Adjust: Bantu Marketer Targetkan Pengguna Aplikasi yang Tepat

0
226

Jakarta, Komite.id- Adjust, pemimpin industri dalam pengukuran seluler, pencegahan penipuan dan keamanan siber, hari ini merilis Peta Pertumbuhan Seluler perdananya. Laporan global – yang mengacu pada data dari hampir 3.500 aplikasi yang dirilis pada 2018 – grafik pertumbuhan, retensi dan metrik kunci lainnya. Peta ini juga memecah data di 31 negara dan empat vertikal industri (E-commerce, Hiburan, Permainan dan Utilitas) untuk mengungkapkan seberapa baik kinerja aplikasi.

Peta Pertumbuhan Seluler menggunakan Skor Pertumbuhan, metrik baru yang dikembangkan oleh Adjust untuk memetakan kenaikan aplikasi di pasar global. Metrik unik ini dihitung dengan membagi total pemasangan aplikasi per bulan dengan jumlah pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users – MAU) untuk setiap vertikal dan negara untuk mengungkapkan tingkat pertumbuhan dari pemasangan relatif terhadap basis MAU.

Menumbuhkan basis pengguna aplikasi Anda adalah bagian penting dari persamaan pertumbuhan, tetapi di pasar di mana sebagian besar aplikasi adalah sejarah hanya 24 jam setelah pemasangan, marketer perlu lebih fokus untuk melibatkan dan mempertahankan pengguna tersebut,” kata Paul H. Müller, salah satu pendiri dan CTO dari Adjust.

Dilanjutkan Paul, untuk meningkatkan keterlibatan, dan memperpanjang umur aplikasi, marketer harus membangun kemampuan berbasis data untuk menargetkan pengguna yang ingin mengaduk dan menargetkan mereka pada titik-titik kritis jauh sebelum tingkat retensi memulai penurunan yang tak terhindarkan.

Dilengkapi dengan wawasan yang ditawarkan dalam Growth Map, marketer di semua vertikal dapat merancang strategi retensi yang efektif. Lebih penting lagi, mereka dapat mengamati tindakan audiens untuk mengidentifikasi pengguna bernilai tertinggi dan mengoptimalkan pengeluaran iklan untuk meningkatkan pertumbuhan aplikasi.

Data menyebutkan, Asia Pasifik memimpin dengan pertumbuhan yang kuat dan siap untuk naik. Vietnam, Thailand dan Myanmar adalah tiga negara dengan pertumbuhan tercepat. Amerika Latin berada di posisi kedua, dengan Brasil dan Kolombia berada di posisi lima.

Sedangkan permintaan untuk aplikasi Gaming dan aplikasi E-commerce terkuat di Amerika Latin. Faktanya, empat dari lima negara dengan pertumbuhan tercepat untuk aplikasi Gaming berada di Amerika Latin. Secara keseluruhan, Game mendominasi jumlah pemasangan (33%), waktu yang dihabiskan pengguna dalam aplikasi (10%) dan jumlah pengeluaran iklan (74%). Secara signifikan, Amerika Latin juga mendominasi permintaan aplikasi E-commerce, dengan Meksiko, Chili dan Kolombia menikmati pertumbuhan tertinggi dalam industri ini.

Disisi lain, aplikasi hiburan dengan cepat mendapatkan daya tarik. Vietnam, Rusia, dan Thailand menempati posisi tiga teratas dalam angka pertumbuhan. Pertumbuhan ini kemungkinan didorong oleh permintaan untuk layanan streaming video, yang diperkirakan akan terus meningkat sebagai raksasa industry.

Tak kalah penting, aplikasi Utilitas merupakan aplikasi yang tumbuh cepat di Indonesia. Indonesia adalah pasar pembangkit tenaga listrik yang dipicu oleh popularitas aplikasi video dan layanan streaming. Ini sesuai dengan temuan-temuan dalam laporan Adjust Global App Trends 2019 yang dirilis pada bulan Mei, yang menyebut Indonesia “pasar dengan pertumbuhan tercepat.” Seiring dengan Hiburan dan Permainan, Utilitas adalah vertikal yang tumbuh cepat di negara ini. Khususnya, kinerja Utilities didorong oleh penggunaan aplikasi cuaca secara aktif. (red/ju)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.