Soekarno-Hatta Naik Peringkat Dunia di Skytrax Ranking

0
1946
Direktur Airport Service & Facility PT AP II Ituk Herarindri bersama VP Airport Service dan Performance Tommy Ariesdianto serta Assistant VP Robby Saputra saat menerima Skytrax Awards di London, Inggris.

Jakarta, KOMITE.ID – Skytrax Awards, ajang awards kelas global dan prestisius untuk bandara di dunia kembali diselenggarakan dengan menyeleksi dan meninjau 550 bandara terpilih.

Bandara Soekarno Hatta Indonesia menjadi salah satu nomine di Skytrax World Airport Awards 2019. Diumumkan Skytrax, Bandara Soekarno Hatta Indonesia mendapatkan kategori awards: 40th Rank World’s Top 100 Airports, 6th Rank World’s Best Airports by Passenger Number 60 – 70 Million Passenger, 2nd Best Airport in South East Asia dan 10th Best Airport Staff in Asia.

Skytrax mengakui adanya peningkatan pelayanan Bandara Soekarno-hatta. Dari daftar 100 Bandara terbaik di dunia yang tercantum dalam Skytrax World Airport Awards 2019, Bandara Internasional Soekarno-Hatta berhasil naik ke peringkat 40 atau menjadi Top 40 World’s Best Airport in The World. Posisi tersebut lebih baik dibandingkan tahun 2018 yang berada di peringkat 45, lalu tahun 2017 di peringkat 44, dan tahun 2016 di peringkat 63.

Peringkat yang diraih Soekarno-Hatta juga lebih baik bila dibandingkan dengan bandara lainnya seperti Bangkok Suvarnabhumi (46), Toronto Pearson (50), Kuala Lumpur Malaysia (54), Los Angeles (71), Boston Logan (80), Prague (97) dll.

Selain naik peringkat, penghargaan lain diraih Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah Top 10 Best Airport Staff in Asia 2019. Skytrax World Airport Awards 2019 juga menyurvei dan menilai kepuasan traveler terhadap pelayanan dan fasilitas di 550 bandara di seluruh dunia, dan untuk kategori ini Sukarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II mendapat posisi 6th Rank World’s Best Airports by Passenger Number 60 – 70 Million Passenger.

AP II mengutus 3 delegasinya ke London, Inggris, tempat di mana Skytrax Awards kali ini digelar, dipimpin oleh Direktur Airport Service & Facility PT AP II Ituk Herarindri bersama VP Airport Service dan Performance Tommy Ariesdianto serta Assistant VP Robby Saputra.

Beruntung Soekarno-Hatta kembali diakui sebagai salah satu Bandara terbaik di dunia oleh Skytrax. Sebelumnya 6 bandara (Sultan Thaha Jambi, Depati Amir Pangkal Pinang, Sultan Mahmud Baddaruddin II Palembang, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Silangit Siborong-Borong, Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang) di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) juga didaulat sebagai Bandara terbaik versi Airport Council International (ACI) melalui survey Airport Service Quality (ASQ) disepanjang tahun 2018.  Hal ini dapat terealisasi karena AP II selalu menunjukkan peningkatan pelayanan kepada traveler atau penumpang pesawat.

Apresiasi dari para traveler seiring dengan hasil Skytrax World Airport Awards 2019 yang diterima SUTTA merupakan bentuk kerja keras dan komitmen seluruh stakeholder Bandara Internasional Soekarno-Hatta & AP II.

“Seluruh elemen membantu meningkatkan pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, mulai dari internal AP II hingga Maskapai, Bea dan Cukai, Imigrasi, Karantina, Kepolisian, Ground handling, Airnav, TNI, POLRI dan stakeholder lainnya. Kami ucapkan terima kasih atas peran mereka sehingga pelayanan di Bandara meningkat,” ungkap Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin.

“Ke depannya kami menargetkan peringkat Bandara Internasional Soekarno-Hatta di dalam daftar 30 besar Bandara terbaik di dunia dapat terus meningkat sehingga dapat selalu menjadi etalase yang membanggakan bagi Indonesia,” jelas Muhammad Awaluddin.

Berbagai fasilitas baru saat ini juga telah tersedia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta guna meningkatkan pelayanan bagi para traveler. Fasilitas tersebut antara lain Kalayang/Skytrain yang memudahkan perpindahan penumpang antar terminal, kereta bandara, wifi berkecepatan tinggi, baggage handling sistem terkini yang menjamin ketepatan waktu pengantaran bagasi, beragamnya tenant, adanya pelayanan cepat oleh staf bandara menyusul diluncurkannya Digital Officer with Digital Device (DODD).

