New Armada : Solusi Kelola Business Intelligence Dengan SAP

0
572

 

Hal ini diartikan, bahwa penggunaan perangkat lunak SAP dapat mengintegrasikan semua bidang operasi bisnis.

JAKARTA, Komite.id – Revolusi industri 4.0 merupakan era industri yang memungkinkan seluruh entitas didalamnya untuk berkomunikasi secara real time, melakukan pekerjaan secara otomatis dan transformasi informasi. Industri 4.0 juga berkaitan erat dengan produksi yang optimal dan zero defand pada efisiensi waktu serta sistem yang canggih. Untuk itu, industri yang mau bertahan dari waktu ke waktu haruslah mengikuti perkembangan dan memanfaatkan teknologi digital yang semakin maju.

Disisi lain, pada perkembangan teknologi ini diikuti oleh kejahatan dunia maya, sehingga pemerintah Indonesia telah menyiapkan Undang-Undang informasi dan transaksi elektronik yang memiliki konsep kejahatan siber dengan lingkup yang lebih luas serta akan direvisi untuk mendukung perkembangan industri. Pada prinsipnya, kejahatan bukan lah sebuah kendala untuk maju, tetapi untuk mengantisipasi dan meningkatkan kehati-hatian.

“PT. Mekar Armada Jaya, yang bermerek New Armada adalah industri karoseri kendaraan bermotor yang tidak hanya terus mengembangkan diri dengan meningkatkan kualitas produksi, tetapi juga dalam penggunaan teknologi digital untuk menciptakan hal baru, atau memodifikasi proses bisnis, budaya dan pengalaman pelanggan untuk memenuhi perubahan model bisnis dan kebutuhan pasar,” kata CEO New Armada, David Herman Jaya pada Virtual e-Summit DataGovAi 2021 Day 2 dengan tema “Data Science & AI Governance & Regulation”, melalui Zoom Meeting, Selasa (30/11).

Sebagai salah satu pelaku industri dan produser unit transportasi, lanjut CEO New Armada David Herman Jaya, maka sesuai dengan visi New Armada sebagai pencipta kendaraan yang aman dan nyaman serta berkualitas global. “Kami sangat antusias dengan segala bentuk perkembangan model transportasi di Indonesia,” ungkapnya.

PT. Mekar Armada Jaya telah berdiri sejak tahun 1974 bergerak di industri karoseri dengan produk bus, minibus, box dan special vehicle. Selain karoseri, di tahun 2003, PT. Mekar Armada Jaya mendirikan pabrik stamping and tools yang telah berhasil mendapat kepercayaan dari Agen Pemegang Merk (APM) dengan menjadi supplier untuk beberapa parts. Banyaknya pengalaman dan tuntutan pasar, menjadikan PT. Mekar Armada Jaya sangat memahami pentingnya teknologi dan terus berinovasi untuk meningkatkan value dan tetap memiliki daya kompetitif yang unggul.

“PT. Mekar Armada Jaya mulai mengimplementasikan SAP Program System Application and Products in Data Processing sejak tahun 2003. Selain itu, juga berinvestasi untuk teknologi yang lain, seperti robot, RFID, CAI, Cam dan automatic date tools,” ungkap Direktur PT. Mekar Armada Jaya, Charles Hugo Wahyadiyatmika.

SAP merupakan penyedia global terkemuka perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP). Dengan memanfaatkan ERP pekerjaan menjadi lebih mudah sebab hal yang awalnya dikerjakan secara manual kini dapat dikerjakan secara otomatis. Inilah yang membuat ERP sebagai sumber daya terpenting bagi perusahaan. Berbagai perusahaan besar, kecil, dan menengah mengandalkan solusi perangkat lunak SAP untuk mengelola business intelligence, perencanaan operasi, pembelian serta material dengan lebih baik. Hal ini dapat diartikan, dengan penggunaan perangkat lunak SAP dapat mengintegrasikan semua bidang operasi bisnis. Disisi lain bisnis, SAP memungkinkan penjualan memasukkan pesanan untuk pelanggan, pembelian untuk membeli produk dari vendor, personel produksi memproduksi barang, gudang untuk mengelola inventaris dan keuangan untuk menyimpan pembukuan.

Dalam hal ini, tujuan SAP ialah dapat membuat semua aktivitas manajemen, pemantauan dan pengolahan informasi menjadi jauh lebih efektif dan efisien dari sebelumnya. Dalam pemaparannya, Direktur PT. Mekar Armada Jaya, Charles Hugo Wahyadiyatmika menerangkan Implementasi SAP di PT. Mekar Armada Jaya sebagai program terbaik untuk mengintegrasikan berbagai kebutuhan dalam operasional dan bisnis. Baginya, pemanfaatan SAP mampu menyajikan secara real time, level stock, harga pokok produksi dan laporan keuangan. “Dengan SAP, kami memiliki data yang akurat, konsisten dan terintegrasi serta aplikasinya dapat dikembangkan,” pungkasnya.

Apalagi SAP juga menawarkan berbagai manfaat, seperti meningkatkan kecepatan bisnis bagi perusahaan, meningkatkan konsistensi setiap aktivitas bisnis yang sedang berjalan, dapat memantau SOP berhasil atau tidak, mengurangi kesalahan produksi dikarenakan Human Error, meningkatkan kualitas bisnis dengan meningkatkan kualitas informasi yang diperoleh dari pasar. Dengan menggunakan SAP, memungkinkan untuk cepat mengetahui respon terhadap perubahan di pasar yang sangat penting, sebab setiap keputusan penting memerlukan data yang tepat sebagai panduan. SAP juga mampu menyajikan informasi secara real time sehingga keakuratannya tidak diragukan.

Selain itu, SAP juga menyediakan alat analisis yang dapat digunakan untuk membaca data yang diperoleh. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan SAP, bahkan beberapa perusahaan beralih pada program tersebut. Fungsi utama SAP sendiri untuk melakukan otomatisasi proses usaha pada sebuah perusahaan. Sehingga segala kebutuhan perusahaan dapat dioperasikan dan diolah dengan baik.

Tak hanya itu, PT. Mekar Armada Jaya juga menggunakan teknologi robot, yang memiliki clain robot jenis HNF1500 ton Robot Tandem. Clain tersebut dibuat untuk autopart mobil biasa digunakan untuk komponen yang berat dan tidak kotor. Sebagai bagian dari PT. Mekar Armada Jaya, New Armada bergerak dalam bidang industri auto body manufacturing berkomitmen untuk selalu mengedepankan pelayanan dan kepuasan pelanggan serta dapat menjadi rekanan karoseri yang bisa diandalkan oleh setiap pelanggan.

PT. Mekar Armada Jaya menggunakan Automatic tools engineer, yang dapat menjadi sebuah perangkat pengganti alat potong tanpa operator yang pada saat proses produksi tidak perlu ditunggu. “Dengan bantuan teknologi robotic dan AI kualitas produk New Armada naik dengan menghindari kecerobohan serta tercipta efisiensi waktu dan biaya,” tutupnya. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.