ABDI Gelar Summit DataGovAi 2021 untuk  Keeempat kalinya

0
219

Jakarta, Komite.id- Untuk keempat kalinya, Asosiasi Big Data & Ai (ABDI)  kembali  akan  menyelenggarakan  hajatan tahunan  Summit DataGovAi 2021 yang dilakukan secara virtual. DataGovAi dengan   mengambil  tema utama yakni  Implementation, Benefit, Integrity, & Risk Management Of AI, Cyber Security & Big Data Toward Economy Recovery”. Ditargetkan Summit DataGovAi 2021 diikuti 10 ribu participat secara virtual.

Selain itu,  dalam perhelatan DataGovAI 2021 ini  akan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perusahan/instansi, data scientist, AI expert in the Data, AI Technology Supply Chain Industry, Market and Government officials – serta para penulis buku. DataGovAi berlangsung selama tiga hari yakni tanggal  25 dan 30 November  2021, serta tanggal 2 Desember 2021 . Adapun tema temanya  sebagai berikut:

Day 1  bertema;  Data & AI Tech Transformation: Data Sovereignty, Data Privacy Protection & Data Security (Technology Aspects)

Day 2 bertema; Data & AI Governance: Enterprise Data Security, Data Privacy Protections & Risk Management (Regulation Aspects)

Day 3  bertema;  Data & AI Ecosystems: Digital Startup, Data Democracy (Rural/Urban) & Smart Nation towards Economy Recovery (Integrity Aspect)

Event kali ini memiliki arti penting bagi organisasi atau perusahaan mengingat teknologi AI Big data dan Cloud serta Security menjadi kekuatan penting atau sangat fundamental  dalam mendorong transformasi digital di semua sektor untuk melalui masa pandemi dan paska pandemi khususnya  menyongsong tahun  2021.

“Kami percaya teknologi AI, Cloud,  Big data dan Security  akan menjadi kekuatan penting dalam mendorong percepatan  transformasi digital di Indonesia pada  masa pandemi dan paska pandemi, khususnya tumbuhnya  ekonomi digital  di Indonesia,” kata Ketua Umum ABDI  Rudi Rusdiah sekaligus Ketua Penyelenggara Summit DataGovAi 2021 . Terakhir, adalah keamanan siber dimana perusahaan cenderung menggunakan AI untuk melakukan penilaian atas ancaman cyber.

Dalam kegiatan DataGovAi 2021, di mana seluruh partisipan dapat mengikuti beragam aktivitas yang tersedia, di antaranya rangkaian kegiatan konferensi dengan pembicara dari  dalam negeri dan berbagai negara. Dalam kegiatan  DataGovAi, juga akan di launching buku Cyber Security & Ai dan e-Award DataGovAI yang merupakan apresiasi awards Tatakelola Big Data dan AI, DataGovAI terbesar di Indonesia.

Gelaran kali ini akan menghadirkan sejumlah  para pakar TI yang expert di bidangnya baik dari dalam dan luar negeri yang akan membahas berbagai topik diantaranya   Big Data & AI Technology, Governance & Teknologi Data & AI.  Apalagi, memasuki era Industrial 4.0, Tata Kelola & Teknologi Big Data, AI & Cyber menjadi sangat strategis untuk dibahas dalam sebuah Summit, karena pertumbuhan Data  yang semakin masif  dan  teknologi AI yang meng-augmentasi (meningkatkan) kemampuan manusia didunia untuk menghindari Technology Singularity.  Mereka akan membahas berbagai isu menarik di atas berdasarkan perspektif dan pengalaman masing-masing. Berbagai pembahasan ini akan menjadi masukan penting bagi  pengembangan Teknologi Informasi  di masa depan.

“Era disrupsi dan transformasi digital sangat pentingnya perlindungan Data Privasi  dan  Sensitif PII (Personal Identifiable Information), namun menjadi opportunity bagi hackers yang melakukan serangan dengan memanfaatkan vulnerability (kerentanan) dengan  merusak system hingga  mencuri data penting,” tambah Rudi Rusdiah seraya menbambahkan, karena belakangan ini  serangan siber ini cukup banyak, makanya  persoalan mengenai keamanan data menjadi  sangat penting. “Untuk mencegah ini, perusahaan  harus terus  memperkuat  system keamananya,” tambahnya.

Beberapa nama yang akan menjadi pembicara pada Web Summit Datagov AI 2021 antara lain, Jenderal TNI (Purn)  Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan,   Johnny G. Plate, Menteri Kominfo , Laksamana Madya TNI  Amarulla Octavian,  Rektor Universitas Pertahanan,  Anang Achmad Latif, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dan Fransiscus Kaurrany, – IT Executive Vice President Enterprise Architechture & IT Service Quality Bank  BCA serta  Siti Choiriana, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) dan masih banyak  para pembicara lainnya dari berbagai institusi Pemerintah, Technology Provider, Akademisi dan Swasta.

Beberapa perusahaan yang mendukung kegiatan Summit DataGovAi 2021 antara lain; BAKTI Kominfo, Bank BCA, Telkom International, PT Sigma Cipta Caraka, PT Aksata , XL Axiata, Blibli.com, Lintasarta, PT Patra Nusa Data, Bank BRI, BIG BOX, AIRMAS GROUP, PT Bali Yoni Saguna, Universitas Budi Luhur (UBL),  PT.New Armada,  dan PT Micronics Internusa.  Berdasarkan informasi database telah tercatat registrasi visitor pada 9  November 2021 sebanyak 5.000 orang. Untuk itu, pihaknya mengajak semua kalangan masyarakat untuk bisa berpartisipasi melalui laman https://bit.ly/DatagovAI-2021. Agar pencapaian 10 ribu participant tercapai. (**)

 

 

 

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.