Serba Mulia Auto Adopsi solusi Oracle Fusion Cloud

0
236

Jakarta, KomITe- PT. Serba Mulia Auto, grup perusahaan UMKM yang bergerak di sektor otomotif dan jasa keuangan, mulai mengaplikasikan teknologi informasi berbasis Cloud dari Oracle. “Kami senang dan puas bekerjasama dengan Oracle dan yakin keputusan untuk menerapkan solusi Oracle ini dapat membantu kami memajukan bisnis serta meningkatkan daya saing,” sebut S.A Lunarso, Presdir PT Serba Mulia Auto, ,didampingi Amit Suxena, Vice President of Applications dari Oracle ASEAN di Jakarta, (24/4).

S.A Lunarso menjelaskan, Serba Mulia Auto memutuskan untuk mengadopsi solusi Oracle Fusion Cloud, yang termasuk ERP, CRM, dan HCM, yang nantinya bisa diupgrade dan disesuaikan ke AI serta machine learning secara mudah. “Awalnya, keputusan ini mendapat banyak keraguan secara internal, terutama karena Oracle adalah nama yang besar dan kekhawatiran bahwa solusi ini terlalu canggih dan tidak cocok dengan sistem yang sudah ada,” tambahnya.

Sementara itu, menurut Amit Suxena, Oracle Corporation fokus menggarap sektor cloud di pasar Indonesia sejak tiga tahun lalu. Awalnya, saat memasuki pasar cloud di negara ini, perusahaan masih mengalami kebingungan mengenai apa itu cloud, apa manfaatnya, dan bagaimana cara penerapannya. “Sekarang ini, cloud menjadi elemen penting dalam transformasi digital, menjadikan Oracle sebagai pionir dan yang paling berpengalaman dalam menyediakan teknologi cloud kepada dunia bisnis,” katanya.

Hal ini, lanjut Amit Suxena, sejalan dengan laporan dari IDC yang menyatakan bahwa di tahun 2021, diperkirakan sekitar 20% perusahaan di Indonesia akan memiliki strategi menuju digital dan saat ini terdapat 3.7 juta UMKM yang mengarah ke transformasi digital. Pemerintah juga menetapkan target untuk menjadikan 8 juta UMKM go-digital, bukan hanya untuk meningkatkan kinerja bisnis dan operasional, namun juga efisiensi.

Penerapan solusi Oracle Financial Cloud merupakan salah satu visi dan misi dimana PT Serba Auto memerlukan sistem informasi yang akurat, terintegrasi dan tepat waktu serta mampu mendukung mobilitas karyawannya. Selain itu, PT Serba Mulia Auto memiliki visi untuk menjadi perusahaan distribusi dan keuangan pilihan utama dengan misi mampu memberikan layanan yang excellent bagi pelanggan.

Serba Mulia Auto ini memiliki 15 unit bisnis dan mulai menggunakan Oracle Cloud di salah satu bisnis otomotif mereka, yaitu sebagai dealer Daihatsu. Tujuan utama untuk memulai transformasi digital ini adalah untuk mengintegrasi dan mengharmonisasikan seluruh back-end di unit bisnis mereka.

Sebelumnya, dengan laporan keuangan tradisional, mereka mengalami banyak celah dan pos gantung serta invoice yang berceceran, yang tentunya memakan banyak waktu untuk menghasilkan satu laporan komprehensif ataupun keputusan bisnis. Perusahaan ini pernah membangun sistem ERP sendiri, namun biayanya terlalu tinggi karena mereka harus membangun infrastrukturnya dan menjadi sangat tergantung dengan penyedia software.

Serba Mulia Auto, memilih Solusi Cloud Oracle Financial Cloud untuk penghematan biaya infrastruktur IT serta lisensi sejalan dengan tujuan perusahaan atas penerapan teknologi yang mumpuni untuk meningkatkan efisiensi operasional serta pelayanan ke pelanggan. Oracle sebagai perusahaan Cloud, membawa solusi Cloud yang komplit untuk kebutuhan perusahaan makro ini agar bisa bersaing dan tidak ketinggalan dalam proses Transformasi Digital.

Dalam prediksi tahun ini, lembaga riset IDC menyorot bahwa hanya 8% perusahaan di Indonesia yang sudah melakukan transformasi digital dan merasakan manfaatnya. Saat ini perusahaan di Indonesia masih dalam tahap mengeksplor teknologi dan model bisnis yang potensial. Padahal, untuk bertahan di tengah-tengah perekonomian digital atau biasa disebut Digital Transformation (DX) ini, pemimpin bisnis harus fasih digital. Perusahaan sebaiknya memanfaatkan teknologi dan mengintegrasikannya ke dalam strategi perusahaan.

Serba Mulia Auto merasakan sejumlah manfaatnya, antara lain:

 Kemudahan untuk diupgrade dan dimigrasi ke bisnis lain
 Administrasi yang lebih aman dan risiko operasional yang lebih sedikit
 Tidak begitu bergantung pada penyedia software
 Fleksibilitas untuk diterapkan di unit bisnis baru
 Kemampuan untuk mempelajari perilaku pelanggan dari solusi Oracle
 Closing time yang lebih cepat karena datanya lebih akurat
 Meningkatkan daya saing di antara dealer lain, karena Serba Mulia Auto dipandang memiliki sistem backend yang lebih terpercaya
 Investasi yang lebih efisien, karena tidak perlu membangun infrastruktur dari nol

(red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.