Microsoft Alami Kenaikan Pendapatan Dibanding Tahun Lalu

0
1414
Photo by : Pixabay.com

Pendapatan Microsoft meningkat sebesar 20% dari tahun lalu, dibandingkan dengan pertumbuhannya yang tercatat hampir 22% pada kuartal sebelumnya.

JAKARTA, Komite.id – Seperti yang diketahui, Microsoft sempat mengalami penurunan saham namun beberapa selang waktu pun akhirnya mengalami kenaikan pendapatan yang lebih baik dari perkiraannya pada kuartal kedua fiskal. Awalnya, saham turun dalam perdagangan yang diperpanjang, kemudian berubah positif setelah perusahaan mengeluarkan perkiraan penjualan yang nyatanya melebihi target.

Microsoft melampaui perkiraan di garis atas dan bawah, berbeda dengan pendapatan cloud Azure yang tidak jauh dengan perkiraan. Pada saat itu juga, bisnis game perusahaan menjadi sorotan setelah Microsoft mengatakan akan mengakuisisi seri Call of Duty, salah satu franchise game Activision Blizzard terbaik seharga $ 68,7 miliar.

Menurut sebuah laporan, pendapatan Microsoft meningkat sebesar 20% dari tahun lalu, dibandingkan dengan pertumbuhan yang tercatat hampir 22% pada kuartal sebelumnya. Laba bersih Microsoft melonjak 21% menjadi $ 18,77 miliar. Perusahaan memiliki $ 36,77 miliar dalam pendapatan yang belum diterima di akhir tahun, di bawah konsensus StreetAccount sebesar $ 36,90 miliar.

Microsoft mengatakan pihaknya mengharapkan mengakui 45% dari $ 152 miliar dalam kinerja yang tersisa selama tahun depan, pertama kalinya persentase itu telah tergelincir di bawah 50% setidaknya sejak 2017. Amy Hood, kepala keuangan Microsoft, mencegah kekhawatiran investor berkaitan dengan pendapatan perusahaan. Di mana hal ini merupakan permintaan tetap kuat di sebagian besar bisnis. Hood menerangkan perusahaan mengharapkan pendapatan $ 48,5 miliar hingga 49,3 miliar pada kuartal ketiga fiskal yang setidaknya melampaui konsensus Refinitiv senilai $ 48,23 miliar.

“Kami akan menjadi pembeli di sini,” kata Christopher Ouimet, Manajer Portofolio di Logan Capital Management, mengutip CNBC, memiliki sekitar $ 60 juta saham Microsoft. Dirinya melanjutkan, “Kami pikir ada banyak kebisingan di pasar saat ini. Sebagian besar stok dengan pertumbuhan tinggi dicuci di sini,” jelasnya.

Sebagai informasi, pada segmen Intelligent Cloud Microsoft, yang berisi cloud publik Azure, GitHub dan produk server seperti Windows Server, menghasilkan pendapatan $ 18,33 miliar. Hal tersebut sama dengan pertumbuhan 25,5%, dan sedikit lebih tinggi dari konsensus $ 18,3 miliar di antara para analis yang disurvei oleh StreetAccount.

Microsoft tidak mengungkapkan pendapatan Azure dalam dolar. Hood menegaskan, nantinya ada percepatan pertumbuhan berurutan dalam mata uang konstan pada kuartal saat ini untuk Azure. Pendapatan dari segmen More Personal Computing yang mencakup Windows, iklan, perangkat dan game mencapai $ 17,47 miliar. Pendapatan tersebut naik 15,5% di atas konsensus StreetAccount sebesar $ 16,56 miliar.

Microsoft mengungkapkan penjualan lisensi Windows meningkat sebesar 25% pada kuartal keempat 2021. Perusahaan riset industri teknologi Gartner juga memperkirakan bahwa pengiriman PC telah turun 5%. Pendapatan perangkat keras Xbox naik 4% dengan berlalunya peringatan satu tahun peluncuran konsol Xbox Series X dan Series S oleh Microsoft. Pada kuartal sebelumnya, pendapatan perangkat keras Xbox melonjak 166%.

Komponen game Microsoft yang sekarang mewakili hampir 11% dari total pendapatan, menjadi lebih relevan bagi investor di bulan ini, ketika perusahaan mengumumkan untuk mengakuisisi Activision Blizzard, pada seri Call of Duty, seharga $ 68,7 miliar yang mana hal tersebut merupakan kesepakatan terbesar dalam sejarah 46 tahun Microsoft.

Lebih jauh, di segmen Produktivitas dan Proses Bisnis yang mencakup Office, Dynamics dan LinkedIn membukukan pendapatan $ 15,94 miliar, yang tumbuuh sebesar 19%. Dalam hal ini, survei StreetAccount memperkirakan pendapatan sekitar $ 15,86 miliar. Selain itu, aplikasi komunikasi Teams yang dilengkapi dengan langganan perangkat lunak produktivitas Office sekarang memiliki lebih dari 270 juta pengguna aktif bulanan, tutur Satya Nadella, CEO Microsoft.

Nadella mengatakan, perusahaan telah menghasilkan $ 15 miliar dalam pendapatan keamanan di tahun 2021, hal ini naik hampir 45% dari tahun sebelumnya. Di mana tahun 2020, pendapatan keamanan meningkat lebih dari 40%. Selama kuartal tersebut, Microsoft merilis Windows 11 sebagai penerus Windows 10 dan memperkenalkan $ 249 Surface Laptop SE untuk penggunaan sekolah yang menjalankan versi khusus Windows 11.

“Sekarang ada lebih dari 1,4 miliar perangkat aktif bulanan yang menjalankan Windows 10 atau Windows 11,” pungkas Nadella. Hal ini dibandingkan dengan lebih dari 1,3 miliar perangkat Windows 10 aktif pada April 2021. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.