Sempat Menghilang Dari Pasar, iPhone SE Kini Diobral Apple

0
384

Jakarta, KomIT.ID – Meski sempat menghilang, iPhone SE kembali muncul, dan kini malah diobral Apple. Saat peluncuran iPhone anyar tahun lalu, Apple baru saja mengumumkan kalau mereka menghentikan penjualan iPhone X, iPhone SE, dan iPhone 6s.

Ketiga ponsel ini juga menghilang dari situs mereka di Amerika Serikat. Tapi, sepertinya Apple diam-diam sudah menjual kembali iPhone SE mereka.

Sebelumnya, Apple menjual iPhone SE dengan penyimpanan 32 dan 128GB seharga US$349 (Rp4,9 juta; kurs 14,220.00) dan US$449 (Rp6,3 juta). Bahkan ponsel seri lawas ini juga muncul lagi di situs Apple di bagian cuci gudang. Harganya pun dikorting menjadi US$249 (Rp3,5 juta) untuk 32 GB dan US$299 (Rp4,2 juta) untuk 128 GB.

Ponsel ini pertama kali dijual Apple pada 2016 bersamaan dengan peluncuran iPhone 6s. Ponsel ini ditujukan bagi mereka yang tidak suka ponsel dengan layar besar. Ponsel ini memiliki tampilan iPhone 5 namun dengan pembaruan perangkat keras. Penjualan ponsel hanya menarik minat sebagian kecil pasar dan Apple hanya berhasil menjual beberapa unit saja.

Dengan menjual ponsel ini di bagian cuci gudang, Apple sepertinya tengah bersih-bersih stok perangkat lawas dari gudang mereka. Produk yang dijual masih baru dan belum dikunci seperti ketika diberi dengan subsidi operator.

Ponsel ini berspesifikasi layar retina display berukuran 4 inci, cipset Bionic A9, kamera 12 megapiksel, dan dilengkapi dengan TouchID. Saat ini penawaran cuci gudang ini baru digelontorkan untuk pasar AS saja.

Belakangan Apple dilaporkan tengah mengalami pelemahan penjualan. Penjualan iPhone anyar yang dirilis akhir tahun lalu tak berhasil mendongkrak penjualan.

Sehingga Apple mengumumkan kalau mereka memotong perkiraan pendapatan mereka kuartal ini. Ini adalah kali pertama Apple mengumkan kalau mereka tidak akan mencapai target dan mengurangi target tersebut. Langkah Apple melakukan cuci gudang ini menimbulkan spekulasi bahwa ini adalah salah satu cara Apple untuk meningkatkan pendapatan mereka yang tengah merosot.

Beberapa pelanggan berharap Apple bakal mengeluarkan iPhone SE 2, yang dikabarkan tengah dalam pengerjaan. Tapi analis Apple, Ming-Chi Kuo tahun lalu meragukan kemungkinan munculnya iPhone SE 2. Juli tahun lalu, sebuah firma penelitian menyebut kalau Apple mengabaikan rencana untuk membuat iPhone SE baru. (*/WS)

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.