Digital Magz

DARI REDAKSI

Persiapan edisi SafeNation – SmartCity – Egov Edisi SafeNation-SmartCity–Egovernment, Juni-July 2019 diramaikan oleh pesta demokrasi Pemilu (17/4/2019) dan Pengumuman hasil Pemilu (22/5/2019), sehingga Redaksi tergelitik mengangkat isu korelasi ICT; Cyberspace; PostTruth; Politik Praktis Pemilu 2019 dengan tema Safe & Smart Nation. Suasana Politik berawal normal dan kondusif. Persiapan logistik Pemilu 2019 berjalan lancar. Namun sayangnya, Pemilu dan Pilkada 2019 yang aman dan damai (17/4), berubah drastis, ketika Kandidat 02 merasa tertinggal dan ada kecurangan sejak Quick Count (QC) dimulai.

QC ditenggarai hanya menguntungkan incumbent, serta mengumumkan QC tandingan dengan kemenangan dipihaknya. Padahal komitmen awal kedua kandidat saat menjadi Capres adalah sabar menunggu pengumuman hasil Real Count (RC) KPU (22/5) yang sah. Namun pengumuman oleh KPU (22/5) dianggap tidak jurdil (jujur & adil) oleh pihak 02 dan mengajak unjuk rasa People Power di depan Baswaslu yang tidak demokratis dan anarkis (21/5), karena tidak melalui jalur MK. Unjuk rasa semakin tidak kondusif. Pesta Demokrasi yang tadinya aman dan kondusif berbalik menjadi Ajang Unjuk Rasa, anarkis dan Chaos, tentu mudah ditunggangi oleh pihak (proxy) yang ingin mengambil keuntungan dari chaos dan perpecahan pesta demokrasi. Edisi Komite.id mencari jawaban atas hypothesis: Apakah teknologi memiliki peran sehingga terjadi kondisi dua skenario cerita dan tolak ukur (post truth) berbeda tentang hasil Pemilu? Apakah fenomena Post Truth dan Disrupsi Teknologi mempengaruhi Pesta Demokrasi? Mengapa Sosmed dan Instant Message Whatsapps harus disensor untuk menghindari Asimetrik War by Proxy, Post Truth dan Chaos di lapangan?

Selamat dan sukses kepada PT Telkom Indonesia yang menggelar RUPS dan susunan direksi baru dengan Dirut Ririek Adriansyah, yang sebelumnya Dirut PT Telkomsel. PT Telkomsel juga menggelar RUPST menghasilkan susunan direksi baru dan kembali memiliki dirut wanita, Emma Sri Martini, dimana dirut pertama juga wanita, Koesmarihati Koesnowaro, rekan Komite.id di Mastel. Edisi depan Agustus-Sept 2019 HUT RI ke 74, Komite.id akan mengangkat advertorial dari kedua pimpinan perusahaan Telco tersebut.

Dari Istana Negara, Presiden Joko Widodo melantik LetJend TNI (Pur) Hinsa Siburian sebagai Kepala BSSN menggantikan MayJend TNI (Pur) Dr. Djoko Setiadi, sahabat Komite.id yang rajin tampil dari sejak terbentuknya BSSN. Komite.id juga akan interview Kepala BSSN pada edisi Kedaulatan Data, Cyber dan Digital edisi HUT RI 2019 ke 74 mendatang.

Seluruh redaksi Komite.id, ABDI, Micronics Group turut berduka cita atas meninggalnya Ibu Negara RI (2004-2014) Kristiani Herrawati Yudhoyono.

Dua Event Regional Global akbar diselenggarakan oleh Delegasi Tiongkok, menggambarkan bagaimana Tiongkok melihat prospek ekonomi Indonesia yang sangat baik di tengah perang dagang antara dua raksasa Tiongkok dan Amerika Serikat. Diantaranya South East Asia Blockhain Alliance & Summit, 25 Mei 2019 di Hotel Mulia dan China (Shenzhen) – Indonesia (Jakarta) Economics & Trade Cooperation Conference, 27 Mei 2019 di Hotel Mercure Kemayoran.

Komite.id dan ABDI menggelar training intensif “Big Data Apache Hadoop” pada 29-31 Juli 2019 di Sentra Senayan I Oracle Office dan penerbitan buku “Big Data Analytics Ecosystems & Solutions dengan Apache Hadoop” awal Agustus 2019 dengan pakar penulis Furqonuddin Ramdhani, Indra Utoyo, Komang Arjasa, Rudi Rusdiah. Artikel sponsor oleh Oracle Indonesia dan PostgreSQL (Equinix). Kata Sambutan oleh Rudiantara Menteri Kominfo dan Anang Latief Dirut BAKTI Kominfo.

Sampai jumpa di booth Komite.id & ABDI di Smart City Expo & Forum, JCC, 17-19 July 2019, Connectec Asia 18-20 June 2019 & RSA.

Dr. Rudi Rusdiah BE, MA
Chief Editor