Luncurkan VIDA Chatbot, Upaya Transformasi Layanan Digital POS Indonesia

0
2119

Jakarta, KomITe.ID – POS Indonesia semakin percaya diri menyasar segmen milenial di tengah upaya perseroan dalam merelevankan seluruh kebutuhan bisnisnya seturut tren dan perkembangan jaman dengan meluncurkan layanan chatbot.

Kebutuhan layanan yang prima bagi customer menjadi focus pelayanan digital Pos Indonesia dari upaya peluncuran layanan Chatbot ini. Sebagaimana diungkapkan oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Gilarsi W. Setijono, pada acara peluncuran layanan yang digelar di Kantor Pos Regional IV, Jl. Kesenian Jakarta (8/5).

“Dengan diluncurkan chatbot lni merupakan salah satu langkah transformasi digital Pos Indonesia dalam memberikan layanan yang lebih efektif, efisien, dan customer-oriented dan sebagai upaya perusahaan dalam merelevankan seluruh kebutuhan bisnisnya ke depan. Hal ini dikarenakan layanan ini dapat memberikan kemudahan akses bagi pelanggan sekaligus merupakan bentuk adaptasi Perseroan terhadap tren dan kebutuhan layanan contact center modern,” ujarnya.

Gilarsi W. Setijono, Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), saat peluncuran VIDA Chatbot, Jakarta (8/5)

Chatbot merupakan software yang dirancang khusus untuk mensimulasikan percakapan dengan satu atau lebih manusia baik secara audio atau teks lalu mereka akan mengirim kembali (merespon) sesuai kebutuhan yang kita inginkan.

Chatbot ini terintegrasi kedalam program pesan seperti Facebook Messenger, Telegram dan Line. Chatbot bisa merespon kebutuhan akan informasi dan keluhan pelanggan terhadap layanan Pos Indonesia. Layanan ini berfungsi sebagai customer service virtual yang dapat melayani pelanggan selama 7×24 jam yang ditanamkan pada berbagai platform messaging seperti di Line di @posindonesia, Telegram di @posindonesia_officialbot, Facebook Messanger di @posidn.care dan melalui Web Widget yang tersedia di website resmi Pos Indonesia.

“Terdapat tujuh menu pilihan telah disiapkan, untuk membantu mendapatkan informasi tentang layanan Pos bagi pelanggan yakni informasi tentang info layanan Pos, alamat Kantor Pos, jam buka Kantor Pos, tarif pengiriman, lacak kiriman, informasi kode pos dan pengaduan layanan Pos.  Sedangkan untuk layanan PON dan Layanan Pick Up masih dalam proses penyelesaian,” tandas Gilarsi.

Selama ini, jika kita menginginkan informasi tentang alamat Kantor Pos, cara lama tentu melalui googling sampai akhirnya muncul informasi yang kita inginkan. Ini kurang praktis, membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan chatbot, kita cukup menyampaikan informasi lokasi (kota/kecamatan/kelurahan), maka dalam hitungan detik alamat Kantor Pos yang diminta akan tersaji lengkap beserta petanya.

Dimungkinkan pula layanan pengaduan pelanggan, dimana pelanggan dapat langsung berkirim pesan dengan agent customer care secara online setiap hari Senin – Sabtu pada pukul 06.00 hingga pukul 22.00 dan pada hari Minggu pada pukul 09.00-17.00, sehingga semua keluhan pelanggan dapat segera dituntaskan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.