Science For All DKI Menyapa Jakbar

0
155

Jakarta, Komite.id- Pusat Peragaan Iptek (PP-Iptek),  Kemenristekdikti  bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 & 2 Jakbar menggelar Science for All (SFA) DKI Jakarta, Wilayah Jakbar pada 29 – 31 Oktober 2019 di SMKN 53 Jakbar.

Direktur PP-Iptek, M. Syachrial Annas mengatakan SFA di wilayah Jakbar merupakan rangkaian kegiatan SFA DKI Jakarta. Sebelumnya, SFA DKI Jakarta telah digelar di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan terakhir di Jakarta Utara pada akhir November 2019. SFA sudah dilakukan di berbagai daerah seperti di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Bali dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24.

Kegiatan SFA, lanjutnya, bertujuan untuk memperkenalkan Iptek seluas-luasnya kepada siswa, guru, dan masyarakat melalui pendekatan alat-alat peraga sains interaktif dan kegiatan sains lainnya secara menarik dan menyenangkan.

“Alat-alat peraga sains interaktif harus dicoba oleh pengunjung agar dapat terlihat fenomena sainsnya dan pengunjung dapat bermain sambil mendapatkan pengetahuan sains yang baru,” kata Syachrial saat pembukaan SFA di SMKN 53 Jakbar pada Selasa (29/10).

Pembukaan SFA di Jakbar dibuka secara resmi oleh Direktur PP-Iptek dan Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakbar. Pembukaan SFA dihadiri Kepala Suku Dinas Wilayah Kota Madya DKI Jakarta, serta para Kepala Sekolah di wilayah Jakbar.

Lebih lanjut Syachrial menerangkan bahwa SFA merupakan sebuah kegiatan pameran alat-alat peraga yang bersifat mobile atau portable bertema sains dan teknologi. SFA di Jakbar diisi dengan berbagai kegiatan seperti Alat Peraga Interaktif, Self Balancing Wheel, Demo Science, Science Corner, dan Mini Workshop.

PP-Iptek membawa sebanyak 43 alat peraga interaktif yang dapat pengunjung coba secara langsung seperti alat peraga Self Balancing Wheel, Gyro Extreme, Generator Van De Graff, Tebak Tanggal Lahir, Halilintar, Piano Angklung, dan alat peraga menarik lainnya.

Program Demo Science menampilkan fenomena-fenomena sains atraktif dengan melibatkan pengunjung sehingga menjadi sebuah kegiatan sains yang menarik dan interaktif. Sementara, Science Corner menyajikan kegiatan sains dengan bahan-bahan sederhana yang menantang mereka untuk berpikir dengan ilmu sains.

PP-Iptek juga menyajikan Mini Workshop dimana pengunjung membuat hasil karya dengan memadukan sains dan seni seperti membuat Doodle on Bag, DNA Origami, Polygonal, Stick Puppets, Aquarium Datar, serta Roket Kertas. Pengunjung dapat membawa pulang hasil karya yang telah dibuatnya.

Kegiatan menarik lainnya, demonstrasi peluncuran roket air yang menampilkan eksperimen sederhana dengan bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita seperti botol plastik berkarborasi yang diisi oleh tekanan dan air sebagai bahan pendorong sehingga menjadi aplikasi sederhana dari Hukum Newton dan mengungkap sisi lain dari sains.

Syachrial berharap SFA dapat membuka lebih luas wawasan dan pemahaman Iptek masyarakat di wilayah DKI Jakarta terutama wilayah Jakbar, khususnya pelajar dan memperkuat kapabilitas pendidik dalam menciptakan media pembelajaran Iptek di sekolah.

“SFA juga menjadi ajang promosi PP-Iptek sebagai science center pertama di Indonesia dan salah satu wahana pembelajaran Iptek bagi masyarakat, khususnya generasi muda yang memiliki peran strategis dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia sesuai dengan visi dan misi negara,” pungkasnya.(red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.