Digital Magz

DARI REDAKSI

Jumpa kembali di edisi Kartini, April-Mei 2019 yang ketiga sejak 2017, konsisten menampilkan tokoh wanita Indonesia yang sukses meraih prestasi Award di tataran dunia dan memberi inspirasi generasi muda Indonesia untuk terus berjuang dan maju. Kisah Ituk Herarindri, Direktur Pelayanan Airport, Angkasa Pura II yang kembali sukses membawa pulang Global Skytrax Awards serta konsisten menaikkan rangking airport Soekarno Hatta ditataran Global mengalahkan banyak airport dunia. Ini bukan pekerjaan Sangkuriang, melainkan kerja keras siang dan malam berbulan bulan untuk merubah mindset staff AP II dalam memberikan pelayanan terbaik customer experience kepada pengunjung airport yang tentu dinilai oleh Skytrax, Inggris. Kisah Siti Choiriana panggilan akrabnya ibu Ana, direktur Jasa Pelayanan Konsumen PT Telkom, Kartini yang bertanggung jawab atas meningkatnya kinerja Telkom hadapi persaingan Global. Nathalya Wani Sabu juga pekerja keras dan wani, yang sangat sukses membesar Halo BCA dari sistem tradisional operator call center oleh manusia hingga memanfaatkan chatbot dan AI, terbukti dari banyaknya Awards kelas Global yang diraih untuk Call Center Halo BCA, antara lain ajang Contact Center World (CCW) di Praha. juga Data Governance Awards 2018 untuk Financial industry dari ABDI.

Sedikit nostalgia, Rudi, editor Komite.id bersama Dr. Tantri Narindra mengikuti studi persiapan disertasi bidang Sustainable Development di kampus Universitas State Colorado, AS hingga menyelesaikan studi Doktor S3, Fakultas Ekonomi, Universitas Trisakti. Kini Tantri menjabat sebagai Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar ujung tombak pengembangan, riset dan pembangunan untuk Kabupaten Banjar, Kalimantan. Jovita Bellina rela meninggalkan suply chainnya di Silicon Valley bersama suami menjadi sosok disruptor membangun supply chain industri smartphone dan IoT di Indonesia, di tengah dilema kecenderungan de-industrialisasi, namun juga mendorong Industrial 4.0. Perjuangan berat sosok Bellina harus kita dukung penuh. Dr. Fadhilah Mathar, Direktur Sumber Daya BAKTI Kominfo juga sosok Kartini yang menyiapkan Sumber Daya dan administrasi untuk membangun konektivitas Kementrian Kominfo di daerah 3T (Terluar, Tertinggal, Terdepan) NKRI dengan proyek raksasa Palapa Ring menunjang program Nawacita Joko Widodo. Tinuk Adriyanti, Direktur Layanan Pemasaran dan Komunikasi PANDI merupakan Kartini Cyber yang terus melayani UKM dan Masyarakat agar cinta produk Indonesia & produk Domain.ID. Masih banyak sosok wanita disruptor kelas dunia di Indonesia, antara lain Dr. Sri Mulyani di sektor Perpajakan Ecommerce dan AEoI; Dr. Susi Pudjiastuti Kartini disruptor yang oleh US Senator di Washington disebut sebagai “Wanita yang lebih banyak menenggelamkan kapal dibandingkan US Navy”; Menteri BUMN RI, Ir. Rini Sumarno yang mempunyai kewajiban serta target mencetak laba BUMN Rp 200T. WoW!

Selain Kartini sebagai tema utama, event Blackhat Asia & Oracle Open Forum 2019 di Marina Bay Sands, Singapura dan Indonesian CIO Network (ICION) 2019 di Seminyak, Bali memberikan banyak masukan strategis dan benchmarking dibidang Cyber Security, Hacking, Big Data, Clouds dan AI di Indonesia.

Sejenak bersama Dirjen Aptika Kominfo memperjuangkan agar PP 82/2012 pasal tentang keberadaan Data (Center) di Indonesia, jika direvisi tetap mempertahankan kedaulatan (souvereignty) data RI & Data Center nya tetap di NKRI agar dapat meningkatkan Investasi asing & Perpajakan transaksi OTT Asing di Indonesia serta memudahkan Cyber Law enforcement di NKRI.

Semoga berkenan dan Sukseskan Pemilu 2019 serentak tanggal 17 April mendatang.

Dr. Rudi Rusdiah BE, MA
Chief Editor