20 Perusahaan Raih DataGovAi Award 2020, Berikut Daftarnya

0
1763

Jakarta, Komite.id-= Sebanyak 20 perusahaan meraih penghargaan DataGovAi Award 2020 untuk kategori Data Technology (DT) & Data Governance (DG).  Penghargaan itu diberikan oleh   Asosiasi Big Data & AI (ABDI), majalah/portal Komite.ID dengan dukungan dari Kementerian Komunikasi dan informatika  (KemenKominfo), dan  Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Selain itu, penyelenggaraan  DataGov Ai Award juga  di dukung oleh Dewan Juri dari Australian Securities Company, Rosebay Consulting, UN Gov Expert Group, AsDep 7 KemenkoPolhukam RI,  APJII, MarkPlus Inc. , ICT Consultant.

Tahun ini, DataGovAi mengangkat thema “Future of Big Data AI, Cloud, Cyber Technology & Governance” atau Masa Depan Teknologi & Tata Kelola Big Data, AI, Clouds dan Cyber Summit.

DataGovAi berlangsung selama tiga hari yakni 24 dan 26 Novermber  2020, serta 1 Desember 2021, di mana seluruh partisipan dapat mengikuti beragam aktivitas yang tersedia, di antaranya rangkaian kegiatan konferensi dengan pembicara dari berbagai negara.

Dalam kegiatan  DataGovAi, jug akan di launching buku Cyber Security & Ai dan e-Award DataGovAI yang merupakan apresiasi awards Tatakelola Big Data dan AI, DataGovAI terbesar di Indonesia.

DataGovAi Award merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan   kepada lembaga pemerintah dan perusahaan yang telah sukses mengimplementasikan teknology informasi khususnya pengelolaan  data atau manajemen data   untuk meningkatkan kinerja perusahaan/instansi, sehingga mampu bersaing di era industri 4.0

Ketua Umum ABDI  Rudi Rusdiah. mengatakan, metode penilaian yang digunakan mengacu pada  market research, kuesioner dan rekomendasi / penilaian dari customer, hasil riset internal & Public Via Internet, Sosial Media yang dikompilasi dan berdasarkan sidang dewan juri, penasehat dan steering committe.

Rudi mengungkapkan tata kelola data  (data governance) yang baik serta pemanfaatan AI dan Cloud akan mempercepat transformasi digital di Indonesia. “Kita tahu pertumbuhan data di Indonesia sangat masif. Data yang sangat banyak itu harus dikelola dengan baik agar mendorong tranformasi digital di Indonesia,” ungkapnya

Masih menurut Rudi, Data Governance merupakan proses atau mekanisme untuk memastikan data telah dikelola dengan baik. Ada tiga katagori data governance  yaitu, data veracity (nilai dan kualitas data), entreprise data security, dan data privacy. “Ketiganya itu harus dipenuhi jika ingin memiliki tata kelola data yang baik. Saat ini keamanan data milik masyarakat juga menjadi salah satu yang mesti diperhatikan,” ujarnya.

Menurut Rudi, jika melihat pada evolusi internet, mulai dari internet access, internet service, hingga governance dan AI, pertumbuhan data meningkat sangat pesar karena adanya datafication. Datafication ini terjadi karena banyaknya data driven entreprise menggunakan perangkat dan proses untuk mengumpulkan jejak data (forensic tracing) untuk profiling dan data mining klien dan user.

Berikut daftar lengkap perusahaan penerima penghargaan:

  1. Rosebay.Inc menjadi pemenang di kategori Best Data Technology (DT) for Enterprise Big Data Solutions Consultancy
  2. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, kategori Best Data Technology (DT) For Engineering, Procurement and Construction, and Best Data Government  in Human Capital Development.
  3. PT Great Eastern Life Indonesia, kategori Best Data Technology for Life Insurance and Management Asset Enterprise.
  4. PT. Hutchion 3 Indonesia, kategori Best Data Technology for Mobile Communication Service Provider,
  5. LPJK Nasional untuk kategori Best Data Technology (DT) & Data Governance(DG) for Construction Services Sector.
  6. Xl Axiata, kategori Best Data Technology (DT) in Telecommunication Industry and Network Transformation.
  7. PT Bank Central Asia, Tbk, kategori Best Data Technology in Commercial Private Banking and Best Data Governance for Corporate Customers.
  8. PT Fortinet Indonesia, kategori Best Data Technology for Enterprise Security Solutions 2020
  9. PT Jasa Raharja, Tbk, kategori Best Data Technology for Insurance and Human Capital Development 2020
  10. PT Patra Nusa Data (PND), kategori Best Data Technology for Petroleum Exploration and Production Consultancy 2020
  11. APJII (Asosiasi penyedia jasa Internet Indonesia), kategori Best Data Government for Indonesian Internet Exchance and Network.
  12. Kota Madya Ambon, kategori Best Data Governance for Smart Intelligent City
  13. PT Bank CIMB Niaga Tbk, kategori Best DT for Adoption AI 2020
  14. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Best DT for Retail Bangking in Indonesia and Best DG for Human Capital Development and SME.
  15. Universitas Budi Luhur (UBL), kategori Best Data Government for Informations & Communication Technology
  16. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), kategori Best Data Government in Driving Innovation AI Strategy.
  17. BAKTI Kominfo, kategori Best Data Technology and Data Government  for Distribution of Universal Service Obligation in Rural Connectivity
  18. GDP Lab, kategori Best Data Technology for Venture Capital.
  19. PT Huawei Indonesia, kategori Best Data Technology for AI Enterprise Solutions.
  20. Universitas Prasetiya Mulya, kategori Best Data Government for  Business and Economics School.

 

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.