Di Sela Sidang PBB, Rudiantara Sempatkan Dialog dengan Menteri UAE

0
184

Jakarta, Komite.id- Di sela-sela  Sidang Umum PBB ke-74 yang berlangsung di Markas Besar PBB (UN General Assembly), Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara yang akrab disapa Chief RA menyempatkan waktu untuk dialog bilateral dengan H.E Omar bin Sultan Al Olama, Kementerian Artificial Intelligence (Minister of State for AI) di PBB, New York (28/09/2019).  Berikut informasinya:

“Kami membicarakan ketertinggalan sektor Pemerintah (pada umumnya di seluruh dunia) terhadap korporasi terutama global dalam pemanfaatan teknologi seperti BDA (Big Data Analytics) dan AI (Artificial Intelligence). Karenanya diharapkan akhir 2020 akan diadakan World Government Summit yang bertujuan mengurangi gap yang ada. UAE juga menaruh perhatian besar terhadap perkembangan ekonomi digital Indonesia, karena UAE mempunyai aset finansial namun pasar yang berkembang paling cepat adalah di Asean” ujar Chief RA kepada Rudi Rusdiah melalui saluran Whatsapps disela acara mendampingi Dr Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI berkunjung ke sidang umum PBB di New York bersama DelRI.

Belum lama Chief RA bersama tim DELRI antara lain memboyong dua unicorn Indonesia, Tokopedia dan Traveloka juga melakukan kunjungan ke Arab Saudia dan bertemu dengan Pemerintah Arab Saudi, Rabu (3/7). “Kedatangannya ini untuk melakukan tandatangan kerjasama Pemeirntah Indonesia dan Arab Saudi untuk memperkuat ekonomi digital kedua negara. Tokopedia dan Traveloka secara kkhusus datang untuk berbagi pengalaman sukses nya unicorn ditanah air secara langsung untuk berbagi pengalaman dengan Pemerintah Saudi” ujar Rudiantara dalam pernyataan resminya.

Menurut Rudiantara upaya kemitraan ini diharapkan dapat mendorong visi Indonesia menjadi Energi Digital Asia 2020 dan menguatkan dukungan Indonesia pada pencapaian Visi 2030. Mengingat seperti Indonesia dimana sudah menjadi net exporter minyak hari ini, Saudi pun menyadari 40 tahun kedepan cadangan minyaknya juga akan mulai berkurang dan harus sudah tidak mengandalkan sektor enerji. Arab Saudi yang terus memperkuat pengembangan sektor industri nonminyak seperti ecommerce dan pariwisata yang akan dibuka secara luas. Kerja sama ini juga mendorong terjadinya investasi Arab Saudi pada sektor digital untuk pengembangan startup unicorn baru di Indonesia maupun di Riyadh.

Chief RA sejak 2018 mendukung ABDI (Asosiasi Big Data & AI) menyelenggarakan acara DataGovAI 2019 Summit, Awards dan Expo di JCC tanggal 6-8 November, 2019. DataGovAI 2019 adalah ajang diskusi, kolaborasi terkait Big Data, Data Analytics, Data Governance dan AI (Artificial Intelligent). Data Governance menjadi isu penting setelah Bapak Presiden merilis Perspres 39/ 2019 tentang Satu Data Indonesia dan juga salah satu RUU Perlindungan Data Pribadi yang masuk prolegnas, namun sepertinya akan diulang untuk Proglegnas DPR Komisi I periode 2019-2024.

Chief RA juga ikut mendorong rekan rekan di ABDI untuk menulis sebuah buku berjudul Big Data teknologi dan platform Hadoop yang akan diluncurkan bersamaan dengan acara DataGovAI 2019. (RR)

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.