Data Center XL Raih Sertifikasi PCI DSS Versi 3.2

0
2014

Jakarta, KomIT – XL berhasil meraih sertifikat Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) Versi 3.2 untuk layanan Data Center. Sertifikat ini merupakan standar keamanan informasi yang diakui secara global bagi lembaga yang menangani penyimpanan data pemegang kartu (kartu kredit, kartu debit, dan lainnya).

Dengan adanya sertifikasi PCI DSS ini, maka Data Center XL memastikan diri telah memenuhi standar keamanan informasi yang diwajibkan untuk industri keuangan, khususnya yang berkaitan dengan informasi pemegang kartu kredit dan perbankan. Sertifikat PCI DSS Versi 3.2 yang diterima XL dari PT TUV Reinland Indonesia tersebut juga sekaligus memantapkan XL untuk siap melayani bisnis perbankan di tanah air.

Chief Digital Service Officer XL, Joseph Lumban Gaol, mengatakan bahwa dengan memiliki sertifikat PCI DSS ini maka XL telah siap untuk memberikan layanan kepada perbankan. Khususnya bank penerbitan kartu untuk transaksi perbankan. Secara bisnis, ini cukup strategis karena transaksi dengan menggunakan e-money semakin banyak dipergunakan untuk berbagai traksaksi, baik berupa kartu kredit, kartu debit, juga kartu untuk transaksi dalam nominal kecil. Semakin banyak pula bank yang menerbitkan kartu e-money. Di sinilah XL memantapkan diri untuk terus mengembangkan layanan Data Center untuk melayani kalangan industri yang lebih luas.

PCI DSS juga sangat diperlukan untuk XL sendiri yang memiliki layanan XL Tunai. Regulasi mensyaratkan, XL harus memiliki sertifikat ini jika ingin mengembangakan layanan XL Tunai lebih jauh lagi. Meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat dan bekerjasama dengan pihak Bank akan lebih terbuka. Sertifikat PCI DSS versi 3.2 yang telah diterima oleh XL ini melingkupi layanan co-location dan Data Recovery Center (DRC) untuk XL Data Center Surabaya. Jaminan keamanan standar global ini sekaligus menjadi jaminan kualitas layanan yang bisa diberikan kepada pelanggan pelaku industri keuangan. Bagaimanapun juga keamanan transaksi keuangan menggunakan kartu menjadi bagian yang sangat penting di era less-cash saat ini.

Sementara itu, Direktur TUV Rheinland Indonesia, Abdul Qohar mengatakan bahwa penerapan PCI DSS Compliant bertujuan untuk melindungi informasi pribadi dan keuangan dari ancaman seperti pencurian identitas, serta sebagai bentuk meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan kepada perusahaan dalam hal keamanan data sensitive milik nasabah. Dan salah satu perusahaan yang menerapkan PCI DSS Compliant saat ini adalah PT XL Axiata Tbk. Saat ini XL memiliki Data Center yang berlokasi di Jakarta, Surabaya, Pekanbaru, dan Balikpapan. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.