Hari Perempuan Sedunia, Snapchat Luncurkan Lensathon Womens Day

0
395
photo by : pixabay.com

Tepat pada tahun 1911, Women International Day diperingati pertama kali untuk mengingatkan kepada semua orang bahwa pentingnya kesetaraan.

JAKARTA, Komite.id – Menyambut Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day 2022 Snapchat bekerja sama dengan Dicoding meluncurkan Lensathon di penjuru Asia Tenggara. Peluncuran ini berfokus pada keterampilan dan mendorong kontribusi para wanita muda di Augmented Reality (AR).

Para peserta menggunakan Lens studio aplikasi desktop gratis Snap untuk membuat dan mendesain pengalaman AR mereka pribadi. Snapchat akan mengadakan tiga lokakarya studio lensa di Indonesia (Bahasa), Singapura (Eng), dan Malaysia (Melayu) dan mengajarkan peserta membuat lensa dengan tema “International Women’s Day”.

Lokakarya ini akan dilakukan oleh para kreator wanita dari Snapchat Lens Network yaitu Danielle Grace untuk wilayah Indonesia dan Singapura dan Yong Nurain Sofia Binti Khairulhiddard untuk wilayah. Semua peserta yang mengirim lensa valid berkesempatan untuk bergabung dengan Snap’s Lens Studio Community dan mengembangkan passion mereka di industri AR.

“Pendekatan kami terhadap AR berakar pada storytelling dan kreativitas sebagai titik awal untuk memperkenalkan teknologi baru ini kepada khalayak luas. Kami telah mengembangkan AR dengan sangat baik, tidak hanya untuk hiburan semata, namun juga untuk berbagai penggunaan seperti pendidikan, perdagangan, dan lainnya,” ucap Anubhav Nayyar, Director of Market Development SEA di Snap, dalam keterangan tertulis, Selasa (08/03).

Sebelumnya Snapchat telah mengadakan beberapa lokakarya Lens Studio di penjuru Asia Tenggara untuk membantu siswa dan remaja menciptakan pengalaman bersama dan mengekspresikan ide-ide mereka dengan cara yang menarik. Pada tahun 2021, lebih dari 11.000 siswa dilatih melalui lokakarya Lens Studio untuk mengajarkan AR kepada siswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di seluruh Asia Tenggara.

“Kami berharap, Lensathon bertema International Women’s Day dapat menginspirasi dan meningkatkan keterampilan wanita di seluruh wilayah untuk menghidupkan kreativitas dan semangat mereka,” lanjutnya.

Seperti yang diketahui, Hari Perempuan Sedunia sudah diperingati sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu, hal ini menjadi monumental untuk merayakan prestasi perempuan di dunia politik, ekonomi, sosial dan budaya. Tepat pada tahun 1911, Women International Day diperingati pertama kali untuk mengingatkan kepada semua orang bahwa pentingnya kesetaraan.

Oleh karenanya, untuk merayakan Hari Perempuan Sedunia 2022 Snap juga akan memanfaatkan kekuatan AR dengan meluncurkan serangkaian lensa AR khusus #BreakTheBias dan hyperlocal geofilters.

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.