Kemenristekdikti Gelar Anugerah Iptek Tahun 2018

0
2301

Jakarta, KomITE- Sejalan dengan upaya percepatan inovasi dalam mendukung pencapaian daya saing bangsa,  Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) kembali  akan menyelenggarakan “Anugerah IPTEK 2018″.

Kegiatan tersebut merupakan bagian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23.yang akan dilaksanakan di kota Pekanbaru pada tangga 10 Agustus 2018. Hakteknas kali ini  bertema “ Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi” dan Sub-tema “Sektor Pangan dan Energi di Era Revolusi Industri 4.0. ”.

Menteri Ristekdikti Mohamad Nasir  akan memberikan Anugerah Iptek tersebut pada Acara puncak Haktenas ke-23. Presiden Joko Widodo dan Presiden ketiga RI, BJ Habibie dijadwalkan hadir pada puncak peringatan Hakteknas di Komplek Gebernuran Riau

Penyelenggaraan penganugerahan Iptek tersebut diharapkan dapat menstimulasi iklim kondusif penelitian dan pengembangan dan penguatan inovasi nasional, hingga pada akhirnya dapat berkontribusi pada penciptaan daya saing dan kemandirian bangsa Indonesia,” kata Dirjen Penguatan Inovasi, Jumain Appe saat membuka kegiatan sosialisasi Anugerah Iptek Tahun 2018” terutama untuk kategori Budhipura dan Budhipraja (pemerintah daerah) selasa (31/5) lalu.

Menurut Jumain, tujuan dari penyelenggaraan Anugerah Iptek tahun 2018, antara lain mendorong peningkatan kemampuan Iptek, yang diikuti dengan penguatan inovasi nasional untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia; Membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersil, ekonomi dan atau sosial-budaya secara berkelanjutan.

Selain itu, kata Jumain Appe, juga memberikan dorongan kepada para pelaku inovasi (individu, organisasi, lembaga) agar dapat terpacu dalam mewujudkan ide kreatif dalam penciptaan nilai tambah, baik sebagai individu maupun melalui kemitraan dan kerjasama antar unsur inovasi.

Lebih lanjut Jumain Appe,mengatakan, ada delapan kategori anugerah yang akan diperlombakan, yakni

  1. Anugerah Budhipura, untuk mengapresiasi prestasi Pemerintah Daerah Provinsi atas penguatan Sistem Inovasi Daerah.
  2. Anugerah Budhipraja, untuk mengapresiasi prestasi Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota dalam penguatan Sistem Inovasi Daerah.
  3. Anugerah Widyapadhi, untuk mengapresiasi prestasi Perguruan Tinggi dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.
  4. Anugerah Prayoga Sala, untuk mengapresiasi prestasi Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pusat Unggulan Iptek dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.
  5. Anugerah Abyudaya, untuk mengapresiasi prestasi industri dalam pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan dan membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.
  6. Anugerah Adibrata, untuk mengapresiasi prestasi masyarakat ilmiah dalam menghasilkan produk inovasi.
  7. Anugerah Labdha Kretya, untuk mengapresiasi prestasi masyarakat umum dalam menghasilkan produk inovasi.
  8. Anugerah Widya Kridha , untuk mengapresiasi prestasi lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat atas dukungannya dalam mendorong penguatan sistem inovasi.

Adapun pendaftaran Anugerah Iptek untuk kategori Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota/Kabupaten, dan Perguruan Tinggi dibuka secara online sejak tanggal 30 Mei 2018 – 12 Juli 2018 yang dapat di akses pada  (http://anugerahiptek.ristekdikti.go.id)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.