Sinergi PT.INTI dan Telkom Tingkatkan Layanan IoT

0
2226

Jakarta, KomIT – Kedua BUMN yakni PT Telkom dan PT INTI bersinergi untuk mendukung peningkatan layanan Internet of Things (IoT) Devices. Nota MoU ditandatangani oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Dirut INTI Darman Mappangara disaksikan oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementrian BUMN Fajar Harry Sampurno dalam acara Indonesia Business Development Expo 2017 di JCC Jakarta, Rabu (20/9)

Nota Kesepahaman tersebut meliputi kerja sama sinergi penyediaan dan penggunaan IoT devices, tapi tidak terbatas pada Smart KTP Reader, Peralatan Navigasi Sipil, Smart Meeting, Smart Meter, System Control Unit, IP PBX, serta fiber optic and accessories sesuai kebutuhan pasar. Selain itu, keduanya menyepakati sinergi pemasaran IoT devices dalam bentuk jual lepas, investasi atau managed services, serta bentuk lainnya yang disepakati oleh kedua perusahaan.

Menurut Dian Rachmawan, “Saat ini Telkom melalui anak perusahaannya, PT PINS sedang fokus untuk terus mengembangkan IoT di Indonesia, melalui Nota kesepahaman ini tentunya akan memperkuat PT PINS untuk mewujudkan komitmennya menjadi The Leading IoT Company di Indonesia.”

Sementara itu, Darman Mappangara mengatakan kerjasama ini merupakan langkah awal dalam pemanfaatan kompetensi, potensi dan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dalam rangka sinergi IoT devices. “Harapannya, sinergi yang komprehensif ini akan berlanjut tidak hanya pada induk perusahaan tetapi juga pada anak perusahaan,”katanya.

Sesuai Nota MoU tersebut, Telkom akan melakukan pemasaran produk dan hasil pengembangan IoT devices INTI, pendistribusian, pemasaran, serta penjualan hasil pengembangan dan produksi IoT devices INTI serta mengembangkan solusi atau integrasi/konfigurasi atas hasil pengembangan dan produksi IoT devices INTI. Adapun IoT Device yang tercakup dalam Nota Kesepaham tersebut tidak terbatas pada Smart KTP Reader, Peralatan Navigasi Sipil, Smart Meeting, Smart Meter, System Control Unit, IP PBX, serta fiber optic and accessories.(red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.