ABDI Gelar Big Data Hadoop Training 3 Hari

0
390

Jakarta, Komite.id- Asosiasi Big Data & AI  (ABDI) dan Majalah Komite.id menggelar training  Big Data Hadoop atau Big Data With Analytics Training pada Senin (29/7). Training Big Data kali ini dibuka oleh Ketua Umum ABDI, Dr Rudi Rusdiah. Training dilaksanakan selama tiga hari mulai Senin (29/7) sampai Rabu (31/7) di Sambara Resto, Jalan Cipete Raya, Jakarta.

Dalam pembukaan Training Big Data Hadoop, Rudi Rusdiah mengatakan bahwa pemanfaatan big data merupakan hal yang tak terhindarkan di era disrupsi teknologi dan kedepan penggunaan big data akan lebih masif lagi di berbagai sektor.

Menurut dia, ada dua organisasi atau perusahaan yang memiliki banyak data. Salah satu yang kuat di industri adalah Telkom. Sekarang, ada 146 juta orang yang terhubung di Internet di Indonesia, sedangkan 196 juta orang memiliki telepon seluler. Sementara itu, di perbankan misalnya, BRI memiliki jutaan rekening tabungan. Perusahaan-perusahaan ini memiliki data yang sangat besar.

Kegiatan yang dihadiri oleh 25-30 peserta ini diawali dengan pemaparan dari  pemateri Furqonudin  Ramdhani dari Universitas Budi Luhur  yang membahas mengenai teknologi Hadoop. Pada sesi ini, pemateri memaparkan tentang  Hadoop atau Apache Hadoop  yang merupakan salah satu implementasi dari Big Data.

Adalah Microsott, Oracle, IBM telah memasukan produk Hadoop dalam portofolio produknya. Hadoop dianggap  mampu menyelesaiakan permasalahan yang berkaitan dengan Big Data. “Hadoop adalah sekumpulan software atau software framawork  yang saling bekerja sama untuk mengolah data,” ujar dia. Selain Furqonuddin, pemateri lainnya adalah Ramzi Efendi dan Trigantoro Bramaningtyas.

Salah satu peserta training, Nia dari Indomaret Group  mengaku bahwa perusahaanya belum pernah implementasi teknologi baru  (Hadoop) . Melalui training Big data ini, dia mengaku ingin mengetahui sejauh mana penerapan teknologi  Hadoop yang katanya terbilang baru ini  bisa mepercepat proses volume data perusahaan yang besar.

Sementara Noval Amar dan Muhamman Taufan  dari Fiberstar mengaku akan mencoba mengimplemntasi Hadoop dari small data ke big data. Dia juga ingin mengetahui perusahaan mana saja yang sudah menggunakan Hadoop . “Harapan saya mengikuti training ini, ingin mengetahui lebih dalam ekosistem dari  Hadoop sampai visualisasinya,” kata Taufan. (red)

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.