Siti Choiriana: Tranformasi Digital Dituntut Sinergi dan Kolaborasi

0
162

Jakarta, Komite.id- PT Pos Indonesia terus melakukan adaptasi guna bertahan melintasi zaman. Di usianya yang ke 275 tahun, Pos Indonesia bertranformasi dan berinovasi untuk memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen. Disrupsi dalam industri transformasi dan logistik membawa tantangan sekaligus kesempatan. Transformasi diperlukan untuk menjawab tantangan dan kesempatan tersebut.

Siti Choiriana, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia mengatakan, tranformasi digital di industri logistik sangat luar biasa, karena itu dituntut sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri sehingga bersama-sama bisa menciptakan ekosistem supplay chain yang semakin attractive dan efisein serta meningkatkan pertumbuhan di sektor-sektor yang terkait di dalamnya.

Menurut Choiriana, PT Pos Indonesia sangat concern dalam transformasi digital Baik transformasi dari sisi bisnis modelnya, produk termasuk dari sisi organisasi, dari teknologi dan lain-lain. Juga membangun kompetensi sebagai perusahaan yang adaptif di tengah perkembangan zaman, dimana Transformasi digital menjadi jalan yang dipilih Pos Indonesia, apalai di era sekarang, jasa layanan pengiriman sangat kompetitif. Banyak kompetitor yang juga melakukan perubahan yang membuat masyarakat punya banyak pilihan.

Salah satu transformasi digital yang dilakukan, PT Pos Indonesia melaunching dua platform digital yang merupakan bentuk komitmen PT Pos Indonesia untuk menghadirkan layanan prima kepada masyarakat, sesuai dengan perkembangan teknologi dan keuangan saat ini.

“Layanan Digital kurir ‘PosAja dan Payment Services yaitu Pospay. Aplikasi PosAja! merupakan penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya yaitu QPosin Aja. Dengan aplikasi yang lebih user friendly bagi masyarakat diharapkan dapat meningkatkan user experience pengguna,” kata Choiriana dalam webinar NEC bersama ABDI yang bertema ‘Digital Experience in Transformation Solutions pada 26 Agustus 2021.

Sementara, kehadiran Pospay juga mendukung para nasabah untuk mampu mendirikan unit bisnis kantor pos mandiri berupa Pospay Agen. Layanan Pospay bahkan menjangkau kebutuhan para Pekerja Migran Indonesia untuk melakukan proses transaksi keuangan dari luar negeri untuk kebutuhan transaksi yang ada di dalam negeri. Keberadaan layanan Pospay PT Pos Indonesia menjawab kebutuhan seluruh lapisan masyarakat saat ini mulai dari pelaku bisnis konvensional dan syariah, milenial, pelaku UMKM, pedagang kecil dan menengah secara mudah, cepat, aman serta tidak terbatas geografis dan waktu,” tambah Siti Choiriana  yang lahir di Magetan, 28 Mei 1970. Sarjana Teknik Elektro dan Magister Manajemen Teknologi lulusan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini.

Selain itu, PT Pos juga memiliki aplikasi Transport Manajemen System yang merupakan sistem aplikasi yang berfungsi untuk optimasi rencana operasi armada serta tracking real time posisi armada. Selain itu, lanjut Choriana, PT Pos Indonesia juga memiliki Warehouse Managemen System yang dibangun untuk memastikan warehouse ini berjalan atau berfungsi secara baik untuk melakukan optimasi manajemen penyimpanan hingga menciptakan efesinsi .”Saat ini yang menggunakan warehouse Pos Indoensia sudah banyak sekali yakni pemerintah dan lembaga serta korporasi asing. Saat ini, PT  Pos memiliki lebih dari 151 warehouse di Indonesia,” tutur mantan Direktur Consumer Service Telkom Indonesia yang akrab disapa Ana ini.

Saat ini PT Pos Indonesia didukung oleh titik jaringan yang tersebar luas hingga pelosok negeri. BUMN ini didukung lebih dari 4.000 kantor pos dan 28.000 Agen Pos yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan diperkotaan, Pos Indonesia juga telah memiliki O-Ranger, untuk melayani kiriman jemput bola secara cepat. Pihaknya mengakui bahwa saat ini perdagangan e-commerce tumbuh cukup pesat, seiring banyaknya platform marketplace dan perdagangan via media sosial. Transaksi e-commerce terjadi tanpa ada batasan waktu. Seiring tren tersebut, penyedia jasa logistik dan kurir menjadi ujung tombak lancarnya ekosistem digital ini.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum ABDI Rudi Rusdiah mengucapkan Selamat hari ulang tahun (HUT) ke-275 tahun PT Pos Indonesia (Persero) pada 26 Agustus 2021, dengan tema 275 Tahun PT Pos Membangun Negeri.  Smoga Pos Indonesia terus tumbuh dan memberikan layanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat  Indonesia. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.