikmati perilaku bertransaksi melalui toko fisik atau offline. Sehingga, pengembangan jaringan ritel offline dan ekspansi footprint masih menjadi perhatian perusahaan tersebut.

“Tahun 2022 ini kami berharap dapat membuka 400-500 gerai ritel baru di seluruh Indonesia. Di samping itu kami juga memperkuat kapabilitas dan kehadiran kami di lini online, dengan terus memperbaiki laman e-commerce eraspace.com, memperkuat official stores kami di marketplace, eksplorasi channel-channel digital baru, seperti media sosial commerce,” jelas Wakil Dirut Erajaya Group.

Terkait hal tersebut, ekspansi footprint dan meng-upgrade toko yang sudah adalah bagian dari strategi perusahaan. Terlebih, dalam rangka hari jadi perusahaan ke-26, Erajaya Group membuka serentak 26 gerai baru di Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatra dan Bali.

Bertepatan dengan Eraversary 2022, bagi konsumen yang berada di lokasi-lokasi baru tersebut dapat langsung memanfaatkan beragam promosi spektakuler dan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan ratusan hadiah menarik, termasuk 1 unit BMW 218i Gran Coupe.

Sebagai bagian dari ekspansi, perusahaan ritel ini juga membuka kesempatan bagi mitra atau investor lokal untuk bermitra dengan Erajaya Group melalui program Cloud Retail Partner. Program ini memungkinkan untuk berekspansi dengan lebih cepat dan menjangkau lokasi-lokasi baru di daerah domisili investor atau partner lokal kami. Dengan modal mulai dari Rp500juta-an dan garansi ROI, jelas Hasan Aula, program kemitraan ini sangat menarik untuk mitra yang menginginkan investasi dengan return yang menarik, namun pasti.

Lebih jauh, dalam wawancara tersebut Hasan Aula menjabarkan beberapa inisiatif inovatif yang diluncurkan Erajaya Group semasa pandemi COVID-19 melanda, mulai dari layanan Mobile Selling untuk memudahkan pelanggan memesan produk melalui aplikasi Whatsapp, EraXpress sebagai layanan delivery dalam waktu tiga jam ke rumah pelanggan, layanan click and pick up untuk memudahkan pelanggan memesan online dan mengambil pesanan di toko.

“Kami melihat sumber daya manusia sebagai aset penting untuk menghadapi perjalanan ke masa depan, menuju visi kami menjadi lifestyle smart retailer terbesar di Asia Tenggara. Dengan menciptakan team yang berkomitmen dan bekerja bahu-membahu akan memungkinkan kami untuk terus berinovasi dan bertransformasi dan membentuk organisasi yang agile dan adaptif, dapat merespons perubahan di pasar dengan cepat dan tepat,” tutupnya.

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.