Ini Dia Alasan Zuck Integrasi WhatsApp, Instagram & Messenger

0
2118

Jakarta, Komite.id – Kenapa CEO dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg berencana untuk mengintegrasikan layanan Facebook Messenger, WhatsApp, dan Instagram. Ternyata, pencipta aplikasi yang sangat digemari di dunia itu punya alasan tersendiri.

“Alasan pertama saya mengintegrasikan ketiganya agar lebih banyak layanan terenkripsi seperti halnya WhatsApp. Saya pikir ada peluang untuk menggunakan layanan terenkripsi di semua layanan,” ucapnya.

Zuck yang berbicara saat laporan kuartal perusahaan mengatakan penyatuan ketiga layanannya rencananya akan dilakukan pada 2020 atau setelahnya. Ia mengatakan saat ini masih memikirikan lebih rinci rencana integrasi tersebut.

“Kami benar-benar memikirkan hal ini [integrasi layanan]. Ada banyak hal yang perlu kami pikirkan sebelum merealisasikan rencana tersebut,” ucap Zuckerberg seperti dilansir Mashable.

Kendati demikian, Zuckerberg belum memberikan penjelasan lebih rinci terkait rencana integrasi ketiga layanannya itu

Ia mengklaim rencananya itu akan memudahkan pengguna lintas platform untuk saling berkomunikasi. Sebagai contoh, negara dengan dominasi pengguna WhatsApp bisa berkirim pesan ke layanan Messenger.

Menyoal kekhawatiran keamanan yang diutarakan banyak pihak, Zuck justru berdalih jika integrasi ini bisa memberikan keamanan berlapis. Penyatuan sistem WhatsApp atau Instagram misalnya, disebut bisa menciptakan pengalaman laiknya menggunakan iMessage.

Kabar rencana pengintegrasian WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger pertama kali diungkap New York Times. Disebutkan jika ketiga aplikasi akan tetap beroperasi secara terpisah, hanya saja infrastruktur dasar ketiganya akan disatukan lewat pengkodean ulang. (WS)

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.