Pameran Startup I3E Digelar Oktober Mendatang

0
254

Jakarta, Komite.id- Sebanyak 396 peserta siap meramaikan Pameran Startup Teknologi dan Inovasi Industri Anak Negeri (I3E) yang akan digelar oleh Dtjen Penguatan Inovasi, Kemristekdikti pada  3 – 6 Oktober 2019 di Hal B, JCC Senayan, Jakarta.

Sejumlah 500 investor juga diundang untuk menghadiri perhelatan ini. Mereka diharapkan dapat melakukan business meeting dengan para startup peserta pameran ini. Event  I3E bertema “Startup Teknologi dan Inovasi Industri Meningkatkan Daya Saing Bangsa” ini, bertujuan untuk mempromosikan produk-produk inovasi teknologi hasil karya anak bangsa kepada masyarakat luas.

“Kemenristekdikti ingin hasil inovasi dari para inovator benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat dan menumbuhkan sektor industri, khususnya dalam menjawab tantangan dan peluang di era Revolusi Industri 4.0,” ungkap  Dirjen Penguatan Inovasi Jumain Appe didampingi  Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), Retno Sumekar, dalam acara Press Conference I3E 2019 di Jakarta, (10/9).

Untuk lebih memeriahkan event tahunan ini, selain memamerkan hasil-hasil inovasi, dalam pameran kali ini juga menghadirkan kegiatan lainnya, seperti; seminar bisnis dan teknologi, speed dating, talkshow bisnis, bisnis coaching, dan kompetisi ide Teknologi.

Lebih lanjut Jumain Appe menambahkan, pameran ini juga merupakan salah satu upaya hilirisasi hasil produk penelitian dan pengembangan (litbang) menuju komersialisasi produk untuk meningkatkan produktivitas industri.

“Dengan hilirisasi hasil inovasi teknologi menuju komersialisasi, diharapkan lahir produk-produk baru dari para startup teknologi yang dibina oleh Kemenristekdikti ini,’ ujar Jumain.

Seperti  diketahui, sejak 2015, kementerian telah melaksanakan program penumbuhkembangan wirausaha rintisan berbasis teknologi dan hasil Lembaga Peneltian dan Pengembangan (Lemlitbang) yang dimanfaatkan industri.

Adapun di periode lima tahun terakhir ini, Dtjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti berhasil melakukan pembinaan dan penumbuhan startup teknologi yang berasal dari Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengembangan, Industri, serta masyarakat umum.

Total ada 1.307 startup teknologi. Rinciannya 749 startup teknologi atau Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), 558 calon startup atau Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), dan 15 inovasi industri. (red/win)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.