Datascrip Hadirkan Pemindai buku CZur di Indonesia

0
1698

Jakarta, komite – Berbagai hal begitu mudah dan cepat dilakukan di era digital, termasuk membaca buku. Saat ini, sudah banyak yang membaca e-paper, e-magz, maupun e-books melalui perangkat smartphone atau tablet-nya. Format buku beralih dari wujud fisik konvensional berupa kertas ke bentuk digital yang dapat dibaca kapan pun dan di mana pun. Selain mudah dan praktis, dokumen digital tidak membutuhkan tempat atau area khusus untuk penyimpanannya, sehingga efisien dalam penggunaan ruang.

Kebutuhan digitalisasi dokumen ini terjadi di berbagai instansi seperti perpustakaan, kolektor buku, sekolah, universitas hingga perusahaan. Namun, proses digitaliasi buku yang dilakukan dengan cara memindai sering terkendala karena bentuknya yang tebal, serta kerepotan untuk membalik-balikkan buku. Tidak hanya buku, kadang perusahaan memiliki dokumen yang sudah dijilid sehingga menyulitkan ketika harus dipindai. Bahkan jika proses pemindaian tidak dilakukan secara hati-hati dapat menyebabkan buku atau kumpulan dokumen menjadi rusak.

Memahami hal tersebut, pt. Datascrip sebagai distributor tunggal perangkat pemindai buku CZur di Indonesia menghadirkan dua seri terbarunya, yaitu ET16 Plus dan M3000 Pro. Kedua pemindai buku tersebut dibekali dengan teknologi mutakhir untuk menghasilkan file gambar dengan kualitas tinggi, serta didukung dengan kemudahan pengoperasian. Proses memindai lebih mudah, cepat, tanpa merusak fisik buku atau dokumen.

Pengguna cukup meletakkan objek yang akan dipindai berupa buku atau dokumen yang dijilid di bawah kamera pemindai. Dengan kapasitas luas pimindaian hingga A3, CZur ET16 Plus dan M3000 Pro dapat memindai dua halaman buku berukuran A4 sekaligus. Selanjutnya perangkat ini akan memindai secara otomatis dan mengirimkan hasilnya ke komputer yang sudah terhubung. Hasil pemindaian bisa berupa file JPG, PDF, Searchable PDF, Word, Excel, atau TIFF. Kedua pemindai buku ini juga dilengkapi dengan fitur OCR (Optical Recognition Character) yang bermanfaat pada saat pencarian konten.

Dengan kecanggihan software bawaan pada dua perangkat ini, pengguna cukup membuka satu demi satu halaman untuk memindai secara otomatis (autoscan), tanpa perlu menekan tombol. Selain itu, pengguna bisa mendapatkan hasil pindaian yang rapi, lurus, meskipun buku yang dipindai pada posisi miring atau melengkung. Teknologi Curve Flattening secara otomatis meratakan halaman buku pada saat pemindaian, karena pada umumnya hasil pemindaian buku yang dekat dengan penjilid akan bergelombang atau tulisannya mengecil.

Dengan kecepatan memindai 1,5 detik per dua halaman, CZur ET16 Plus dibekali kamera bersensor CMOS 16 megapiksel dengan resolusi 4.608×3.456 piksel. Sedangkan CZur M3000 Pro dilengkapi dengan kamera 20 megapiksel bersensor CMOS serta resolusi gambar mencapai 5.248×3.936 piksel. Kecepatan memindai M3000 Pro mencapai 1,2 detik per dua halaman.

Pengguna juga dapat memilih mode pemindaian sesuai dengan kebutuhan. Hasil pemindaian bisa secara otomatis membagi per halaman meski buku yang dipindai 2 halaman sekaligus. Selain itu, dengan software bawaan tersebut, pengguna dapat melakukan pengaturan, seperti warna, kontras, tata letak urutan halaman, hingga meng-crop secara otomatis background yang tidak diperlukan.

CZur M3000 Pro memiliki V-shaped cradle yang memungkinkan pengguna menjepit buku di bagian tengah agar pada saat pemindaian tidak mudah bergeser. Selain itu, V-shaped cradle didesain agar pengguna dapat menyelipkan halaman buku yang tidak ikut dipindai untuk meminimalisir kesalahan dan mempercepat proses pemindaian.

Software bawaan pada CZur M3000 Pro memilik fitur Blank Pages Inspections yang dapat mendeteksi halaman kosong, sekaligus menghapusnya. Ada juga fitur Watermark memberikan keleluasaan pengguna untuk menambahkan watermark sehingga file hasil pemindaian tetap aman, tidak disalahgunakan.

Salah satu fitur unik dari CZur ET16 Plus dan M3000 Pro adalah Visual Presenter yang berfungsi sebagai media penampil saat presentasi di layar proyektor yang dihubungkan melalui komputer. Kegiatan mengajar atau bedah buku akan lebih interaktif dengan fitur ini. Selain itu, fitur ini dapat menyimpan file dalam bentuk video (.MJPG) untuk dibagikan lewat media sosial.

“Kehadiran CZur ET16 Plus dan M3000 Pro sangat membantu proses pemindaian buku-buku atau bundel dokumen yang tebal. Penggunaannya mudah dan cepat, serta buku dan dokumen tidak rusak. Pt. Datascrip menghadirkan kedua produk ini secara resmi di Indonesia, sekaligus menjamin layanan purnajualnya, Untuk itu, pastikan kelengkapan dan kartu garansi Datascrip pada saat pembelian produk CZur ET16 Plus dan M3000 Pro,” ujar Gatot P. Laksono – Division Manager Survey & 3D Equipment pt. Datascrip. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.