Sambut Delegasi DEWG G20, Indonesia Siapkan Praktik Terbaik Adopsi Teknologi Digital

0
881
Dokumen dari : Kominfo

Kita akan melakukan pertemuan kedua secara hibrida pada tanggal 17 s.d. 18 Mei 2022 yang akan dihadiri secara langsung oleh sejumlah delegasi G20 members states,”

Jakarta, Komite.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mempersiapkan pertemuan Kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20 atau G20 Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia yang akan berlangsung di Yogyakarta pada 17 dan 18 Mei 2022. Pertemuan yang diikuti delegasi negara anggota G20 tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik sekaligus menjadi momentum mempertunjukkan adopsi teknologi digital di Indonesia.

Dalam hal ini, sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo yang juga menjabat Chair G20 DEWG, Mira Tayyiba terus berupaya menyambut kedatangan delegasi negara anggota G20 dengan baik guna meninggalkan pengalaman yang berkesan terhadap Presidensi G20 Indonesia.

“Sudah ada beberapa negara anggota G20 yang telah mengonfirmasi akan hadir secara fisik di Yogyakarta walaupun tidak seluruhnya, lalu ada juga yang hadir secara online. Kita akan melakukan pertemuan kedua secara hibrida pada tanggal 17 s.d. 18 Mei 2022 yang akan dihadiri secara langsung oleh sejumlah delegasi G20 members states,” ungkapnya, dalam keterangan tertulis yang dikutip Rabu (18/05).

Dalam pertemuan ini, forum DEWG akan memulai penyusunan rancangan dokumen (drafting) Deklarasi Para Menteri G20 Bidang Digital, khususnya untuk Isu Prioritas Pertama DEWG, yakni Konektivitas Digital Pascapandemi COVID-19. Dokumen ini akan terus dibahas selama rangkaian perundingan DEWG agar dapat disepakati lalu diadopsi oleh para negara anggota G20 dalam Pertemuan Tingkat Menteri G20 Bidang Digital yang akan diselenggarakan di Bali pada 1 s/d 2 September 2022 mendatang.

Selain itu, Presidensi G20 Indonesia juga ingin menunjukkan berbagai inisiatif di sektor ekonomi digital sebagai pendukung pembahasan mengenai substansi selama sidang kedua DEWG G20 berlangsung. Sejumlah inisiatif tersebut ditampilkan melalui Wall of Indonesia’s Digital Transformation yang diprakarsai oleh para anggota DEWG Industry Task Force yang terdiri dari berbagai pelaku industri Tanah-Air. Melalui Wall of Indonesia’s Digital Transformation, delegasi-delegasi negara anggota G20 dapat melihat use case transformasi digital melalui beberapa platform digital yang ada dan dikembangkan oleh anak bangsa. 

“Kami ingin memperlihatkan bagaimana pemanfaatan digital dalam keseharian masyarakat Indonesia, jadi kalau misalnya sekarang mungkin kita bisa bilang di negara maju semua orang sudah inklusif, semua orang sudah bisa pakai digital tapi di emerging countries mungkin masih segmented,” pungkasnya.

Chair Mira Tayyiba juga menyatakan bahwa selama ini yang banyak kita ketahui hanya terbatas pada pemanfaatan teknologi digital yang digunakan oleh kalangan muda dan usia produktif tertentu, atau masyarakat yang berdomisili di pusat-pusat perkotaan maupun masyarakat yang memiliki pendidikan cukup tinggi. Oleh karena itu, akan menarik apabila Presidensi G20 Indonesia dapat menyuguhkan teknologi digital sebagai solusi bagi semua lapisan masyarakat di berbagai sektor, baik untuk pendidikan, kesehatan, telekomunikasi, perdagangan, keuangan, pariwisata, mobilitas dan transportasi, hingga perikanan.

“Kita justru ingin men-showcase-kan bahwa digital itu hadir sebagai solusi everyday people. Seperti contohnya bagaimana teknologi digital digunakan oleh pedagang yang berjualan di pasar, kita ingin perlihatkan bahwa digitalisasi di Indonesia sudah menyentuh di situ,” tuturnya.

Peluncuran Digital Talent Scholarship

Selanjutnya, Staf Khusus Bidang Transformasi Digital dan SDM yang juga merupakan Alternate Chair DEWG G20, Dedy Permadi menjelaskan dalam rangkaian pertemuan kedua DEWG G20, Kementerian Kominfo juga menggelar Workshop mengenai literasi dan kecakapan digital serta peluncuran Program Digital Talent Scholarship.

“Kami akan menggelar workshop mengenai literasi dan kecakapan digital sebagai bahan pembahasan dalam pertemuan berikutnya. Selain itu, bersamaan dengan pertemuan DEWG yang kedua ini, kami juga akan meluncurkan program Digital Talent Scholarship yang merupakan salah satu program unggulan nasional untuk membangun talenta digital,” jelasnya.

“Selanjutnya, penyelenggaraan forum DEWG G20 berikutnya akan berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada bulan Juli 2022 dan di Bali pada akhir Agustus 2022,” terangnya.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.