XBlockchain Summit di Bali 9-10 Oktober

0
1876

Jakarta, KomITe- Pertemuan para pemimpin dunia dalam teknologi blockchain dan mata uang digital akan diadakan pada tanggal 9-10 Oktober 2018 di Bali. XBlockchain Summit akan membahas implementasi terbaru dalam blockchain dan bagaimana teknologi ini sedang dan dapat digunakan untuk mendorong perubahan pada berbagai organisasi, termasuk pemerintah, institusi finansial, asuransi, kesehatan, internet of things dan manajemen rantai pasokan.

Dalam beberapa tahun terakhir, investasi global dalam teknologi finansial di Asia berkembang dengan pesat dari US$ 880 juta di tahun 2014 menjadi rata-rata US$ 8.5 miliar dalam periode 2016-2017, dimana banyak perhatian tertuju pada teknologi blockchain. Bahkan sektor swasta maupun publik di Indonesia mulai melihat blockchain sebagai solusi untuk membangun kepercayaan, dan meningkatkan produktivitas serta efisiensi dalam perekonomian terbesar di Asia Tenggara.

Peluncuran XBlockchain Summit tahun ini merupakan momen yang paling tepat, bersamaan dengan waktu dimana pemerintah Indonesia membentuk tim khusus untuk mempelajari bagaimana blockchain dapat menciptakan perubahan dan perkembangan dalam industri finansial maupun organisasi swasta yang juga mengharapkan peningkatan produktivitas melalui adopsi teknologi blockchain.

Diselenggarakan oleh XBlockchain, sebuah organisasi yang berkomitmen untuk membangun platform blockchain yang paling berpengaruh di Asia, konferensi ini terinspirasi dari konsep open innovation dan mempromosikan implementasi dari teknologi blockchain. Organisasi ini memiliki koneksi yang luas, mencakup berbagai lanskap blockchain lokal maupun internasional, baik individu, developer, korporasi, startup, investor, dan organisasi pemerintahan. “Dunia melihat Asia sebagai penggerak utama untuk inovasi dan pertumbuhan dunia digital, khususnya blockchain,” ucap Constantin Papadimitriou, co-founder dari XBlockchain, di Jakarta (30/5).

“Banyak talenta dan pengaplikasian teknologi terbaru datang dari negara-negara di Asia, dan kami sangat bersemangat untuk menunjukkan kepada dunia atas ide-ide baru yang muncul, implementasi nyata dan orang-orang terbaik dalam acara yang bergengsi ini.”

“Negara kepulauan seperti Indonesia pasti akan mendapatkan manfaat yang ada dari setiap pertukaran ide dan inisiatif dalam XBlockchain Summit. Berbagai sektor dan industri, khususnya industri kreatif akan mendapatkan manfaat atas peluang yang muncul dari semakin berkembangnya dunia digital, terutama dengan solusi yang ditawarkan oleh teknologi blockchain,“ ujar Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF).

“Kami dari Bekraf selalu terbuka untuk mengeksplorasi cara-cara baru untuk memperlancar fungsi koordinasi dengan para pelaku ekonomi kreatif dan koordinasi antar instansi pemerintah agar lebih efisien dan efektif. Tentu saja dengan adanya potensi yang cukup terbuka untuk mengadopsi teknologi Blockchain ini lebih luas kedepannya,” tambah Triawan Munaf.

“Peluang untuk blockchain sangat luas karena teknologi ini dapat dengan cepat diadopsi oleh berbagai macam sektor industri,” ujar Steven Suhadi, Ketua Umum Asosiasi Blockchain Indonesia. Mulai dari transformasi manajemen transaksi dalam seluruh layanan keuangan, hingga catatan kesehatan, pengumpulan pajak, pembiayaan rantai pasokan, dan manajemen identitas digital, XBlockchain Summit akan membuat para peserta semakin cepat beradaptasi dengan industri blockchain, perkembangan teknologi, dan regulasi. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.