Upacara Kemerdekaan Indonesia Berlangsung Khidmat, Gelar Pertunjukan Seni dan Atraksi Bersejarah

0
121
Dok. tangkapan layar dari Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta, Komite.id – Tepat pada hari ini, Upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung sangat meriah dengan antusias masyarakat dalam mengikuti rangkaian kegiatan HUT RI ke-77. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin jalannya kegiatan sebagai Inspektur Upacara di Istana Merdeka, Rabu (17/08).

Potret Presiden RI Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, di Istana Merdeka, Rabu (17/08). Dok. Tangkapan Layar Youtube Channel Biro HUMAS Sekretariat Presiden/Komite.id

Dalam upacara tersebut, turut hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pertahanan Prabowo Subiyanto, Mendikbud-ristek Nadiem Makarim, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto.

Hadir pula, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa dan pejabat tinggi lainnya dengan mengenakan pakaian adat daerah. Dalam upacara ini, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia ditunjuk sebagai Komandan Upacara. Adapun Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya bertindak sebagai Perwira Upacara.

Potret Lembaga Pemerintah Indonesia dan Luar Negeri dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, di Istana Merdeka, Rabu (17/08). Dok. Tangkapan Layar Youtube Channel Biro HUMAS Sekretariat Presiden/Komite.id

Perlu diketahui, Upacara HUT RI ke-77 di Istana Merdeka tahun ini merupakan upacara pertama kali yang mengundang masyarakat secara langsung mengingat dua tahun lalu terjadinya pandemi COVID-19.

“Penyelenggaraan ini tentu saja atas arahan dari bapak Presiden dan Ibu Negara, karena beliau sangat memperhatikan dan melihat keinginan masyarakat, harapan masyarakat dan kerinduan masyarakat untuk dapat hadir secara langsung di Istana Merdeka,” ucap Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam siaran langsung yang disaksikan melalui virtual Zoom Meeting dan Youtube Channel Sekretariat Presiden, Rabu (17/08).

Melansir Antara, paduan Gita Bahana Nusantara memulai penampilan dengan iringan orkestra pada pukul 07.30 WIB, di panggung utama. Dibawah asuhan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, kelompok remaja paduan suara ini menyanyikan berbagai lagu, mulai dari Tanah Air instrumental (solo saxophone dan orkestra), Pancasila Rumah Kita, Nusantara dan Simphony Raya.

Selain itu, hadir pula penyanyi Vidi Aldiano featuring bersama Gita Bahana Nusantara membawakan tembang Kebyar Kebyar dan Merah Putih. Selanjutnya, Lyodra menampilkan tiga lagu daerah, seperti Rek Ayo Rek, Kampung Nan Jauh Dimato dan Apuse.

Potret penampilan Tari Reog Ponorogo dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, di Istana Merdeka, Rabu (17/08). Dok. Tangkapan Layar Youtube Channel Biro HUMAS Sekretariat Presiden/Komite.id

Ada pula, pertunjukan Tari Reog Ponorogo asal Jawa Timur dan Tari Lumense asal Sulawesi Tenggara. Selanjutnya Gita Bahana Nusantara menampilkan lagu bersama penyanyi Dere membawakan Rayuan Pulau Kelapa. Sebagai Inspektur Upacara, Jokowi mempimpin sesi mengheningkan cipta, dan pembacaan naskah proklamasi dibacakan oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Potret atraksi udara Flypast Pesawat Tempur dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, di Istana Merdeka, Rabu (17/08). Dok. Tangkapan Layar Youtube Channel Biro HUMAS Sekretariat Presiden/Komite.id

Selanjutnya, Menteri Yaqut Cholil Qoumas sebagai pembaca doa setelah sesi mengheningkan cipta. Setelah itu, memasuki sesi yang dinanti-nanti, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka mengibarkan Bendera Negara Sang Merah Putih dilanjutkan dengan “Flypast” Pesawat Tempur dan Helikopter TNI AU atraksi udara di langit Istana.

Di penghujung acara, juga terdapat persembahan beberapa lagu dari Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara dengan menampilkan lagu Hari Merdeka, dilanjutkan dengan lagu daerah, Syukur, Ojo Dibandingke dan Joko Tingkir dibawakan oleh Farel Prayoga.

Potret keseruan para tokoh masyarakat memeriahkan penampilan Farel Prayoga saat membawakan lagu Ojo Dibandingke, dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, di Istana Merdeka, Rabu (17/08). Dok. Tangkapan Layar Youtube Channel Biro HUMAS Sekretariat Presiden/Komite.id

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.