Menteri Kominfo buka Pameran BRI Indocomtech 2016

0
2651

Jakarta,KomIT– BRI INDOCOMTECH 2016, ajang pameran teknologi informasi dan komunikasi yang telah menjadi benchmark bagi perkembangan teknologi di Indonesia, Selasa (2/10) resmi dibuka oleh Menteri Kominfo Rudiantara dan didampingi oleh Dewan Pembina Yayasan APKOMINDO Chris Irwan Japari, Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam, serta Direktur Konsumer Bank BRI Sis Apik Wijayanto. Mengambil tema “Gadget is Everywhere”, pameran yang digawangi oleh Yayasan APKOMINDO bekerjasama dengan PT. Amara Pameran Internasional (API Events) ini akan berlangsung selama lima hari dari tanggal 2 November – 6 November 2016 di Jakarta Convention Center.

Didukung oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. untuk tahun kelima berturut-turut, Bank BRI mempersembahkan Indocomtech dengan tajuk baru BRI Indocomtech 2016. Perubahan nama ini menjadi sebuah penegasan komitmen dari Bank BRI sebagai bank terbesar di Indonesia, terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. “Bank BRI berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan teknologi di tanah air. Karena kami percaya Bank BRI akan terus berkembang dan bertransformasi dengan merangkul teknologi era digital. Salah satu wujud komitmen tersebut adalah mendukung BRI Indocomtech 2016 untuk tetap menjadi benchmark atas perkembangan industri teknologi informasi dan komunikasi di tanah air,” ungkap Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga Amijarso.

Dengan pertumbuhan lebih besar dari rata-rata pertumbuhan PDB Nasional, yaitu sekitar 8 persen setiap tahunnya, Industri Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Indonesia kini memiliki peran besar terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Nasional. Pemerintah Indonesia bahkan memproyeksikan pertumbuhan Industri TIK domestik akan mencapai lebih dari 11% per tahun seiring rampungnya proyek pembangunan broadband serat optik (Palapa Ring) pada akhir 2018. Selain itu, pencanangan Indonesia sebagai negara ekonomi digital pada 2020, digitalisasi di sektor swasta dan layanan publik oleh negara, pesatnya pertumbuhan kelas menengah, serta dominasi kaum muda dalam struktur demografi Indonesia juga kian mendorong pertumbuhan industri TIK.

Dalam sambutannya Rudiantara menyatakan optimismenya terhadap industri TIK Indonesia. “Pasar ICT Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial, dan harus kita maksimalkan. Untuk itu, Kemkominfo fokus mendorong sektor telekomunikasi di Indonesia, dengan fokus utama pada pengembangan jaringan broadband di seluruh Indonesia. Itu sebabnya, kami sangat mendukung keberadaan BRI INDOCOMTECH 2016 yang merupakan sarana pendukung ekosistem pita lebar untuk mewujudkan target agar Indonesia bisa menjadi negara ekonomi digital terbesar di dunia tahun 2020 nanti,” tuturnya.

Pertumbuhan industri TIK tersebut tidak terlepas dengan munculnya gelombang digital yang melanda Indonesia. Internet, aplikasi-aplikasi cerdas dan perangkat digital yang semakin canggih memampukan penyebaran informasi yang sangat cepat sehingga mampu menciptakan banyak peluang di berbagai aspek kehidupan. Tidak hanya sebagai peranti hiburan, keberadaan gadget kini mampu menciptakan peluang kerja, mendukung gaya hidup modern yang serba instan, hingga meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Kini, orang sudah dapat melakukan pemesanan makanan, transportasi bahkan dokumen melalui gadget, pembayaran dan transaksi pun lebih praktis karena orang tidak perlu beranjak dari kesibukan yang mereka lakukan saat itu. Semua itu dapat dilakukan dari genggaman dengan sebuah ponsel pintar atau smartphone. Bahkan, smartphone juga membantu penggunanya untuk mengendalikan beberapa fungsi di dalam rumah, seperti remote AC, menyalakan lampu, memantau kamera CCTV dan masih banyak lagi.

“Guna memberikan pengalaman dan pengetahuan yang baru bagi pengunjung, BRI INDOCOMTECH 2016 menghadirkan gambaran Jakarta Smart City bekerja sama dengan QLUE di area Lobby, dan sebuah Smart Home yang akan memberikan gambaran akan sebuah rumah yang terlah terkoneksi dengan teknologi internet hasil kerja sama dengan MNCPLAY SMARTHOME. Kami berharap program-program inovatif ini memberikan informasi dan edukasi yang tepat sasaran bagi masyarakat luas.” kata Dewan Pembina Yayasan APKOMINDO, Chris Irwan Japari.

Bersama Dukung Industri TIK
“Kami juga tidak lupa berterima kasih kepada BRI yang selama beberapa tahun setia untuk mendukung terlaksananya Indocomtech sebagai sponsor utama, yang tahun ini kembali menegaskan komitmennya untuk selalu mendukung perkembangan teknologi di tanah air. Salah satu wujud komitmen tersebut adalah mendukung pelaksanaan Pameran TIK terbesar di Indonesia, BRI Indocomtech” ungkap Chris Irwan Japari dalam sambutannya.

Bank BRI, sebagai sponsor utama BRI INDOCOMTECH 2016, kembali mempersembahkan program-program sponsorship yang lebih menarik dari tahun sebelumnya seperti cash back sampai dengan Rp 1 juta dan lucky dip untuk transaksi dengan Kartu Kredit BRI, serta pembukaan aplikasi Kartu Kredit BRI berhadiah gadget menarik. Pengunjung juga dapat merasakan e-Banking BRI Experience yang memberikan kesempatan pengunjung untuk mengikuti lelang gadget spektakuler hanya dengan melakukan transaksi minimal Rp 10.000. Tidak ketinggalan, BRI juga menawarkan kesempatan terbang gratis bagi nasabahnya melalui promo redeem BRI Point Kartu Kredit BRI.

Para pengunjung dapat merasakan experience yang berbeda pada pagelaran BRI Indocomtech 2016, dimana semakin terlihat sentuhan Bank BRI di setiap sudut acara. “Dimulai dari entry gate, Bank BRI menyediakan fast track berupa mesin tap untuk BRIZZI,” urai Hari Siaga. BRIZZI merupakan uang elektronik Bank BRI yang dapat digunakan sebagai alat belanja non tunai di berbagai merchant yang telah bekerja sama dengan Bank BRI dan dapat diisi ulang di seluruh jaringan e-channel Bank BRI. Selain untuk fast track, menurut Hari Siaga, pada food court yang berada di dalam venue menggunakan konsep closed system payment, dimana pengunjung wajib menggunakan kartu BRIZZI untuk membayar makanan dan minuman yang di pesan. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi pengunjung dalam menjalankan gerakan cashless society.

“Segala inovasi dan hal-hal baru yang ditampilkan oleh Bank BRI pada pagelaran BRI Indocomtech 2016 menjadi sebuah penegasan untuk memperkuat posisi Bank BRI sebagai bank yang hi-tech dan menggunakan teknologi terkini dalam melayani nasabah,” tutur Hari Siaga. Tidak hanya melalui inovasi teknologi dalam produk dan jasa, Bank BRI juga memberikan dukungan terhadap event yang berhubungan dengan teknologi informasi untuk menegaskan posisi Bank BRI sebagai bank yang siap untuk menyongsong era perbankan digital di masa yang akan datang. (red/#)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.