CyberFest HUT BSSN 2019: Melindungi Kedaulatan NKRI di Ranah Siber

0
210

Jakarta, Komite.id – Memperinagati Hari Ulang Tahun ke-73, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan kegiatan “CyberFest BSSN 2019” dengan tema “BSSN Untuk Indonesia”.

Acara digelar Sabtu (27/4/2019) di Live Space SCBD Lot 8, Kebayoran Baru Jakarta, merupakan acara puncak kegiatan Hari Ulang Tahun BSSN yang digelar sejak 4 April 2019. Merupakan sebuah bentuk bukti cinta dan bakti BSSN kepada bangsa dan negara.

Kepala BSSN Djoko Setiadi membuka langsung acara yang dihadiri ratusan kaum milenial, para stakeholder/mitra komunitas siber, ragam asosiasi dan Federasi serta Himpunan juga persatuan yang ada hubungannya dengan dunia digital.

Hadir juga beberapa kepala dinas dari Pemda daerah, yang mengurusi komunikasi dan Victoria Goverment serta para sponsor acara dari kalangan swasta dan BUMN.

Dalam sambutannya, Djoko menuturkan penyelenggaraan acara ini merupakan acara puncak kegiatan Hari Ulang Tahun BSSN pada 4 April 2019.

“Tema BSSN untuk Indonesia pada CyberFest ini yaitu BSSN mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber, bersinergi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan mewujudkan keamanan nasional,” papar Djoko.

Djoko juga berharap CyberFest bisa memberikan ruang kepada seluruh entitas dalam keamanan siber untuk berpartisipasi dan berkolaborasi secara aktif memberikan kontribusi bagi terciptanya keamanan dan ketahanan siber Indonesia.

Melalui acara ini diharapkan mampu membawa pesan kepada seluruh elemen masyarakat bahwa Merah Putih dan Pancasila merupakan ideologi dan nilai yang mempersatukan, meskipun era globalisasi dan post-modernisme dan tantangan kemajuan teknologi terkadang mengganggu nilai-nilai dan pola pikir generasi kekinian.

“Di dunia fisik maupun di dunia maya NKRI dan Pancasila merupakan harga mati.‎ Melalui CyberFest ini, BSSN menyuarakan pesan yang jelas dan tegas kepada seluruh komponen bangsa dan negara, bahwa dalam melindungi kedaulatan NKRI di ranah Siber,” ungkapnya.

Dalam rangkaian CyberFest ini juga digelar seminar cyber security yang terdiri dari Hogh Level Talks bertemakan Indonesia Cyber Security Uppdate dengan narasumber dari BSSN, Kemenkominfo, Baleg DPR dipadu olah Prof Dr Kalamullah Ramli.

Yang tidak kalah menarinya adalah Milenial Talks, dipantu oleh Pandji Pragiwaksono dengan narasumber Agung Yudha (Publiic Policy Lead Twitter Indonesia) serta artis Dimas Beck dan Chelsea Islan.

Sesi tersebut membahas tentang Internet Fun and Secure yaitu budaya keamanan siber, faktor teknologi dan faktor lingkungan terhadap generasi milenial dalam memanfaatkan ruang siber, serta dampakya.

Sementara itu, Ardi Sutedja K, Ketua dan Pendiri Indonesia Cyber Security Forum (ICSF), yang turut hadir pada acara ini menyebutkan, kami hadir dengan memiliki komitmen, mendukung dan memajukan program-program pembangunan dan pembinaan keamanan siber nasional bersama BSSN. (WS)

 

 

 

 

 

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.