Momentum ABDI, BSSN, KemenKominfo & KemenRistekDikti Beri Apresiasi Pengelola Data Governance & Strategis Indonesia

0
762
Malam Penganugerahan Best IT & Data Technology Governance DataGovAI 2018, Mawar Room 2nd Floor Balai Kartini Jakarta.

Jakarta, Komite.id – Sebuah pertanyaan klasik, siapa yang dapat diharapkan memberikan apresiasi kepada insan pelaku industri sektoral dan institusi bangsa Indonesia yang berkarya dan sukses mengelola Data strategis RI, kalau bukan kita sendiri?

Pada malam DataGovAI Awards, ABDI tergerak untuk memberikan apresiasi terutama kepada insan pelaku dan institusi domestik yang sukses dan terbukti sudah berusaha melakukan Data Governance (Tatakelola) di lingkungan dan sektornya masing masing. Namun DataGovAI Summit & Awards tidak terbatas hanya domestik, bahkan beberapa apresiasi juga diberikan kepada perusahaan regional Asia Singapura, Nepal Rosebay), India (IIIT) hingga global ,Swedia (Silverlake), Silicon Valley (Stordio) dan Australia (DCI).Mereka pun bangga membawa pulang apresiasi dari Indonesia sebagai token of appreciation and sharing knowledge

Best IT & DT Governance Awards

Data Governance ini sangat kritis dan strategis. Sejak institusi Pemerintah Singapura, Singhealth kebobolan 1.5 juta data diretas dan diunduh keluar, ditenggarai oleh state sponsor aktor, maka tata kelola data terkait data security dan perlindungan data stakeholder menjadi momentum penting di Singapura, menurut CSA (Cyber Security Agency) dan menjadi tema dari acara DataGovAI 2018. Menurut pembicara IBM di konferensi RSA Asia Pacific, Singapura kolaborasi antar stakeholder untuk saling meningkatkan kepercayaan (trust) sangat penting menghadapi adversary, peretas, cracker dan dunia gelap (darkweb).

Momentum pemberian apresiasi DataGovAI awards bagi yang sukses menjalankan Data Governance untuk kemudian lebih komprehensif dikembangkan ke tiap sektor. Juga Momentum untuk transformasi dari era Information Technology (IT) menuju era Data Technology (DT), bahkan kedepan AI Technology (AIT), maka apresiasi yang di berikan bukan sekedar IT, namun IT dan DT Governance Awards.

Apresiasi diberikan dalam beberapa sesi berdasarkan segmen industri dan sektor dari perusahaan swasta, BUMN hingga institusi pemerintah pusat dan Pemda (Lihat Agenda Anugrah Awards). Pada Rakornas LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah), ABDI memberikan apresiasi khusus (Awards) kepada Dr. Agus Prabowo, Kepala LKPP 31 Oktober 2018 di Sabuga Center ITB, Bandung atas suksesnya implementasi Tata Kelola Data sebagai Aset dan Perlindungan data Stakeholder selama masa kepemimpinan Agus memasuki masa pensiun, mengingat data eprocurement nasional sangat strategis dan kritis untuk perekonomian Indonesia dapat dijaga keamanan dan integritasnya dengan sangat baik.

Rakornas LKPP dihadir oleh seribu lebih perwakilan dari LKPP dan LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) Nasional dari hampir seluruh Pemda BUMN, BUMD di Indonesia, juga Kementrian dan Lembaga pemerintah pusat.

Summit DataGovAI 2018 yang berlangsung sangat padat dari jam 8:00 pagi hingga jam 17:00 sore, dilanjutkan dengan Malam Anugrah  Apresiasi atau Awards “Best IT & DT Governance” di bidang dan sektor masing masing. Acara diawali oleh opening remark Chairman.

ABDI disusul Opening Keynote Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika RI terkait “Disrupsi tenaga kerja professional yang semakin langka dibidang cyber security, data scientist dan Master AI oleh digital transformasi membutuhkan Governance”.

Rudiantara sekaligus membuka acara Malam DataGovAI Awards. Di iringi oleh Live Music Emily Band Acoustic dan makan malam. Penyerahan Anugrah awards di mulai oleh Mayjen TNI (pur) Djoko Setiadi Kepala BSSN yang mengapresiasi beberapa Deputi dan Kepala Daerah serta BUMN dalam menerapkan Data Governance, tentu terkait Data Security dan Perlindungan Data Pribadi Stakeholdernya.

Acara Malam Anugrah Apresiasi Awards semakin malam semakin ramai, apalagi dengan berkenan hadirnya MenKominfo Rudiantara bersama Kepala BSSN, Mayjen (pur) Djoko Setiadi, Dr. Hammam Riza, Deputi Teknologi SDA,BPPT serta berbagai media elektronik MetroTV, TVRI, ANTV dll. Dr. Jumain Appe, Dirjen Penguatan Inovasi KemenRistekDikbud memberikan Keynote mengenai Inovasi dan Latar belakang Apresiasi Awards.

Acara ditutup Ketua ABDI sebagai host DataGovA dengan semangat untuk dapat berjumpa kembali pada DataGovAI 2019 yang semakin akbar, sukses dan bermanfaat bagi dunia siber, industri dan ekonomi RI. (RR)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.