Wisata Taiwan Mulai Ramah Dengan Wisatawan Muslim

0
1160

Jakarta, KomITE – Berdasarkan data dari laman taiwanhalal.com, Saat ini ada sekitar 100 restoran yang terdaftar halal di Taiwan dan bisa dilihat di laman taiwanhalal.com, ditambah lagi ribuan restoran vegetarian yang mudah ditemukan di berbagai tempat, bisa menjadi pilihan yang juga aman bagi wisatawan Muslim.

Wisatawan Muslim yang datang juga tak perlu bingung bermalam, karena ada sekitar 100 hotel di Taiwan yang mendapat label ramah Muslim (muslim friendly), dengan pilihan kamar bertanda kiblat, televisi berkanal keluarga sampai menu halal dan non-alkohol.

Yah, ketika Anda berkunjung ke Taiwan, banyak taman hiburan atau amusement park, resor dan kebun binatang bisa menjadi aktivitas menyenangkan selama liburan. Bahkan, di setiap lokasi taman hiburan yang memiliki roller coaster di Taiwan berbeda satu sama lain, baik model dan panjang lintasan wahana.

Negeri berpenduduk 23 juta jiwa ini memiliki 23 taman hiburan atau amusement park dengan aneka roller coaster yang menantang. Sebut saja di taman hiburan Lihpao Land, Formosan Aboriginal Culture Village dan Jafunsun World. Sedangkan di kebun binatang Wanapi, Anda bisa memberi makan binatang Capybara dan melihat langsung Kangguru di kandang.


Jadi tidak perlu khawatir untuk tetap bersenang dan menjalankan ibadah. Demikian juga hotel di Taiwan kamarnya telah dilengkapi arah kiblat. Hotel West Lake Resortopia misalnya, menyediakan kamar dengan kitab suci Al Qur’an, stiker arah kiblat dan tabel jadwal waktu sholat di salah satu laci meja, toilet basah serta menu makanan halal. “Kami menginginkan lebih banyak lagi wisatawan Muslim berkunjung ke negara kami, khususnya dari Indonesia, Malaysia, dan Muslim dari negara Asia Tenggara lainnya. Kami ingin membuat mereka merasa nyaman di sini,” kata Chairman West Lake Resortopia, Fred Cheng.

Di taman hiburan Westlake Resortopia yang berada di Sanyi kota Miaoli ini Anda bisa melihat kupu-kupu dalam jumlah banyak saat menghisap sari bunga. Selain itu di Westlake bisa minum teh dari hasil kebun herbal yang berada di belakang hotel.

Selain itu, di Hotel Fullon, sebuah hotel bintang empat di sana juga menyediakan musholla. Hotel ini terletak di lingkungan perumahan yang tenang namun ada banyak restoran kecil dan kedai kopi dalam jarak berjalan kaki. Restoran di dalam hotel tersebut menyediakan makanan halal. Kamar besar dan luas dengan jendela besar yang bagus menghadap ke kota.

Sebelumnya, data Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan (TETO) di Jakarta menyebut, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan pada 2017 telah meningkat sebesar 46 persen dari tahun sebelumnya, menjadi lebih dari 189 ribu orang. Kepala TETO John C Chen mengatakan Jumlah wisatawan ini diharapkan terus bertambah, seiring kesiapan Taiwan mengembangkan wisata ramah Muslim.

Apalagi saat ini sudah ada setidaknya delapan masjid besar di Taiwan, misalnya yang tertua Masjid Raya Taipei, lalu ada Masjid Budaya Taipei, Masjid At-Taqwa, Masjid Longgang Zhongli, Masjid Taichung, Masjid Tainan, Masjid Kaohsiung, dan Masjid An-Nur. Selain masjid, tersedia pula musala di sejumlah tempat hiburan dan di tempat umum seperti di pusat pertemuan. (red/Juanda)