ABDI Kembali Gelar Event DataSecurAI 2022 Ketiga Kalinya

0
1575

JAKARTA, Komite.id – Maraknya isu Keamanan Data di era digitalisasi membuat sejumlah pemangku kepentingan dan pemerintah menetapkan berbagai kebijakan di seluruh industri. Dalam meningkatkan sinergi Keamanan Data yang aman di Indonesia, Asosiasi Big Data & AI (ABDI) menyelenggarakan event websummit DataSecurAi 2022 kali ketiga dengan mengusung tema besar ‘Building Secure & Trusted Intelligent World, dengan sub-tema ‘with DEWG, B20, T20 G20 Dialog, Share Responsibilities & Best Practices To Achieve Parade of Actions for a Better World’ yang diterjemahkan ‘Membangun Dunia Cerdas yang Aman & Tepercaya, ‘Dengan Dialog DEWG, B20 & T20 G20, Tanggung Jawab Bersama & Praktik Terbaik untuk Mencapai Parade Aksi Bagi Dunia yang Lebih Baik’.

Sesuai dengan tema yang diangkat, ABDI mengajak pemerintah dan seluruh stakeholder untuk bertukar pandangan dan memberikan solusi terkait membangun Keamanan Data yang terpercaya dan aman dikelola. Gelaran event kali ini dihadiri oleh Kepala Badan Siber & Sandi Negara (BSSN), Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian; Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Johnny G. Plate yang diwakili oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail MT; Chair of G20 Sherpa, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto; Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo; Lead Co-Chairman Think-20 (T20) G20, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro; Chair of Digital Economy Working Group (DEWG) G20, Mira Tayyiba; Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, dan narasumber profesional lainnya.

Hajatan tahunan websummit DataSecurAI 2022 akan mendeklarasikan buku dari ABDI seri ke-lima yang ditulis bersama dengan para pakar yang berjudul “The Future, Benefit, Singularity & Governance of Technology”. Adapun pembahasan yang diangkat dalam event DataSecurAI 2022 sebagai berikut:

Day 1 (29 Maret 2022) membahas isu : Indonesia Presidensi G20 2022, Cross Border Data Flow (CBDF), Data Free Flow with Trust (DFFT)

Day 2 (30 Maret 2022) membahas isu : Data Breach, Data Security, Cyber Warfare

Day 3 (31 Maret 2022) membahas isu : Metaverse, Data Sovereignty, Data Privacy Protection, Data Center

Seperti yang diketahui, pandemi Global COVID-19 telah mendorong konektivitas Internet yang lebih baik dan lebih cepat. Di mana pun Anda berada atau apa yang sedang dilakukan, nyatanya akan selalu terhubung ke Internet. Dalam hal ini, maka data kami ada di mana-mana (di mana saja & di mana saja) terutama di ruang media sosial. Aktivitas inilah yang mnyebabkan konektivitas tanpa batas.

Oleh karenanya, proses berbagi data ini memiliki peran besar dalam transformasi digital. Tetapi, pada saat yang sama, di sisi lain, ia datang dengan biaya tinggi yang membuat privasi, kedaulatan online dan data menjadi lebih rentan sehingga menyebabkan data menjadi target serangan serta pelanggaran oleh peretas. ABDI menyebutnya sebagai Data Singularity.

“Tahun ini sangat unik karena Indonesia menjadi Host & Presidency G20, dimana ide, wawasan & kepedulian dari Websummit ini akan diteruskan melalui DEWG, Digitalization Task Force B20 & T20 dari G20 Secretariat & Sherpa ke Ministerial & Leadership meeting di bulan November 2022 di Bali. Kami berharap ABDI dapat mendorong para pembicara Websummit ini untuk menyumbangkan ide, wawasan dalam Post DataSecurAI edisi 2022 khusus ABDI sebagai Proceeding Websummit,” ucap Chairman ABDI, Rudi Rusdiah kepada Komite.id.

Pada kegiatan Websummit DataSecurAI 2022, Letjen TNI Hinsa akan memberikan sambutan pembukaannya dan meresmikan event besar ini. Di mana Kepala BSSN telah berpartisipasi selama 3 tahun sejak DataSecurAI pertama diresmikan 3 tahun yang lalu.

Khusus di tahun ini, websummit ABDI mendukung Indonesia Presidensi G20 2022 sebagai bagian rangkaian kegiatan G20 yang akan dibahas di hari Pertama. Selanjutnya, menurut Rudi, ABDI merasa terhormat karena dapat menghadirikan 3 narasumber sebagai Ketua dari bagian forum G20, Ketua Pertama Chair of G20 Sherpa, Menteri Dr Airlangga, Ketua Kedua Lead Co-Chairman T20, Bambang Brodjonegoro dan ketua ketiga ialah Chair of DEWG, Mira Tayyiba, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Perlu diketahui, Event DataSecurAI 2022 merupakan acara Summit terbesar yang membahas tentang Indonesia Presidensi G20 2022 mengenai Data BreachCyber Security, Data Privacy Protection, Data Center, Cross Border Data Flow dan Data Free Flow with Trust. ABDI turut mengundang pembicara dari 6 negara, diantaranya Australia, Belanda, Taipei, Singapura, India dan Indonesia, sehingga DataSecurAI 2022 ini sebagai Websummit internasional.

Di hari pertama (29 Maret 2022) event DataSecurAI 2022, menghadirkan deretan pembicara Kepala BSSN Letjen TNI Hinsa Siburian; Chair of G20 Sherpa, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto; CEO of Huawei Indonesia, Mr. Jacky Chen; Chair of DEWG G20, Sekretaris Jenderal Kominfo, Mira Tayyiba; dengan narasumber profesional dari Informatica, BCA, Dell Technologies, ACER dan GoTo. Acara Day 1 akan dimoderatori oleh Former Indonesian Ambasador to Serbia & ABDI Advisor on International Relation, Semuel Samson.

Selanjutnya, di hari kedua (30 Maret 2022) event DataSecurAI 2022, menghadirkan deretan pembicara Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo; Lead Co-Chairman Think-20 (T20) G20, Bambang Brodjonegoro; Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso; dengan narasumber profesional dari BRI, Delinea, BSSN, ACER dan Aksata. Acara Day 2 akan dimoderatori oleh Executive Director of Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi.

Sementara, di hari ketiga (31 Maret 2022) event DataSecurAI 2022, menghadirkan deretan pembicara Menteri Kominfo, Johnny G. Plate yang diwakili oleh Dirjen SDPPI, Ismail MT; Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Andi Widjajanto; Rektor Universitas Pertahanan (UNHAN), Laksamana Madya Amarulla Octavian; dengan narasumber profesional dari PERBANAS; Telin; BSSN; Huawei; Kosgoro 1957; Scientist Ministry of Electronics & Information Technology (MeitY); Senior Lecturer and Academic Director, Swinburne University, Victoria, Australia. Maka dari itu, segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti event ABDI agar tidak kelewatan kesempatan mendapatkan ilmu-ilmu dan inspirasi dari rangkaian acara DataSecurAI 2022.

Register https://bit.ly/DatasecurAI-2022

 

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.