Disamping itu, traveler juga dapat dengan mudah mencari tahu beragam informasi terkait Bandara Internasional Soekarno-Hatta melalui aplikasi “INairPort”. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mobile check-in, melihat jadwal penerbangan, melihat jadwal transportasi publik, mengetahui tenant komersil di Bandara, melaporkan kehilangan barang atau tas Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Kami optimistis pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan semakin membaik seiring dengan tuntasnya proyek Runway ketiga dan East cross taxiway dalam waktu dekat. Kedua infrastruktur itu akan membuat jumlah penerbangan semakin banyak dan lancar,” pungkas Muhammad Awaluddin.

Ituk Herarindri, Direktur Airport Service & Facility PT AP II

Perjuangan Kartini Ituk & Progres AP II
Perjuangan Ituk Herarindri, Direktur Airport Service & Facility akhirnya membuahkan hasil Awards dan meningkatkan Ranking Airport yang dikelola AP II. Pemerintah pun memberikan mandate kepada AP untuk mengelola 19 bandara yang tersebar dari Banda Aceh hingga Banyuwangi.

Untuk mendapatkan ranking yang bagus di Skytrax, dilakukan proses audit di 4 Bandara & voting di seluruh bandara yang dikelola AP II. Audit dilakukan setiap tahun secara berkala untuk menentukan bintang yang diperoleh dari Skytrax diantaranya: Soekarno Hatta International Airport (3 – Star Airport), Kualanamu International Airport (4 – Star Airport), Sultan Mahmud Badaruddin ll International Airport (4 – Star Airport) dan Sultan Syarif Kasim ll International Airport (4 – Star Airport).

Banyak Progres dan Kemajuan dari AP II di bawah Direktur Pelayanan Airport 2018, 2019 dan yang akan datang. Tercatat, AP II mendapat 72 awards dari dalam Negeri & Luar Negeri.

Untuk mencapai kepuasan pelanggan, pada 2018 PT. Angkasa Pura ll menerapkan program utama Airport Digital Journey Experience dan 2019 ini menerapkan Millennials Airport Travel Experience. Semua program merupakan turunan dari Strategy PT. Angkasa Pura II yang tertuang dalam RJPP (Rencana Jangka Panjang Perusahaan) tahun 2020 yaitu menjadi “The Best Smart Connected Airport in the Region.”

Awards Selain Skytrax di Tahun 2019
Pada awal Maret 2019, Airport Council International (ACI) memberikan penghargaan Airport Service Quality (ASQ) Award 2018 kepada enam bandara PT. Angkasa Pura ll. Total 22 penghargaan akan diberikan setelah ACI melakukan survey ASQ Departures dan ASQ Arrivals kepada para penumpang di 380 bandara yang ada di 90 negara.

Bandara-bandara yang meraih penghargaan tersebut adalah:

  1. Bandara Sultan Thaha – Jambi:
  • Best Airport by Size and Region (Under 2 million passengers in Asia-Pacific)
  • Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)
  • Best Customer Service by Size (Under 2 million passengers)
  • Best Infrastructure and Facilitation by Size (Under 2 million passengers)
  1. Bandara Depati Amir – Pangkalpinang:
  • Best Airport by Size and Region (Under 2 million passengers in Asia-Pacific)
  • Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)
  • Best Customer Service by Size (Under 2 million passengers)
  • Best Infrastructure and Facilitation by Size (Under 2 million passengers)
  1. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II – Palembang:
  • Best Airport by Size and Region (2-5 million passengers in Asia-Pacific)
  • Best Environment and Ambience by Size (2-5 million passengers)
  • Best Customer Service by Size (2-5 million passengers)
  • Best Infrastructure and Facilitation by Size (2-5 million passengers)
  1. Bandara Sultan Syarif Kasim II – Pekanbaru:
  • Best Airport by Size and Region (2-5 million passengers in Asia-Pacific)
  • Best Environment and Ambience by Size (2-5 million passengers)
  • Best Customer Service by Size (2-5 million passengers)
  • Best Infrastructure and Facilitation by Size (2-5 million passengers)
  1. Bandara Silangit – Siborong-borong
  • Most Improved Airport in Asia-Pacific
  • Best Environment and Ambience by Size (2-5 million passengers)
  • Best Customer Service by Size (2-5 million passengers)
  • Best Infrastructure and Facilitation by Size (2-5 million passengers)
  1. Bandara Raja Haji Fisabilillah – Tanjung Pinang
  • Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passangers)
  • Best Infrastructure and Facilitation by Size (Under 2 million passengers)

Piagam penghargaan akan diserah-terimakan oleh Ms. Angela Gitten, Director General of Airport Council International (ACI) di Bali pada bulan September 2019.

AP II terus berupaya agar seluruh Bandara AP II menjadi World Class Airport atau Global Standart Airport. Karena Airport itu merupakan pintu gerbang Bangsa Indonesia, diharapakan dapat memberi kesan yang baik bagi para turis mancanegara serta menjadi kebanggan Bangsa Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, harap Ituk Herarindri. (*)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.