10 Startup asal Jatim Masuk Inkubasi Appcelerate

0
1513

Jakarta, Komite – Lintasarta, Sebagai perusahaan Information & Communication Technology (ICT) kembali menegaskan akan memberikan solisi terbaik untuk menjawab tantangan industri digital yang diwujudkan dengan program Appcelerate, berkerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Appcelerate program bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi teknologi digital di kalangan mahasiswa, dosen, maupun alumni. Lama waktu program ini juga diketahui akan berlangsung selama 6 bulan, yang sebelumnya sudah dimulai dengan kegiatan Kick Off, Industry Parallel Session, dan terakhir Startup Pitching yang dilaksanakan pada (9/11) di Worklink ITS Surabaya.

Appcelerate yang diselenggarakan di ITS Surabaya, ialah sebuah program inkubasi dan akselarasi yang mengemban tugas dalam pengembangan iklim startups di wilayah Jawa Timur. Nantinya dampak yang ingin ditampilkan ialah memperbesar peluang startup untuk menjalankan usahanya secara mandiri dan berkesinambungan. Dengan mengusung tema “Designing Solutions to Industrial Problems through Campus-Based Development” isu utama yang jadi titik perhatian adalah penyelesaian perkara industri perbankan atau non perbankan, dan Smart City.

Dalam pelaksanaan di tahap awal, Appcelerate ITS telah diikuti 110 startups yang beranggotakan mahasiswa dan alumni. Selanjutnya tahap seleksi yang dilakukan ialah uji administrasi, dan terpilih 25 startups untuk Pitching dihadapan para mentor. Appcelerate Program Director, Ryo Naldho, menjelaskan dari sekian proses yang dilakukan, para peserta sudah menampakan kematangannya untuk bisa mendesain produknya agar memiliki nilai sosial dan juga dimata bisnis.

“Setelah melalui proses screening proposal dan pitching di depan para mentor dari Lintasarta, ITS dan Industry Expert, sebanyak 10 tim terbaik akan mendapatkan bantuan pendanaan awal. Dana ini ditujukan untuk mengembangkan ide atau purwarupa agar menjadi sebuah produk akhir yang siap untuk dipasarkan,” ucap Aldo sapaan akrab Ryo Naldho.
Selain mendapatkan pendanaan, ke-10 tim berikut akan mengikuti program inkubasi dan akselerasi yang melibatkan para mentor dari Lintasarta, Industry Expert dan ITS Surabaya.

Untuk itu, berikut adalah 10 startup yang masuk ke tahap inkubasi melalui program Appcelerate:
1. FishGator, startup yang berfokus pada platform IoT untuk perikanan.
2. Dompet Dinar, startup bergerak di industri teknologi finansial
3. PixSp, IoT-based startup dengan salah satu produknya payment system
4. Sidakdebitur, startup yang dapat memberikan credit assessment debitur
5. SMES, startup yang bergerak dalam manajemen peringatan dan evakuasi banjir menggunakan IoT teknologi
6. Digigov, startup yang mengembangkan pengelolaan teknologi keuangan di pemerintahan tingkat desa dan kota
7. Zeniora, startup yang bergerak dalam bidang manajemen sekolah
8. Guarddio, startup yang mengembangkan solusi smart surveillance
9. Everchat, startup yang mengembangkan aplikasi chatbot dengan AI teknologi
10. HOMS, startup yang fokus pada energy management system

Program inkubasi akan berlangsung dari November 2018 – Maret 2019, dilanjutkan dengan presentasi final rencana bisnis masing-masing tim yang akan dilaksanakan pada akhir Maret 2019. Tiga tim terbaik berkesempatan untuk memenangkan dana dengan total ratusan juta rupiah yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.